Pernah mendengar istilah Fastrade? atau mungkin lebih dikenal sebagai beli sore jual pagi. Metode ini adalah membeli saham dalang jangka waktu pendek, ia hanya memanfaatkan momentum saja, momentum kenaikan saham pada hari itu. Bila hari ini harga saham naik dan volume mendukung maka ada kemungkinan besok paginya akan naik 1-2% atau mungkin lebih dari itu.

Analisis Teknika untuk Fastrade

Perlu diketahui, meski terlihat sederhana namun tetap diperlukan trading plan dalam menjalankan metode ini. Anda tetap diminat menentukan stoploss untuk mengurangi kerugian yang timbul jika ternyata harga berbalik arah (misal malamnya Donald Trump ngetwit sesuatu yang bikin bursa dunia merah membara). Dan harus patuh untuk Take Profit (TP) jika sudah mengenai batas TP tertentu (tidak boleh serakah).

Berikut ini beberapa contoh candle yang dapat dimanfaatkan untuk fastrade

1. Bullish Engullfing

Formasi Candle ini cukup handal dalam memberikan konfirmasi tren, dan untuk aktifitas fastrade cukup disukai karena candle berikutnya memiliki kemungkinan yang besar untuk naik 1-2%.

2. Piercing

Merupakan formasi candle naik setelah beberapa candle sebelumnya turun, ini adalah formasi perubahan tren dari bearish ke bullish, namun trend yang ditimbulkan bersifat temporer.

3. Equal Low

Formasi ini sebagai pertanda bahwa supportnya cukup kuat untuk berbalik arah menjadi bullish. Low yang sama, formasi ini mirip dengan Tweezers Bottom dengan Low yang sama namun bentuk candle nya berbeda.

4. Masih banyak lagi,


Banyak sekali teknik untuk fastrade ini, misalkan harga saham turun dalam namun volume kecil. Hal ini menandakan bahwa harga turun karenan panic selling dari retail dan memiliki potensi untuk berbalik arah cukup besar. Namun jika turunnya harga disertai volume besar jangan masuk, karena potensi turun masih dalam, tunggu bentuk candle kedua atau ketiganya terbentuk untuk konfirmasi.

Trading Plan Fastrade.
Untuk penentuan stoploss bisa anda gunakan 2-3 tick dibawah harga beli anda, dengan TP 2-3% dari harga beli.

Yang perlu anda perhatikan adalah ada saat dimana harga bergerak cukup volatil, jadi saat indeks turun dalam jangan masuk pada jam-jam ini, atau saat harga bergeak naik tinggi jangan masuk saat jam-jam ini. Jam yang dimaksud adalah 09.00-10.00 pada pagi hari dan 15.00-15.50 pada sore hari.

Aturan selanjutnya, JANGAN SERAKAH!
Jika anda sudah mendapatkan keuntungan 1-2% atau 3% segera jual saja, atau market menunjukkan bahwa harga kuat untuk naik dengan dukungan news maka anda bisa hold.

Yang menjadi aturan utama adalah bahwa Fastrade ini merupakan mencari keuntungan dengan kenaikan yang tipis, alias tidak banyak. Jadi jangan serakah. Manfaatkan momentum saja.

Jika anda menemui sebuah saham ARA pada hari itu dengan volume yang tinggi, maka kemungkinan besok naik masih tinggi, kemungkinan mampu naik sampai 5%, namun lagi-lagi anda harus tetap menyiapkan stoploss atau trailing stop. Atau jika ada sebuah saham ARB perhatikan saham tersebut turun karena apa, gorengan atau karena berita buruk. Jika berit buruk dan itu fundamental banget, maka hindari dahulu sampai muncul sinyal reversal.

Regards,

BlogSaham
Previous Post Next Post