Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Saham Turun Lebih dari 35%, Apakah Sekarang Waktu yang Tepat Membeli Saham Mayora (MYOR)?

Apakah anda pernah minum kopi Torabika Sachet? Torabika Cappuccino mungkin? atau makan permen Kopiko? atau mungkin anda sering makan wafer Beng-Beng?

Itu artinya anda adalah konsumen yang selalu menyetorkan uang anda ke Mayora Indah.😄

Kalau begitu mengapa tidak membeli saham mayora saja? biar uang anda kembali lagi. 😊

Kini saat harga saham Mayora atau MYOR yang telah turun lebih dari 35%, apakah sudah layak untuk di akumulasi? Simak ulasan berikut ini.

harga-saham-mayora-blogsaham-layak-untuk-investasi

Fundamental Saham Mayora Indah (MYOR)

PT Mayora Indah Tbk dengan kode MYOR merupakan salah satu emiten sektor consumer goods yang cukup terkenal. Dengan berbagai inovasi seperti permen Kopiko, produk minuman seperti Torabika, Torabika Cappucino, Torabika Duo, Torabika Duo Susu, lalu produk makanan sehat seperti energen sereal mampu meningkatkan kinerja fundamental perusahaan.

Berdasarkan Laporan keuangan emiten per kuartal III 2019 diketahui bahwa pendapatan Mayora mencapai 17,96 triliun atau meningkat sebesar  3,5% dari total pendapatan tahun lalau di kaurtal yang sama. Namun mayora mampu meningkatkan efisiensi pada beban pokok penjualan sehingga di kuartal ini bebannya tercatat seebsar 12,5 triliun atau turun sebesar 2,7%, kecil sih namun cukup bagus mengingat penjualannya tidak tumbuh signifikan.

Dengan begitu laba dari operasional atau laba dari bisnis intinya Mayora ini tumbuh sebesar 30% menjadi 1,49 triliun dari sebelumnya 1,49 triliun. Hal ini menunjukkan sinyal yang positif bahwa sektor bisnisnya masih Ok dan tumbuh.

Namun yang membuat laba bersih Mayora tidak tumbuh berasal dari Rugi Selisih pencatatan kurs mata uang. Sehingga laba bersih Mayora tercatat sebesar 1,13 triliun berbanding 1,12 triliun di tahu 2018 lalu.

Dengan begitu ROE mayora jika disetahunkan tercatat hanya sebesar 16% dengan NPM yang hanya 6,1% saja. Kurang menarik memang untuk ukuran tersebut, namun dengan posisi produk Mayora dipasaran yang cukup dikenal dan memiliki posisi yang cukup kuat, dirasa sudah cukup menarik untuk dikoleksi dalam beberapa waktu ini. Hanya kalah sedikit dari ROTI dengan NPM sebesar 8%.

Penjualan yang sebesar 17,96 triliun itu berasal dari penjualan dalam negeri dan luar negeri. Diketahui bahwa dari kedua pasar tersebut penjualan Mayora cukup positif dimana penjualan dalam negeri tumbuh sebesar 4,2% dan ekspor sebesar 3,8%, namun return produknya mengalami kenaikan sebesar 1%.Return produk itu biasanya terjadi karena terdapat produk yang expired atau rusak dalam pengiriman.

Tidak semua penjual bisa me-return kecuali memang Mayora menjamin hal ini demi menjaga pasarnya tetap bertumbuh. Beberapa penjual retail skala besar seperti jaringan minimarket memiliki perjanjian return dengan produsen saat produk mengalami kerusakan dalam pengiriman.

Sejarah Mayora Indah

Pada tahun 1977 Mayora di dirikan dengan pabrik pertama berada di Tangerang. Kemudian pada tahun 1990 Mayora Go Public dengan kode saham MYOR. Kini Mayora menjadi salah satu perusahaan favorit investasi karena berbagai alasan;
  1. Merupakan perusahaan dalam sektor Consumer Good
  2. Sektor Consumer Good dianggap sebagai sektor yang tahan akan badai krisis
  3. Pertumbuhan bisnisnya berjalan dengan continue
  4. CAGR MYOR tergolong tinggi dimana dalam 6 tahun terakhir tercatat sebesar 23,86%
  5. Produk-produknya mudah kita temui baik di toko modern seperti minimarket ataupun warung kopi pinggir jalan
Mayora sendiri memiliki beberapa kategori atau jenis produk dalam menunjang kinerjanya, sehingga laba nya merupakan hasil dari laba sendiri dan laba dari anak usahanya. Beberapa jenis produk yang dimilikinya adalah;
  1. Biskuit
  2. Kembang Gula (Permen)
  3. Wafer
  4. Coklat
  5. Kopi
  6. Makanan Sehat
Disisi lain Mayora memiliki beberapa entitas anak usaha seperti
  1. PT Sinar Pangan Barat, bergerak dalam penyewaan kantor dan gudang
  2. PT Torabika Eka Semesta, pengolahan kopi dan cereal
  3. PT Kakao Mas Gemilang, pengolahan coklat
  4. PT Sinar Pangan Timur, penyewaan kantor dan gudang
  5. Mayora Nederland BV, bidang keuangan 

Baca Juga :
                   Rencana Akuisisi Bank Permata : Siapa yang Jadi Membelinya?
                   Review Saham Bank BNI (BBNI) : Apakah saatnya Membeli?
                   Apakah Window Dressing pada IHSG Gagal Terjadi?

Daftar Produk Mayora

Dalam menunjang kinerja keuangannya dan pengalaman dalam bisnis ini yang sudah turun temurun, membuat Mayora memiliki banyak produk yang ditawarkan pada konsumen. Produk-produk tersebut cukup familiar dalam kehidupan kita, namun kini Mayora belum memiliki rencana peluncuran jenis produk baru yang nantinya dapat meningkatkan kinerja keuangannya ditengah menurunnya laba bersih emiten. 

Kopi Torabika, dan Torabika Cappuccino 

kopi-torabika-cappuccino-duo-susu-blogsaham-harga-saham-mayora

 Permen Kopiko

permen-kopiko-kopi-myor-mayora-blogsaham

 Wafer Beng Beng

harga-saham-myor-mayora-beng-beng-wafer-coklat-lezat-dan-murah

Harga Saham Mayora

Saat ini harga saham Mayora atau MYOR bergerak dalam range 1950-2100 dan pada penutupan kali ini di harga 2020. Dari posisi tertingginya selama ini MYOR telah turun lebih dari 35% dan ini disebabkan oleh penurunan kinerja emiten di tahun 2019.

Memang tidak bisa dipungkiri, dengan estimasi EPS mayora di 2019 sebesar 65 (disetahunkan) maka para investor menganggap bahwa MYOR haruslah membuat gebrakan baru seperti membuat varian produk baru atau membuat pengembangan produk seperti minuman kopi cair.

Proyeksi penurunan EPS yang hampir mencapai -16% jelaslah bukan hal yang baik. Apalagi ditengah stagnasi kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun rasa optimis perlu dipupuk, berdasarkan catatan RTI Bussines EPS Mayora di kuartal IV selalu lebih tinggi dibandingkan kuartal I pada tahun tersebut. Yang artinya bahwa dengan hitungan kasar potensi EPS akhir tahun MYOR bisa mendekati EPS 2018 FY meski masih dibawahnya.

Berikut grafik harga saham Mayora / MYOR

grafik-harga-saham-myor-mayora-blogsaham

Seperti terlihat dalam grafik diatas, tahun 2019 menjadi tahun yang cukup berat bagi saham MYOR. Harga tertinggi di 2019 adalah di 2750 dan kini bertengger  di 2020. Artnya jika MYOR mampu menunjukkan kinerja keuangan baik-baik saja, maka seharusnya mudah untuk kembali ke area tersebut, sehingga ruang upside MYOR sebesar 36%.

Selain itu MYOR tidaklah sulit untuk kembali ke harga tertingginya di 3240 dengan syarat IHSG benar-benar bullish, dan jika ini terjadi maka upside MYOR mencapai 60%.

Katakanlah rencana target di 2700 dengan time frame selama 6 bulan, dirasa tidak akan sulit. Mengapa demikian? Karena memang seharusnya disitulah harga MYOR saat ini dengan mempertimbangkan kinerja keuangannya saat ini. Ditambah lagi waktu 6 bulan di 2020, yang pastinya akan ada tambahan laba masuk selama waktu tersebut yang akan meningkatkan ekuitas perusahaan, belum lagi pembagian dividen.

MYOR terkenal sebagai salah satu emiten yang rutin membagikan dividennya setiap tahun. DPR MYOR selama 6 tahun terakhir tercatat paling tinggi di angka 38,03% dan terendah di 21,82%.

Valuasi Saham Mayora (MYOR)

Di harga saat ini MYOR dihargai dengan PER 30x dan PBV 5x. Memang tergolong tinggi dengan ROE 16%. Namun ingat pepatah yang dikatakan oleh Warrent Buffet;

Lebih baik membeli perusahaan bagus diharga wajar
Daripada membeli perusahaan biasa diharga murah

MYOR masuk dalam kategori tersebut. Dengan sejumlah produk yang telah disebutkan diatas dan dengan historis pembagian dividen yang secara rutin dibagikan setiap tahun, maka MYOR sudah layak untuk di akumulasi. Harga 2000 merupakan titik krusial atau support kuat bagi MYOR.

Pada harga tersebut, MYOR pernah berkonsolidasi selama kurang lebih satu tahun lebih sebelum rally ke harga 3000an. Dan kini harge tersebut disentuh kembali, maka potensi untuk rebound cukup besar.

Target di harga 2500 rasanya tidaklah sulit bagi MYOR apalagi 2700 dalam 6 bulan kedepan. Apalagi MYOR mampu meluncurkan varian produk baru di tahun ini, akan lebih mudah lagi untuk ke 3000.

Demikian ulasan tentang saham MYOR, semoga bermanfaat.