Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kinerja Ekspor Impor Indonesia Masih Loyo

Kinerja Ekspor Impor Indonesia

Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) telah merilis data ekspor impor Indonesia pada 16 Desember 2019 lalu, hasilnya tidak sesuai perkiraan. Tercatat Ekspor Indonesia menglami penurunan sebesar -5,67% dimana pada bulan sebelumnya yakni Oktober 2019 Kinerja Ekspor mengalami penurunan sebesar -6,13%.

https://www.blogsaham.com/

Berikut ringkasan kinerja Ekspor Impor Indonesia November 2019 ;
1. Kinerja ekspor mengalami penurunan sebesar -5,67% dimana proyeksi para analis ekspor diperkirakan mengalami penurunan hanya sebesar -1,18%
2. Kinerja Impor Indonesia mengalami penurunan, hal ini bagus sebenarnya terutama berefek pada Current Account Deficit (CAD) agar bisa surplus. Tercatat impor pada November 2019 sebesar -9,24%, masih dibawah proyeksi pasar yang sebesar -13,32%.
3. Dengan demikian Current Account Deficit (CAD) tercatat sebesar -1,33 miliar dolar dan ini memperbesar ruang penurunan cadangan devisa Indonesia.

Berikut infografik data Eskpor-Impor Indonesia sajian dari BPS


https://www.blogsaham.com/
Sumber : BPS

Bagaimana efeknya pada IHSG?


https://www.blogsaham.com/
Sumber : investing.com

Pada saat berita CAD dan Ekspor-Impor dirilis oleh BPS, pergerakan IHSG menjadi melemah. Di sesi pertama IHSG cukup kuat untuk bertahan di zona hijau, namun sesi kedua pergerakan indeks mulai melemah. Namun begitu pelemahan IHSG tidak sedalam sebagaimana di waktu-waktu lain, hal ini sepertinya menandakan bahwa efek Window Dressing sangat berpengaruh menahan laju penurunan indeks.

Baca Juga : Menilik Potensi Widow Dressing di Tahun 2019

Penurunan kinerja Ekspor-Impor ini memberikan sinyal kuat bahwa perekonomian nasional tidak sedang dalam baik-baik saja, dimana pertumbuhan kinerja ekspor mayoritas negatif di 2019 ini, sedangkan laju impor sudah menunjukkan perbaikan dimana laju impor telah menurun.

Jika saja Ekspor dapat tumbuh positif, maka sudah seharusnya IHSG menuju level 7000.

Regards,
Blogsaham.com