Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Saham Top Gainers, Top Losers Serta Review IHSG Sepekan

Weekend telah usai dan kini hari senin siap dimulai dengan aktifitas trading atau investasi kita. Lalu bagaimana IHSG sepekan lalu?

IHSG Sepekan lalu

Selama sepekan IHSG bergerak sideways cenderung downtrend, setelah gagak breakout IHSG bergerak downtrend jangka pendek dan kini IHSG mencoba kembali untuk tes resisten tersebut.

IHSG-Sepekan-daftar-saham-top-gainers-top-losers-blogsaham

Seperti terlihat dalam chart diatas, IHSG bergerak sideways setelah breakout resist trenline. Dan kini IHSG kembali mencoba untuk menembus resisten barunya meski cukup banyak sentimen negatif dari faktor luar yang cukup mempengaruhi laju IHSG, sehingga pada penutupan terakhir candle ayng terbentuk kurang sedap.

Secara indikator MACD IHSG sebenarnya oversold dan telah terjadi deadcross yang artinya bahwa kekuatan trend berubah menjadi downtren. IHSG akan bergerak sideways terlebih dahulu sebelum terbentuk trend baru.

Jika IHSG mampu bergerak naik dan break resist maka uptrend akan berlanjut dan ini mengindikasikan bahwa Window Dressing masih berlanjut. Namun jika bergerak sebaliknya maka support psikologis di 6200 menjadi pertahanan yang cukup krusial bagi IHSG.

Terkait window dressing, potensi lanjut masih ada namun faktanya window dressing kali ini kurang begitu terasa meski kenaikan IHSG di akhir tahun 2019 cukup besar, mungkin hal ini disebabkan pengaruh kasus reksadana-reksadana bermasalah serta kasus jiwasraya.

Baca Juga : Belajar Kesalahan Investasi Dari Kasus Jiwasraya

Daftar Saham Top Gainers dan Top Losers

Dalam sepekan terakhir yang cuku mengejutkan adalah pergerakan saham-saham coal yang mana pada hari terakhir perdagangan, emiten-emiten batubara bergerak serepak naik dan kenaikannya cukup lumayan tinggi, namun apakah saham-saham di sektor coal mining masuk dalam kategori top gainers? atau bahkan masuk ke dalam top losers?

Daftar Saham Top Gainers

Berikut daftar saham-saham yang masuk kategori top gainers sepekan terakhir
1. FIRE        +35,77%
2. PMJS        +13,04%
3. SQMI       +7,63%
4. SCMA      +7,55%
5. JPFA         +7,49%

top-gainers-ihsg-blogsaham-2020

Daftar Saham Top Losers

Berikut daftar saham top losers sepekan terakhir
1. IPTV       -16,87%
2. BRPT      -10,53%
3. FREN      -5,04%
4. BKSL      -4,71%
5. WSKT     -4,53%

top-losers-saham-ihsg-blogsaham-2020

Review Harga Komoditas

Konflik Iran vs Amerika Serikat mampu membawa minyak dan emas bergerak naik cukup tinggi, dan kondisi sekarang sudah mulai mereda dan kekhawatiran akan terjadinya perang dunia ke III tidak terjadi dalam waktu dekat. Namun apakah kedepan harga dua komoditas tersebut akan naik? bagaimana dengan harga komoditas lainnya?

Minyak Mentah (OIL)

minyak-mentah-blogsaham-2020
 Sumber : www.investing.com

Saat ketegangan Iran dan Amerika serikat meningkat beberapa waktu lalu, harga minyak melonjak cukup tinggi, dan momen tersebut sepertinya dapat membuat harga minyak bergerak mendekati 70 USD per barel, namun ketegangan keduanya yang mereda membuat harga minyak bergerak turun dan gagal break konslodiasinya. Dengan kondisi saat ini, maka saham-saham yang berkaitan langsung dengan harga minyak atau yang berkaitan tidak langsung akan mendapatkan efek penurunan oil, namun hal ini hanya bersifat jangka pendek.

Emas

emas-berjangka-blogsaham-2020
 Sumber : www.investing.com

Tidak jauh berbeda dengan oil, emas yang merupakan investasi yang tepat disaat resesi atau saat potensi ketidakpastian berada di depan mata, seperti halnya ketegangan Iran vs USA, iapun bergerak naik bahwa break resisten. Potensi saat itu membuat emas diharapkan mampu mendekati harga tertinggi sepanjang masanya, namun saat ini emas kembali turun dan berada di bawah support yang sebelumnya merupakan resistennya. Dengan kondisi sekarang harga emas rawan untuk turun. 

Nikel

nikel-blogsaham-berjangka-2020
 Sumber : www.investing.com

Mungkin nikel saja komoditas yang berpotensi untuk menguat dalam waktu dekat ini. Saat ini nikel bergerak sideways dan telah terbentuk Higher Low dan ini mengindikasikan bahwa nikel bersiap untuk kembali bergerak positif, hanya tinggal menunggu konfirmasi saja. Disisi lain penutupan keran ekspor untuk nikel menjadi katalis positif ditengah tumbuhnya industri baterai saat ini.

CPO

tradingeconomics-cpo-blogsaham-2020

Sejak pertemuan negara produsen CPO di bali lalu, pergerakan CPO dunia terus saja bergerak positif, bahkan harga CPO terakhir telah menembus perkiraan para pengusaha pada pertemuan tersebut diangka 2600 RM. Dengan begini potensi harga CPO untuk bergerak sideways cukup tinggi setealh rally cukup panjang. Katalis terkait gugatan Indonesia kepada Uni Eropa terkait CPO juga dirasa cukup positif sehingga jika gugatan ini berhasil, maka harga CPO berpotensi untuk naik lebih tinggi karena keran ekspor CPO ke Uni Eropa akan terbuka kembali.

Coal (Batubara)

tradingeconomics-coal-blogsaham-2020

Seperti dalam ulasan sebelumnya, harga coal berpotensi menguat dalam area sidewaysnya. Namun apakah penguatan ini akan mampu membuat ia breakout atau kembali kedalam area konsolidasinya? biarkan pasar yang menentukannya. Kabar terbaru mengenai pemotongan kuota produksi batubara dan diutamakannya DMO membuat harga saham coal di IHSG bergerak serentak naik lumayan tinggi, dan harga coal dunia pun terlihat naik dengan cukup meyakinkan. Tinggal bagaimana pasar merespon kebijakan ini, namun yang perlu dipastikan adalah apakah kebijakan ini benar-benar dijalankan atau hanya keliatan bagus didepan.


Regards,