Harga Saham BMRI

harga saham bmri

Blogsaham.com - Harga saham BMRI saat ini di 4400 dengan kondisi downtrend berat, sehingga masih berpotensi untuk melanjutkan penurunan.
 

Teknikal Harga Saham BMRI

harga saham brmi
Sumber : www.investing.com

Secara teknikal harga saham BMRI sedang dalam fase downtrend (untuk gambaran besar), namun dalam jangka pendek BMRI dalam fase konsolidasi, hal ini karena tekanan jual pada saham-saham di BEI sudah mulai mereda meski sentimen pandemic masih berlanjut.

BMRI saat ini mencoba test support di 4400 untuk kemudian bergerak mendekati level 4000 serta support kuatnya. Namun sebelum itu BMRI gagal menembus level 5600 sebagai level tertinggi dalam sebulan terakhir, sehingga wajar jika saat ini BMRI masuk fase downtren jangka pendek.

Konsolidasi yang terjadi saat ini wajar dan hal ini dapat menjadi kabar baik karena BMRI sedang membuat landasan (base) sebelum ia kembali uptrend untuk mendekati level di februari 2020 silam.

Potensi paling mendekati saat ini adalah BMRI menembus level support 4.400 untuk kemudian kembali ke dalam range konsolidasi. Hal ini akan berlanjut 1-2 bulan untuk kemudian bergerak naik kembali. Namun dengan syarat ada kabar baik terkait penanganan pandemic saat ini.

Fundamental

BMRI merupakan salah satu emiten perbankan pelat merah yang memiliki aset sebesar 1.318 triliun rupiah dengan market kapitalisasi saat ini di angka 205 triliun rupiah. Ekuitas BMRI sendiri saat ini sudah tumbuh menjadi 204 triliun rupiah, itu artinya dengan harga saat ini BMRI sudah berada pada PBV 1x dan kondisi ini sangat jarang terjadi.

Pendapatan Bunga BMRI sendiri per akhir 2019 mencapai 91,5 triliun rupiah tumbuh 12,96% dengan catatan Net Interest Income nya mencapai 73 triliun rupiah. Kondisi ini membuat EPS BMRI tumbuh sebesar 9,87% menjadi 588 rupiah per lembar dari tahun sebelumnya yang sebesar 536 rupiah per lembar.

BMRI termasuk emiten yang rutin membagikan dividen, sehingga BMRI sangat layak menjadi incaran investasi jangka panjang, sehingga anda tinggal melakukan evaluasi secara periodikal untuk memonitor perkembangan saham BMRI. Dividen Payout Ratio (DPR) BMRI sejak 2014 sampai dengan 2018 selalu berada dalam range 20-30% dari total EPS perusahaan. Namun pada tahun 2019 BMRI membagikan dividen dengan DPR mencapai 60% dari total laba bersih, sehingga terdapat uda sisi yang berpengaruh atas kebijakan tersebut.

Pertama, dividen yang besar jelas menguntungkan bagi para investor, hal ini membuat investor menjadi sangat betah memegang saham BMRI dalam jangka panjang, apalagi pemerintah Indonesia yang menjadi pemegang saham terbesar memutuskan untuk meningkatkan setoran dividen BUMN.

Kedua, DPR yang besar dapat menurunkan potensi pertumbuhan bisnis emiten di masa mendatang. Dengan DPR mencapai 60% pada 2019 lalu itu berarti naik dua kali lipat dari batas atas DPR BMRI selama ini. Sehingga BMRI kehilangan 30% dari total laba bersih yang seharusnya bisa untuk reinvesting, memasukkan kembali laba ke dalam modal usaha.

Disisi lain ROE BMRI terjaga diangka 13% untuk tahun 2019, meski sebenarnya ROE sebesar itu lebih rendah dibandingkan ROE BMRI di tahun-tahun sebelumnya. Sejak pemberlakuan pembatasan NIM oleh pemerintah terhadap perbankan demi menurunkan bunga kredit, banyak perbankan yang mengalami tekanan dari sisi profitabilitas. Catatan lainnya adalah sejak 2018 ROE BMRI stabil diangka 12-14%.

Valuasi 

Secara valuasi BMRI saat ini tercatat memiliki PER 7.47x dan PBV sebesar 1x. Sangat jarang mendapatkan momen saham BMRI di hargai sebegitu murah kecuali pada momen-momen seperti sekarang ini. Dari sisi dividen, Yield Dividen BMRI tahun 2019 kemarin sebesar 4,7% pada saat BMRI dihargai 7.537 rupiah perlembar. Itu berarti dengan harga saat ini BMRI memiliki Dividen Yield sebesar 8% di harga 4.400 rupiah per lembar saham.

Sentimen

Bank Indonesia telah meneken sejumlah kebijakan dan pelonggaran moneter termasuk pada Giro Wajib Minimum. Hal ini akan berdampak pada banyaknya likuiditas pada perbankan dan korporasi termasuk BMRI. Sehingga akan memberikan ruang lebih besar bagi BMRI untuk menyalurkan dana tersebut di tengah kondisi pandemic ini.

Disclaimer

Artikel ini ditulis dengan harapan dapat menjadi salah satu referensi bagi anda dalam mengarungi volatilnya dunia saham, sehingga anda memiliki pegangan analisa yang cukup untuk tidak mudah tergoda melakukan sesuatu yang dapat merugikan portofolio anda. Tulisan ini tidak memberikan saran atau anjuran apalagi ajakan untuk membeli saham BMRI, sehingga tanggung jawab atas kerugian atau keuntungan dari kegiatan membeli saham BMRI mutlak menjadi tanggung jawab setiap investor atau trade.