Cara dan tips memiliki gerai Indomaret

Sejarah Indomaret

Blogsaham.com - Siapa yang tidak tahu indomaret? Sebuah jaringan minimarket yang didirikan sejak tahun 1988 yang awal mulanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Gerai Indomaret berada dari ujung sumatera sampai ujung Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi.

Dengan jumlah jaringan toko ritel sebanyak 17.681 buah, membuat kekuatan brand Indomaret semakin kuat, sehingga sangat mudah bagi siapaun untuk mengenal toko Indomaret dari kejauhan.

Dengan moto "mudah dan hemat" Indomaret merangsek ke segala aspek masyarakat melalui beragam produk yang dijual serta berbagai jenis merchandise yang tersedia".

Indomaret dalam mengembangkan usahanya menggunakan berbagai strategi pemasaran dan promosi seperti Harga Heboh, Indomaret Promo, Super Hemat, dan Promo Bulan Ini.

Dengan strategi tersebut, Indomaret seluruh Indonesia mampu mencetak penjualan sebesar 49 triliun. Angka tersebut bukanlah angka yang kecil, dan anda bisa menjadi bagian dari Indomaret dengan berbagai tahapan yang anda lalui.

Keuntungan Memiliki Waralaba Indomaret

Selain keuntungan berupa finansial, para pemilik waralaba Indomaret juga memiliki keuntungan lainnya, yakni :
  1. Transformasi Pengetahuan
  2. Potensi Pasar
  3. Tidak Full Time dalam Pengoperasionalnya
  4. Meminimalisir Resiko
  5. Bergabung dengan Brand yang Kuat dan sudah dikenal masyarakat
  6. Memiliki peluang berkembang
Selain keuntungan diatas, anda juga dapat layanan ekstra dari pihak Indomaret mulai dari survey kelayakan lokasi, perencanaan biaya, sampai pada penentuan program promosi dan penjualan produk.

Nah, dari sini saja anda sudah sangat terbantu, anda tidak perlu repot-repot melakukan banyak hal untuk menjalankan bisnis.

Cara Membuka Gerai Baru Indomaret

Anda diwajibkan memiliki lokasi, entah itu milik sendiri atau sewa. Dalam program waralaba ini kontrak antara anda dan Indomaret minimal 5 tahun.

Dengan telah adanya lokasi tersebut, selanjutnya lokasi akan di survey untuk dapat diketahui apakah lokasi cukup reliabel atau tidak untuk pembukaan gerai baru yang telah di presentasikan sebelumnya.

Jika reliabel, maka dilanjutkan dengan pengukuran dan evaluasi, dilanjutkan dengan pengurusan perijinan, lalu pembangunan atau renovasi gedung, dan yang terkahir pembukaan gerai baru.

Setiap tahapan memiliki proses dan waktu yang berbeda, dan setiap tahapan pula harus lolos dari verifikasi pihak Indomaret.

Biaya untuk pembuatan gerai baru bisa mencapai 400 juta.

Mahal? iya, namun jika anda dapat menentukan lokasi yang tepat maka dalam jangka waktu 5 tahun seharusnya modal anda sudah balik plus keuntungan.

Rincian biaya untuk gerai baru itu meliputi :
  • Fee Waralaba selama 5 tahun sebesar Rp 36 juta
  • Promosi dan persiapan kira-kira Rp 9,5 s/d 10 juta
  • Renovasi dan Daya Listrik sebesar Rp 170,5 juta
  • Peralatan perlengkapan gerai Rp 178 juta
  • Seluruh biaya ini sudah ditentukan oleh pihak Indomaret sebagai pemilik brand waralaba
Bagaimana kalau anda tidak mau ribet untuk mengurus segala tetek-bengek, dan anda hanya mau tinggal take over yang sudah jalan dan keliatan profit sehingga anda tinggal menunggu pundi-pundi finansial dari gerai masuk kantong?

Yuk, ikuti bagian ini.

Cara Takeover Gerai yang Telah Beroperasional 

Jika anda males atau ogah untuk mengurus tetek-bengek untuk pembuatan gerai baru, dan anda memiliki dan yang cukup maka pilihannya adalah men-takeover gerai yang sudah berjalan.

Opsi ini diperbolehkan oleh pihak Indomaret, dan anda tinggal menghitung uang yang harus anda siapkan. Karena untuk men-takeover gerai yang sudah berjalan membutuhkan biaya yang besar.

Pihak Indomaret mematok batas terendahnya adalah Rp 600 juta, itu belum menghitung lokasi dan potensi pasar di lokasi tersebut 5 tahun ke depan.

Baik menggunakan model pembukaan gerai baru ataupun takeover sama-sama butuh waktu untuk mengembalikan modal awal anda. Dengan berbagai pertimbangan yang matang dan tepat, seharusnya dalam jangka waktu 5 tahun modal anda sudah kembai.

Nah ditahun-tahun selanjutnya anda tinggal menikmati keuntungan tanpa banyak melakukan upaya.

Jadi, berinvestasi waralaba itu timeframe nya jangka panjang, diatas 5 tahun atau bisa sampai 20 tahun maka hasilnya bisa anda rasakan.

Berinvestasi waralaba dengan brand yang kuat juga bisa dijadikan untuk persiapan masa tua nanti.

Disclaimer : Seluruh isi artikel ini bukanlah promosi untuk pihak Indomaret atau siapapun. Pembuatan artikel ini bertujuan untuk mengedukasi tentang dunia bisnis dan peluangnya yang memang diterbitkan dalam blog ini sebagai bagian dari dunia investasi.
Previous Post Next Post