Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Reksadana Dengan Kinerja Terbaik Mengalahkan IHSG Maret 2020

5 daftar reksadana berkinerja terbaik mengungguli IHSG

Blogsaham.com - IHSG telah turun lebih dari 30% atau tepatnya -31.59% di tahun 2020 ini, dan ini membuat IHSG bertengger di 4309. Dengan kondisi sekarang, posisi IHSG mendekati Low pada tahun 2015 sila disaat harga-harga komoditas dunia turun tajam. Sehingga dengan ini IHSG resmi menyandang status CRASH dan layak untuk dimonitor saham mana saja yang layak untuk investasi 3-5 tahun kedepan.

Ditengah jebloknya kinerja IHSG di tahun 2020 ini, terdapat beberapa Reksadana saham yang memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan kinerja IHSG. Meski tercatat berkinerja negatif, namun kinerja dari reksadana-reksadana berikut lebih baik dibandingkan IHSG.

Sebagaimana diketahui bersama, reksadana saham ini kinerjanya mengikuti pergerakan saham-saham yang mereka beli, sehingga Benchmark yang dipakai adalah IHSG atau LQ45.

Dengan daftar reksadana berikut ini diharapkan bisa menjadi data acuan untuk anda berinvestasi melalui reksadana kedepannya. Seluruh data kinerja yang ditulis dalam artikel ini mengacu pada data realtime pada tanggal artikel ditulis.

5 Reksadana Berkinerja Labih Baik dibanding IHSG

Schroder Global Sharia Equity Fund

Reksadana saham ini memiliki AUM (Asset Under Management) sebesar USD 69.177.815 atau sekitar 1 triliun rupiah. Dengan kinerjadi tahun 2020 atau secara YTD tercatat sebesar -17,83% membuat reksadana ini mencatatkan kinerja terbaik nomer 1 dari seluruh reksadana saham terhadap IHSG.

Jika dibandingkan IHSG, Reksadana saham ini memiliki selisih keunggulan sebesar 13,7 persen. Maka dengan kondisi sekarang, strategi MI pada jajaran manajemen membuat keputusan yang tepat disaat IHSG crash seperti ini.

Aurora Dana Ekuitas

Reksadana Aurora Dana Ekuitas memiliki AUM sebesar Rp 5,3 triliun dengan NAB 254,5112 ini memiliki kinerja di tahun 2020 ini sebesar -19,41%.

Dengan kinerja saat ini reksadana Aurora Dana Ekuitas unggul 12.18 persen dibandingikan kinerja IHSG.

BNP Paribas Cakra Syariah USD

Reksadana ini menggunakan denominasi Dolar sebagai acuan dalam pengumpulan dana masyarakat. Di tahun 2020 ini kinerja dari BNP Paribas Cakra Syariah USD adalah -19,89% dengan AUM sebesar USD 105.089.228 sehingga unggul atas IHSG sebesar 11.7 persen.

Aberdeen Standard Syariah Asia Pacific Equity USD Fund

Reksadana satu ini dalam mengumpulkan dana nasabahnya hanya menggunakan denominasi USD sehingga dengan kinerja dari reksadana ini juga nantinya tergantung pada nilai tukur USD terhadap rupiah. Reksadana dari Aberdeen yang satu ini mencatatkan kinerja secara YTD -23,60% dengan AUM sebesar USD 7.892.244 atau sekitar Rp 118 miliar rupiah.

Meski tergolong reksadana dengan dana kelolaan yang kecil, namun dengan kinerja 2020 sebesar itu, maka reksadana ini sudah mengungguli kinerja IHSG sebesar 7.99%.

Sucorinvest Sharia Equity Fund

Kinerja yang dicatatakan reksadana kali ini juga bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan kinerja IHSG. Dengan mencatatkan kinerja hingga Maret 2020 ini sebesar -24,37% atau mengungguli IHSG sebesar 7.22% membuat reksadana ini layak untuk dicermati dalam memilih reksadana di masa depan.

Sucorinvest Sharia Equity Fund memiliki AUM sebesar Rp 161.49 miliar ini memang juga tergolong kecil, namun dengan sedikitnya dana yang mereka kelolal membuat mereka lebih lincah dalam keluar masuk market dibandingkan reksadana dengan AUM yang lebih besar.

Dari banyaknya reksadana saham yang tercatat OJK, 5 daftar reksadana diatas adalah yang terbaik dalam hal kinerja hingga Maret 2020 ini. Namun seiring berjalannya waktu kinerja dari kelima reksadana diatas bisa saja berubah atau kalau bagus dibandingkan reksadana lainnya. Maka dengan ini daftar reksadana diatas bisa diacuan dalam mempertimbangkan reksadana mana yang berkinerja baik, namun tidak dapat dibuat acuan tetap untuk seterusnya.