Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Reksadana Saham Dengan Kinerja Terbaik

10 reksadana saham dengan kinerja terbaik

Blogsaham.com - Ditengah buruknya kinerja IHSG di tahun 2020 ini, terdapat 10 Reksadana yang mencatatkan kinerja cukup baik dibandingkan dengan IHSG. Kinerja ini bisa dijadikan acuan bagaimana manajer investasi mereka mengelola dana nasabah dengan sebaik mungkin di masa-masa resesi seperti sekarang ini.

Dengan dana yang besar mulai dari ratusan miliar rupiah hingga triliun membuat banyak manajer investasi kesulitan karena apabila dengan dana sebesar itu ditarik langsung dari pasar akan membuat IHSG jeblok tidak karuan, bisa ARB 40 hari 40 malam.

Sehingga mereka akan mengelola dengan sedemikian rupa sesuai protokol investasi yang telah mereka tentukan sehingga dapat membuat nasabah mereka mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

AUM atau Asset Under Management merupakan salah satu indikator selain kinerja yang menunjukkan seberapa terpercaya di mata investor reksadana, sehingga semakin tinggi AUM mereka menandakan banyak orang yang menaruh dana mereka untuk dikelola di reksadana tersebut.

Namun dibandingkan tahun lalu yang cukup banyak reksadana yang berkinerja positif, di tahun 2020 ini sulit sekali menemukan bahkan mungkin tidak ada reksadana yang mencatatkan kinerja positif. Untuk itu pengukuran kinerja reksadana adalah imbal hasil secara YTD lebih sedikit nilai penurunannya dibandingkan dengan IHSG.

Sebagai contoh, saat ini IHSG telah mengalami penurunan sedalam -27,49% secara YTD, lalu ada reksadana yang mencatatkan kinerja YTD turun sedalam -25,5%. Sehingga bisa dikatakan reksadana tersebut mencatatkan kinerja lebih baik dibandingkan dengan IHSG.

10 Reksadana Dengan Kinerja Terbaik

1. Aurora Dana Ekuitas
Reksadana Aurora ini memiliki kinerja YTD yang tergolong bagus dengan catatan kinerja sebesar -19,12%. Reksadana ini digawangi oleh PT Aurora Asset Manajement sebagai Manajer Investasi dengan AUM sebesar 5 miliar rupiah.

2. Sucorinvest Maxi Fund
Dengan AUM sebesar 281 miliar rupiah, reksadana ini mencatatkan kinerja yang lumayan baik dengan hanya mengalami penurunan sebesar -19,23%.

3. Manulife Saham Syariah Asia
Manulife Saham Syariah ini memiliki AUM dengan denominasi US Dollar, dan memiliki kinerja dengan penurunan sebesar -19,82%. Reksadana ini dikelola oleh Manajer Investasi PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

4. Simas Danamas Saham
Simas Danamas Saham adalah produk reksadana dari Sinarmas Asset Management dengan nilai AUM sebesar 39 miliar rupiah yang mencatatkan kinerja -22,36%.

5. HPAM Syariah Ekuitas
HPAM Syariah adalah satu dari produk reksadana yang dikeluarkan oleh Henan Putihrai Aset Management yang memiliki dana kelolaan atau AUM mencapai 209 miliar rupiah.  Dengan dana kelolaan sebesar itu kinerja HPAM tercatat sebesar -23,64%.

6. Sucorinvest Sharia Equity Fund
Dengan AUM mencapai 134 miliar rupiah, Sucorinvest Sharia Equity Fund mencatat kinerja sebesar -23,8% hal ini setara dengan kinerja yang dicatatkan oleh JPAM Syariah Ekuitas.

7. Schroder 90 Plus Equity Fund
Sebagai salah satu produk reksadana dengan nilai AUM yang mencapai diatas 1 triliun rupiah, kinerja Schroder 90 Plus ini sebesar -24,77%, hal ini cukup baik mengingat besarnya dana kelolaan dan kondisi bursa yang turun tajam dalam waktu yang relatif singkat.

8. Trim Syariah Saham
Kinerja TRIM memang tidak bisa dikatatakan baik, namun masih lebih baik dibandingkan IHSG dimana TRIm Syariah Saham mencatatkan kinerja YTD sebesar -25,01%.

9. Bahana Icon Syariah
Sebagai salah satu reksadana dengan nilai AUM yang relatif kecil, kinerja Bahana bisa dikatakan tidak begitu baik mengingat dana kelolaan yang kecil, namun kinerja ini masih lebih baik dibandingkan IHSG.

10. Schroder Dana Prestasi
Sebagaimana reksadana dari Schroder, Schroder Dana Prestasi memiliki dana kelolaan mencapai 3,6 triliun, dan bisa dikatakan paling besar dibandingkan dengan ke sembilan reksadana sebelumnya. Kinerja yang dicapai secara YTD adalah -25,68%, hal ini jelas menjadi catatan yang baik mengingat besarnya dana kelolaan di reksadana tersebut.

Baca Juga : Strategi Investasi Saham Terbaik dan Mudah

AUM yang Besar dengan Kinerja Yang Baik

Dari kesepuluh reksadana tersebut, hanya reksadana dari Schroder yang memiliki dana kelolaan diatas 1 triliun, hal ini menjadi perbedaan dimana mengelola dana yang besar akan berbeda halnya dengan dana kelolaan kecil. Sehingga dengan kinerja sebagaimana diatas, beberapa reksadana memang benar-benar memiliki kinerja yang baik dengan dana kelolaan yang besar.