Menilik Potensi Widow Dressing di Tahun 2019

Menilik Potensi Window Dressing 2019

Sudah seperti menjadi patokan atau acuan bahwa di akhir tahun biasa terjadi fenomena yang bernama Window Dressing. Fenomena ini sangat unik yakni naiknya saham-saham berkategori Bluechip yang telah banyak mengalami penurunan selama tahun tersebut berjalan.

Seperti halnya pada tahun 2019 ini, banyak saham berkategori Bluechip atau first liner yang mengalami penurunan secara Year to Date. Hal ini mempengaruhi kinerja para Fund Manajer dalam hal pengelolaan dana mereka, baik itu reksadana, asuransi atau Private Equity. Terlepas dari itu semua, fenomena Window Dressing atau lebih dikenal dengan sebutan Windress sangat dinanti-nanti oleh para trader baik yang jangka pendek maupun swing trader.

Mari dalam artikel ini akan diulas secara ringkas apakah fenomena ini akan terjadi di tahun 2019 ini?

Berikut ulasannya.
Dalam pembahasan kali ini kita akan fokus pada sisi teknikal (potensi upside) dari saham-saham yang berada pada sektor leading di BEI yakni Finance dan Konstruksi. Mengapa dua sektor itu?
1. Sektor finance memiliki pengaruh (bobot) yang paling besar dalam mempengaruhi pergerakan IHSG
2. Sektor konstruksi, karena pada akhir tahun para emiten konstruksi akan menerima pembayaran baik itu pembayaran termin atau turnkey.

Sumber Chart saham dari investing.com

IHSG
https://www.blogsaham.com/
IHSG dalam sebulan terakhir mengalami downtren jangka pendek dan dalam 6 bulan terakhir dalam kodisi sideways. Artinya banyak trader atau investor yang memilih wait and see terlebih dahulu. Pun demikian, volume perdagangan IHSG dalam sebulan terakhir cenderung menurun yang menandakan pasar masih lesu atau tidak ada power untuk naik atau turun.

Terakhir adalah surplusnya CAD, meski mengalami surplus  namun tidak memberikan dampak positif pada bursa karena surpluss CAD diperoleh turunnya eksposur impor lebih besar ketimbang penurunan laju ekspornya.

Sekarang mari kita membahas dari sisi saham bluechip :
BBCA
https://www.blogsaham.com/

Ini adalah saham Super. Bisa dikatakan begitu disaat emiten-emiten perbankan turun BBCA cukup kuat naik dan saat ini konsolidasi untuk kembali mencetak All Time High nya.

BMRI

https://www.blogsaham.com/
BMRI saat ini konsolidasi jangka pendek yang menunjukkan tanda-tanda akan mengalami kenaikan lanjutan, dan ini bagus. Bisa menjadi momentum untuk masuk dengan target terdekat di 7700.

BBRI
https://www.blogsaham.com/
Chart BBRI mirip sekali dengan chart IHSG, saat ini mendekati area resist line.

BBNI
https://www.blogsaham.com/
Chart BBNI mirip dengan BMRI dengan konsolidasi jangka pendek dan berpotensi untuk upside dengan target terdekat di 8000

BBTN
https://www.blogsaham.com/
Saat ini BBTN sedang membentuk pola double bottom, dan ini bagus.

Sekarang kita membahas sektor konstruksi
PTPP

https://www.blogsaham.com/
 Saat ini PTPP sedang dalam kondisi downtren, namun sudah mulai melandai artinya tekanan jual sudah mulai mereda.

WIKA
https://www.blogsaham.com/


WIKA lebih baik ketimbang PTPP, secara teknikal chart WIKA telah menunjukan adanya perubahan trend dari down menuju up.

WSKT
https://www.blogsaham.com/
Teknikal WSKT mirip dengan PTPP, melandai dalam kurun waktu sebulan terakhir, hanya tinggal menunggu apakah WSKT mampu berubah trend nya seperti WIKA.

Kesimpulan.
Dari dua sektor tersebut, Konstruksi belum semuanya menunjukkan perubahan trend namun Finance sudah memperlihatkan pola bahwa Window Dressing will coming.

Regards,

BlogSaham