Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Saham Top Gainers dan Top Losers Seminggu Terakhir Desember 2019

Weekend hampir usai, dan kini Monday (Money Day) ada didepan mata, dalam sepekan terakhir IHSG mampu naik 0,7% dan ditutup di 6329. Dan kini seperti biasa Blogsaham.com akan merilis daftar saham Top Gainers dan Top Losers yang bertengger di Market Movers.

Sambil menikmati berkumpul bersama keluarga, berikut daftar saham Top Gainers dan Top Losers seminggu terakhir;

Daftar Saham Top Gainers
1. NIKL   +36,93%
2. PURE   +29,25%
3. TCPI    +13,91%
4. LPPF    +8,79%
5. TBIG    +7,89%

saham-top-gainer-top-loser-blogsaham

Baca Juga : Daftar Saham Top Gainers dan Top Losers Seminggu di Desember 2019

Melihat daftar saham yang menjadi Top Gainers mengindikasikan bahwa Bluechip tertahan lajunya dan saham-saham tersebut terutama saham-saham yang dimiliki oleh Asabri mengalami kenaikan yang signifikan terutama NIKL. Meski begitu peluang saham Bluechip untuk kembali manggung masih terbuka, namun mungkin lebih lambat dari perkiraan sebelumnya. Salah satu penyebab mengapa saham-saham Bluechip tertahan kenaikannya adalah kasus reksadana dan Jiwasraya.

Daftar Saham Top Losers
1. PMJS      -27.00%
2. PPRO     -7.04%
3. INKP      -5.18%
4. IPTV      -4.76%
5. SMBR    -4.31%

Penurunan INKP yang lebih dari 5% membuat laju IHSG tertahan. Dengan market kapitalisasi yang mencapai 42 triliun pergerakan INKP dapat mempengaruhi naik turunnya IHSG apalagi dengan prosentase penurunan yang besar tersebut. Kemudian, ada satu saham yang menarik dari kelima daftar saham Top Losers yang akan dibahas dilain kesempatan.

Laju IHSG sepekan

Kenaikan IHSG masih tertahan oleh resisten di 6346 setelah sebelumnya mampu break resist trendline.
laju-ihsg-dan-daftar-saham-top-gainers-losers
Sumber : www.investing.com

Seperti terlihat dalam chart diatas, kenaikan IHSG masih tertahan oleh resist, dan kondisi saat ini adalah oversold. Potensi taking profit makin tinggi dan jika IHSG gagal break resist maka ia akan kembali ke area support terdekat di 6200.


Tidak ada katalis positif


Belum adanya katalis positif baik dari dalam maupun luar negeri, membuat pergerakan IHSG makin sempit dan ini menujukkan bahwa banyak investor lebih wait and see untuk sementara waktu. Kasus Jiwasraya yang masuk ke istana membuat persoalan ini menjadi melebar belum ditambah lagi kasus-kasus reksadana jelek lainnya baik yang ditutup maupun di suspensi oleh OJK.

Baca Juga : Anjloknya Kinerja Reksadana Saham

Harga Minyak Berpotensi Lanjut Rally


Harga minyak dunia saat ini bertengger diharga 61.7 USD, dan berpotensi lanjut rally terutama didorong oleh rencana IPO Aramco nanti.
harga-minyak-dunia-top-saham-gainers-ihsg-blogsaham
Sumber : www.investing.com

Tampak pada chart diatas harga minyak berpotensi lanjut ke 67 USD per barelnya setelah sebelumnya jatuh diharga 44 USD pada akhir 2018 silam. Harga terendah WTI ditahun 2019 ini ada di 51 USD dan itu menjadi support kuat harga minyak saat ini.

Harga Emas Dunia Kembali Melaju ke Harga Tertinggi


Kekhawatiran akan resesi sebenarnya sudah mulai mereda sejak beberapa bank sentral beberapa negara melakukan relaksasi atas kebijakan moneternya dan perkembangan isu perang dagang antara Amerika Serikat vs Cina mulai menunjukkan arah yang positif. Idealnya pada saat kekhawatiran akan resesi mereda harga emas akan turun dan instrumen investasi berisiko tinggi seperti saham kembali naik, namun pada faktanya harga emas masih naik dan bergerak menuju area harga tertingginya.
nikel-harga-blogsaham-gainers
Sumber : www.investing.com

Baca Juga : Apakah Sudah Waktunya Masuk ke Saham Coal (Batubara)?

Harga Nikel Kembali Uptrend


Setelah mengalami rally yang cukup tinggi pada rentan Juli-September 2019 lalu yang diakibatkan oleh kebijakan pemerintah Indonesia perihal larangan ekspor bijih nikel lalu kemudian turun cukup dalam bahkan menyentuh support kuatnya, kini Nikel kembali mencoba uptrend. Dalam jangka panjang, harga nikel akan cenderung naik, hal ini disebabkan oleh kebijakan larangan ekspor Indonesia dan meningkatnya kebutuhan akan nikel dunia untuk kebutuhan pembuatan baterai kendaraan sebagaimana mobil listrik yang saat ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan sebagi kendaraan masa depan.
nikel-harga-ihsg-blogsaham
Sumber : www.investing.com

Demikian daftar saham Top Gainers dan Top Losers sepekan terakhir dan view beberapa komoditas dunia lainnya.

Regards,
Blogsaham.com