Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Investasi Saham Kita dapat Menghasilkan Keuntungan atau Cuan?

Banyak dari para pelaku pasar yakni investor dan trader terutama yang masih baru di dunia pasar modal memendam pertanyaan tersebut. Pertanyaan tentang "berapa lama sih investasi saham kita dapat menghasilkan keuntungan?"

Berapa lama Investasi Saham Dapat Memberikan Keuntungan

Mari kita ulas hal ini, agar anda memiliki pemahaman yang tepat sehingga tidak terpaku pada hal-hal yang tidak dapat anda kuasai.

https://www.blogsaham.com/

Keuntungan yang bisa didapatkan dari berinvestasi saham salah satunya adalah Capital Gain, yakni keuntungan dari adanya selisih positif antara harga beli dan harga jual suatu saham. Sebagai contoh, Pak Udin membeli saham ABCD pada harga Rp 350 per lembar, selang beberapa bulan ia menjualnya di harga Rp 450 per lembar. Jadi keuntungan yang diterima Pak Udin adalah Harga Jual - Harga Beli = Keuntungan/Kerugian atau 450 - 350 = 100. Jadi keuntungan Pak Udin adalah Rp 100 per lembarnya.

Baca Juga : Menilik Potensi Widow Dressing di Tahun 2019

Pada artikel ini hanya akan fokus membahas keuntungan seorang trader atau saham dari Capital gain.

Namun sebelumnya ada banyak pandangan di luar sana tentang berapa lama keuntungan bisa didapatkan dari berinvestasi saham, seperti;

1. Tergantung Time Frame yang dipilih oleh trader atau investor.

Faktanya, time frame tidak selalu begitu. Mari perhatikan data chart berikut ini ;
https://www.blogsaham.com/
  Sumber : investing.com

Dengan melihat chart tersebut kemudian pepatah mengatakan "Time Frame yang lebih panjang akan jauh lebih menguntungkan dibanding Time Frame yang pendek", pasti anda akan mengiyakannya. Lalu bagaimana dengan chart berikut?


https://www.blogsaham.com/
Sumber : investing.com

Pada chart saham Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) diatas time frame investasinya adalah sekitar 11 tahun. Itu bukanlah waktu yang sebentar, setara dengan kita mengasuh anak dari lahir hingga kelas 5 SD. Kemudian pada chart kedua yakni saham Gajah Tunggal Tbk (GJTL), time frame nya jauh lebih panjang yakni 15 tahun.

Apakah time frame yang lebih panjang hasilnya lebih baik?

Tidak.

Baca Juga : Candle yang Bagus untuk Fastrade

Bahkan selama 15 tahun nilai investasinya tidak banyak berubah, sehingga bisa dikatakan investasi anda tidak menguntungkan sama sekali.

Bagaimana dengan chart berikut?

https://www.blogsaham.com/
 Sumber : investing.com

Time frame dari chart saham Barito Putra Tbk (BRPT)  diatas sekitar 1 tahun dan hasilnya? Naik berkali-kali lipat.

Apakah pepatah diatas selalu benar? tidak juga.

Jadi time frame yang panjang tidak selalu menghasilkan keuntungan bagi investasi kita. Bisa jadi time frame yang lebih pendek jauh lebih menguntungkan.

2. Analisa Teknikal lebih mudah mendapatkan keuntungan dibanding analisa fundamental. 

 Poin ini tidak akan dibahas, karena tidak akan ada habisnya dan memang sejak dahulu perbandingan keduanya tidak pernah ada habisnya.

Kita Skip poin kedua.

Dengan data yang sederhana tersebut, dapat menjawab bahwa anda tidak perlu berlama-lama menunggu investasi anda menghasilkan keuntungan.

Kunci utamanya adalah Timing (pemilihan waktu) yang tepat. Penentuan  waktu kapan masuk dan kapan keluar adalah hal yang paling penting setelah anda melakukan analisa.

Lalu timing seperti apa yang dapat menghasilkan keuntungan?
Ada beberapa waktu yang menjadi favorit bagi investor dan ada beberapa indikator yang juga menjadi andalan bagi trader dalam menentukan timing untuk masuk dan keluar (beli atau jual), diantaranya sebagai berikut;

1. Bagi para fundamentalis harga sebuah saham yang memiki PER dibawah 10 sudah bisa dijadikan incaran atau sinyal untuk masuk, atau dibawah 15 bagi saham-saham Bluechip dengan asumsi fundamental bisnis tidak berubah (hanya karena sentimen market).

2. Bagi teknikalis, munculnya sinyal Breakout (BO), Lower High, atau adanya divergence sudah dapat dijadikan acuan untuk memutuskan apakah segera masuk (beli) apa tidak.

Baca Juga : Membeli Saham IPO Apakah Beresiko? 

Kabar buruknya adalah untuk dapat mengetahui Timing yang tepat, anda harus memiliki jam terbang di market yang cukup atau memiliki mentor yang siap mengajari anda. Maka pilihan mana yang akan anda ambil?

Regards,


Blogsaham.com