Analisa Saham RALS

Salah satu saham yang cukup menarik saat ini adalah Ramayana Lestari Sentosa, atau sering kita kenal dengan Kode RALS. RALS merupakan perusahaan yang bergerak dibidang toko ritel terutama fashion. Jika anda sering traveling di beberapa kota, anda tidak akan kesulitan menemui jaringan toko Ramayana. Mungkin di kota-kota besar ia kalah dengan mall-mall besar, namun di kota-kota kecil ia cukup dikenal menyediakan pakaian dengan kualitas bagus.

https://www.blogsaham.com/

Mengapa saham RALS menarik?


Kita mulai dari valuasinya. RALS saat ini diperdagangkan diharga 1100 dimana PER pada harga tersebut berada di 9,75x dan PBV nya sebesar 1,9x. Bukankah dengan PBV sebesar itu harga sahamnya sudah overvalued?

Perlu diingat bahwa RALS ini bergerak dibidang bisnis retail dimana produk-produk yang ia jual sering diperlukan oleh banyak orang karena memang ia menjual produk kebutuhan dasar manusia. RALS menjual pakaian tapi dengan segmentasi menengah kebawah, sehingga beberapa kualitas bajunya juga cukup bagus meski terkadang tidak sulit juga kita mencari pakaian dengan harga murah disana. Kemudian RALS ini seringkali menawarkan Diskon dan ini sudah menjadi semacam Trademark dari RALS ini.

Bukankah anda menyukai diskon?


RALS seringkali memajang tulisan Diskon 20%, Beli 2 Gratis 1, Diskon Up to 75% dan lain sebagainya. Dan itupun ditulis dengan sangat besar, sehingga dapat kelihatan dari kejauhan.

Ok, kita kembali pada valuasi. Jika kita bandingkan dengan ACES yang juga bergerak dibisnis retail, RALS ini lebih undervalue. PER ACES tercatat 27,63x dan PBV sebesar 6,03x.

Baca Juga : Berapa Lama Investasi Saham Kita dapat Menghasilkan Keuntungan atau Cuan?

Bagaimana dengan kinerja keuangan RALS?


Pada kuartal III 2019 RALS mencatatkan keuntungan sebesar Rp 607 miliar naik sebesar 16,28% dan EPS RALS sebesar Rp 90,87 naik 15,86%. Sehingga kemungkinan di akhir tahun RALS akan mencatatkan pertumbuhan kinerja yang bagus.

Bagaimana dengan ancaman Ecommerce saat ini?


Ternyata RALS tidak kehilangan strategi dalam menghadapi perkembangn jaman dan pergeseran pola konsumsi masyarakat. Perlu diketahui dari laman resminya bahwa RALS telah membuka Official Store di tiga marketplace terbesar di Indonesia, yakni Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Apa itu Official Store? Adalah kanal khusus bagi brand-brand terpercaya. Sehingga banyak brand-brand terpercaya membuka Official Store di beberapa marketplace tersebut.

Apa keuntungan Official Store bagi RALS? Pembukaan kanal Official Store bagi RALS adalah mempermudah konsumennya untuk belanja online dan memilih langsung produk-produk yang disediakan oleh RALS dikanal tersebut. Kedua, memotong biaya-biaya operasional dan investasi, dimana pada model konvensional RALS harus menyediakan Capex untuk membuka toko baru agar dapat melayani calon pembeli didaerah lain. Namun dengan bergabungnya RALS pada marketplace-marketplace tersebut dapat menghilangkan beban-beban yang dapat timbul sehingga dapat mendongkrak kinerja keuangan RALS. Selain itu juga RALS membuka marketplace sendiri di situs utamanya.

Dengan strategi baru tersebut maka persaingan antara penjualan RALS secara konvensional dengan penjual secara online dapat diatasi, dan sudah pasti dapat meningkatkan penjualan RALS. Meski secara pendapatan RALS mengalami penurunan sebesar 3,2% namun ditengah maraknya penutupan toko ritail di beberapa wilayah Indonesia hal ini cukup wajar, namun RALS masih mampu mempertahankan kinerja keuangannya.

Bagaimana dengan kinerja sahamnya?


Secara YTD kinerja saham RALS telah mengalami penurunan sebesar -22,54%, dan saham RALS pernah tercatat paling tinggi diharga 1875 atau jika dibanding harga saat ini, potensi RALS ke harga tertinggi tersebut adalah 70,45%. Menarik bukan? Namun dengan target 1500 itu sudah cukup bagus.

Mari kita lihat pergerakan harganya saat ini.
https://www.blogsaham.com/
Sumber : investing.com

Saat ini harga RALS di 1100, dan saat ini membentuk pola double bottom yang merupakan pola reversal dari Downtrend menuju Uptrend.

Berapa target RALS?

https://www.blogsaham.com/
Sumber : investing.com

Target RALS di harga 1400-1500, anda bisa menentukan sendiri titik exitnya, namun area itu cukup ideal jika masuk diharga saat ini dengan potensi upside sebesar 27%-36%. Namun karena RALS ini tergolong saham second liner maka ia akan bergerak naik setelah saham-saham bluechip mengalami kenaikan di masa window dressing saat ini.

Baca Juga : Menilik Potensi Widow Dressing di Tahun 2019