Reksadana Syariah : Yuk Berinvestasi Dengan Prinsip Agama Islam

Reksadana syariah adalah

Blogsaham.com - Reksadana syariah adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menampung atau menghimpun dana masyarakat untuk kemudian dikelola oleh Badan Hukum yang disebut Manajer Investasi (MI), yang kemudian dana tersebut diinvestasikan ke dalam instrumen investasi berupa saham, obligasi atau pasar uang.

Prinsip investasi yang digunakan oleh Reksadana syariah berinvestasi pada instrumen keuangan yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariat islam, seperti menempatkan dana di instrumen investasi berupa saham syariah atau SUKUK.

Reksadana Syariah sudah seharusnya menjadi wadah terutama bagi umat muslim di Indonesia untuk dapat membangun aset yang kemudian aset tersebut dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk keperluan beribadah dimasa depan. Selain itu Reksadana Syariah juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan biaya pendidikan anak pada jenjang yang lebih tinggi.

7 Fakta Reksadana Syariah

Ada 7 fakta lho yang perlu anda ketahui tentang Reksadana syariah ini, agar anda tahu bahwa Reksadana Syariah benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anda sebagai calon investor. Berikut ini 7 fakta Reksadana Syariah tersebut;
  1. Produk Reksadana dikelola oleh unit khusus
  2. Reksadana Syariah hanya dikelola oleh Manajer Investasi (MI) syariah
  3. Reksadana Syariah dijamin ke-Syariah-annya oleh DPS dan sesuai ketentuan yang di fatwakan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI
  4. Terdapat beragam produk Reksadana Syariah, sehingga anda memiliki opsi untuk memilih
  5. Reksadana Syariah berbasis efek syariah luar negeri pertama di Indonesia
  6. Terdapat banyak Marketplace Reksadana Syariah baik Offline maupun Online
  7. Pertumbuhan Market Kapitalisasi Reksadana Syariah adalah yang paling tinggi


Hukum Reksadana Syariah dalam Islam

Hukum Reksadana Syariah sebenarnya sudah diatur dalam Fatwa DSN MUI No.20/DSN-MUI/IV/2001, dalam keputusan tersebut MUI memberikan fatwa bahwa Reksadana Syariah diperbolehkan dengan ketentuan investasi pada instrumen yang berbasis syariah, anda bisa membaca detail keputusan DSN MUI tersebut di DSN MUI Reksadana Syariah.

Keuntungan Reksadana Syariah

Sebagai salah satu instrumen investasi di Indonesia, Reksadana Syariah cukup banyak menyita perhatian terutama kalangan umat muslim yang merupakan penduduk mayoritas Indonesia. Namun meski menyandang status sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, tidak banyak penduduk Indonesia yang membeli produk ini.

Sehingga masih banyak masyarakat dengan kelas ekonomi menengah kebawah sulit mendapatkan kesejahteraan karena literasi keuangan terutama Reksadana Syariah tergolong minim. Akan tetapi, kini sudah mulai banyak masyarakat yang mulai melek terutama dari kalangan mahasiswa, sehingga membuat prospek Reksadana terutama Reksadana Syariah kian banyak peminatnya.

Selain keuntungan berupa finansial yang bisa diperoleh para pemegang unit, berikut ini keuntungan lain yang juga bisa dirasakan dari Reksadana Syariah;

1. Mudah dan Terjamin Keamanannya

Seperti jenis reksadana lainnya, Reksadana Syariah dapat dibeli melalui APERD atau Agen Penjual Reksadana. Selain itu Reksadana Syariah juga bisa dibeli lewat online, jadi anda akan sangat terbantu ketika ingin membeli atau menjual Reksadana Syariah selama ada koneksi internet.

Harga pembelian Reksadana Syariah pun tergolong murah kok, cukup sediakan minimal Rp 100.000 anda sudah dapat membeli dan memiliki Reksadana Syariah.

Soal keamanan dana anda, tidak perlu dikhawatirkan. Dana anda dikelola oleh orang yang berkompeten yang biasanya disebut sebagai Manajer Investasi dan punya ijin dari OJK, sehingga kinerja Manajer Investasi tersebut berada dalam pengawasan pemerintah dalam hal ini melalui Otoritas Jasa Keuangan. Serta Manajer Investasi ini adalah orang yang berkompeten dalam urusan investasi, sehingga mereka akan memilih instrumen yang tepat agar dana anda dapat tumbuh dalam jangka panjang.

Keamanan lainnya adalah dana anda tidak akan hilang begitu saja, karena dana tersebut tersimpan dalam Bank Kustodian dan tidak ada seorang pun yang bisa mengambil dana tersebut selain anda atau orang yang anda beri kuasa atas dana tersebut.

2. Lebih Barokah Karena Berprinsip Syariah

Sebagaimana dijelaskan pada bagian awal bahwa Reksadana Syariah ini berpegangan pada prinsip Syariah islam, sehingga setiap prosedur baik transaksi, sampai pada pemilihan instrumen investasi semuanya harus memenuhi kaidah syariah. Sehingga anda tidak lagi khawatir soal keberkahan dari investasi ini.

3. Keuntungan Jangka Panjang 

Setiap investasi pasti memerlukan waktu untuk dapat berbuah manis bagi para pemiliknya, termasuk Reksadana Syariah. Rentang waktu yang biasa dibutuhkan bagi Reksadana Syariah untuk dapat berbuah manis adalah 1 sampai dengan 5 tahun, hingga hasilnya benar-benar manis dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan dengan kebutuhan dana yang besar seperti biaya pendidikan anak atau pembelian rumah.

Karena jangka waktu yang dibutuhkan tergolong lama, maka hasil yang didapatkan pun jauh lebih tinggi dibandingkan Deposito atau Obligasi. Jika anda terbiasa memiliki deposito di perbankan, maka sangat sulit mendapatkan keuntungan (bunga) diatas 10% dalam satu tahun. Sedangkan di Reksadana Syariah keuntungan yang dihasilkan bisa mencapai dua kali lipat bahkan 4 kali lipat dari bunga deposito atau kupon Obligasi.


Reksadana Syariah, Aman, Halal, dan Berkah

Bagi kaum muslimin Halal adalah patokan yang tidak bisa diganggu gugat, sehingga setiap barang atau jasa yang digunakan harus terjamin kehalalanya, karena dengan halalnya suatu barang atau jasa akan mendatangkan keberkahan dalam hidup seorang muslim.

Untuk itulah hadir Reksadana Syariah yang berpegangan pada prinsip syariah islam sesuai dengan ketentuan dari DSN MUI dalam fatwanya, selain itu Reksadana Syariah juga dipastikan halal oleh OJK dan DPS (Dewan Pengawas Syariah), sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi di Reksadana Syariah demi masa depan keuangan yang lebih baik.

Dengan kondisi keuangan yang lebih baik serta barokah, maka akan membawa ketenangan dalam menjalani hidup dan beribadah pada Allah SWT.