Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulasan IHSG : Rebound atau Lanjut Turun?

IHSG minggu ini berhasil breakdown sehingga membuat new low untuk kesekian kalinya. Dengan begini IHSG downtrend berat dan mengharuskan kita untuk lebih banyak menunggu momentum rebound.

Kapan IHSG akan rebound?

Itu adalah pertanyaan sebagian besar investor di bursa, terutama mereka yang nyangkut. Nyangkut di saham bagus sih enggak apa-apa, tapi kalau nyangkutnya seperti Jiwasraya kan bisa berabe asap di dapur.

IHSG-rebound-atau-lanjut-turun

Pada penutupan perdagangan jumat lalu, IHSG berhasil rebound meski ditutup masih diposisi merah dengan mencatatkan kinerja harian di -0,05%. Sejalan dengan itu banyak saham-saham bluechip ditutup menguat, salah satunya CPIN dengan posisi penutupan +5,28%.

Secara YTD kinerja IHSG bisa dikatakan jeblok, dengan penurunan lebih dari -6% sulit menemukan saham-saham dengan kualitas fundamental kuat tidak turun harganya, namun ini adalah peluang.

Kembali ke IHSG, peutupan pada jumat lalu di angka 5866 berada dibawah support sebelumnya di 5877 alias terpaut 10 poin. Namun candle terakhir merupakan doji, dan ini memberikan sedikit optimisme bahwa market akan rebound dengan range yang tidak terlalu lebar.

Meski begitu rebound IHSG nantinya akan memberikan nafas lega bagi saham-saham bluechip dengan kinerja terbaik untuk kembali menguat. Jika anda berusaha memanfaatkan momentum ini, maka carilah saham bluechip dengan kondisi yang mirip dengan IHSG atau setidaknya terdapat tanda reversal.

Namun potensi IHSG membentuk new low masih besar, dimana saat ini belum ada tanda-tanda penurunan IHSG melandai, sehingga jika nantinya rebound terjadi maka itu bisa menjadi Dead Cat Bounce (DCB) untuk selanjutnya menembus new low sebelumnya untuk membentuk low baru.

Saham-saham Menguntungkan dan Merugikan


TAMA       +136,57%
PAMG       +20,69%
PURA        +18,32%
ITIC          +17,02%
HOKI        +5,03%


TOPS         -39,86%%
LUCK        -35,23%
REAL        -15,76%
BWPT        -13,39%
WSBP        -11,72%

Dari daftar saham-saham diatas, terdaapt WSBP yang cukup menarik dengan laju penurunan yang besar selama seminggu terakhir ini.

Apa yang terjadi dengan WSBP?

Kita bahas dilain kesempatan.

Dengan kondisi saat ini, baiknya main swing pendek dengan memanfaatkan momentum indeks rebound, sambil menunggu trend konfirm berubah.

Banyak faktor yang membuat indeks seperti saat ini, sentimen corona sebenarnya sudah tidak banyak pengaruhnya, lihat saja pergerakam burda dunia, namun IHSG bergerak berbeda dari umumnya.

Semoga dilain kesempatan kami dapat mengulas faktor-faktor yang menjadi penyebab indeks berkinerja buruk di awal 2020 ini.