Analisa Harga Saham ANTM

harga saham antm dan emas dunia

Antam atau Aneka Tambang yang memiliki kode bursa ANTM adalah sebuah perusahaan terbuka yang bergerak dalam bisnis pertambangan dengan produk utamanya adalah emas. Jika anda sering mendengar nama emas Antam atau anda sering membelinya, itu berarti anda sudah menggunakan salah satu produk antam.

Dalam pasar saham Indonesia, ANTAM sangat diminati sahamnya oleh para investor karena ia adalah penghasil emas yang mendapatkan keuntungan berupa kenaikan harga emas dunia dan pelemahan nilai tukar rupiah yang bisa mengangkat harga emas antam di pasaran.

Aneka Tambang sendiri didirikan pada tahun 1968 dimana pemerintah Indonesia menjadi pemegang saham kendali, sehingga status Antam sendiri menjadi perusahaan BUMN. Pada tahun 1997, Antam resmi menjadi perusahaan terbuka dengan melepaskan sebagian sahamnya ke publik, dimana pada saat itu nilai IPO Antam adalah Rp 603 miliar dengan kode ANTM.

Fundamental ANTM

Sepanjang tahun 2019 ANTM sukses mencatatkan peningkatan penjualan yang mencapai 32 triliun rupiah berbanding 25 triliun pada tahun sebelumnya, sehingga kenaikan penjualan ANTM melonjak sampai 28%. Hal ini tentu bagus karena dalam kurun 2019 tersebut harga emas memang mengalami kecenderungan naik terutama pada semester ke II.

Namun kenaikan penjualan tersebut tidak serta merta mampu meningkatkan laba perusahaan, dimana laba bersih 2019 hanya tercatat sebesar 193 miliar rupiah berbanding terbalik dengan tahun 2018 yang mencatatkan laba bersih sebesar 874 miliar.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya beban operasional perusahaan yang meningkat sebesar 2 kali lipat mengakibatkan laba usaha emiten anjlok hampir 50%, sehingga laba usaha menjadi turun drastis meski laba kotor masih mencatatkan peningkatan 28%.

Aset ANTM tercatat sebesar 30,19 triliun yang terdiri atas ekuitas sebesar 18,13 triliun dan utang 12,06 triliun. Dengan nilai utang yang lebih kecil dibandingkan ekuitas atau DER yang sebesar 66,5%, tentu hal ini menjadi kabar baik ditengah bisnis utama ANTM yang sangat bergantung pada naik turunnya harga emas dunia.

Disisi lain penurunan laba yang terjadi sepanjang tahun 2019 membuat ROE ANTM hanya tercatat sebesar 1% dan ini sangatlah jelek dengan NPM saja hanya sebesar 0,59%. Meski begitu, hal ini dianggap wajar karena memang sejak 2010 tingkat profitabilitas ANTM terus menurun.

Jadi secara fundamental saat ini ANTM tidaklah menarik, dengan penurunan kinerja tersebut membuktikan bahwa efisiensi masih menjadi problem utama dari emiten satu ini. Namun sisi  positifnya adalah dengan harga saham ANTM saat ini di 510 memberikan daya tarik tersendiri selain juga sentimen positif dari kenaikan harga emas dunia.

Harga Saham ANTM

harga saham antm dan emas dunia
Sumber : www.investing.com

Saat ini harga saham ANTM bergerak di range 500-560 dengan kondisi sideways setelah mengalami rebound beberapa saat lalu. Perhatikan grafik diatas yang merupakan perbandingan harga saham ANTM dan harga emas dunia, terdapat perbedaan yang begitu lebar, harga emas terus saja naik sedangkan ANTM tersungkur.

Memang dengan kondisi saat ini, tidak ada saham yang tidak turun, namun dengan harga emas yang terus naik memberikan peluang bagi ANTM untuk terus menjual emas diatas harga standarnya. Selain itu emas juga merupakan instrumen investasi yang bersifat save heaven yang banyak dicari pada saat ekonomi resesi seperti sekarang ini karena imbal hasil dari instrumen investasi lainnya tidaklah menarik.

Support ANTM memang ada di 466, namun jika harga menembus level psikologis di 500 maka peluang ANTM untuk turun lebih dalam cukup besar, sehingga apabila ini terjadi ada baiknya untuk menunggu level support terdekat.

Namun sebaliknya jika ternyata harga mampu tembus 500 dan segera balik lagi diatas 500, itu artinya level ini dianggap cukup kuat menjadi pijakan untuk kembali menguat mendekati target di 700.

harga saham antm dan emas dunia
Sumber : www.investing.com

Dividen ANTM

Secara historis ANTM selalu membagikan dividen dengan DPR sebesar 30-35%, dimana memang melihat EPS ANTM untuk tahun 2019 sebesar Rp 8, membuat yield dividen akan menjadi sangat kecil. Secara historis dividen rasio antam berkisar 30-35%, itu artinya jika menggunakan data ringkas tersebut maka potensi dividen yang akan dibagikan untuk tahun ini berkisar Rp 2.4 - Rp 2.8 per lembarnya.

Dengan kondisi tersebut maka potensi Dividen Yield ANTM hanya kurang dari 1% dengan menggunakan harga saham saat ini di 510, jelas ini tidak menarik. Dengan kondisi tersebut potensi keuntungan hanya bisa diharapkan dari Capital Gain harga ANTM. Maka jika anda siap dan ingin berinvestasi pada ANTM, maka lakukan pembelian mulai saat ini secara bertahap, upayakan untuk mendapatkan harga dibawah Rp 500 per lembarnya.

Valuasi

Data valuasi ANTM baik PER, PBV maupun ROE menunjukkan bahwa saham ini terbilang overvalued untuk kondisi bursa saat ini. Meski tidak menutup kemungkinan harga tetap akan naik seiring dengan kenaikan IHSG.

PER ANTM sendiri berada di angka 63,75x dengan PBV sebesar 0,68x, meski PBV dianggap cukup menarik namun PER ANTM menunjukkan emiten ini tidak profitabel dibandingkan saham lain untuk masa sekarang. Apalagi jika ditambah dengan ROE ANTM yang cuma seuprit, jelas menjadi snagat tidak menarik.

Namun ANTM tetaplah ANTM, ia perusahaan produsen emas yang produknya sangat dikenal bahkan menjadi leader di industrinya. Meski kinerja keuangannya ancur-ancuran, namun kekuatan merek emas antam masih sangtlah kuat. Sehingga harga saham ANTM akan tetap naik meski tidak seoptimal emiten lain yang berkinerja keuangan bagus.

Sentimen

Saat ini terdapat beberapa sentimen yang dapat mempengaruhi harga saham berdasarkan kekuatannya
  1. Pandemi COVID-19 merupakan sentimen terkuat yang mempengaruhi segala bidang termasuk harga saham, maka sentimen utama agar harga saham ANTM dapat naik harus dari satu ini
  2. Harga emas dunia naik, namun kekuatan pengaruhnya saat ini sangatlah rendah sehingga tidak dapat dijadikan acuan apakah harga saham ANTM berpotensi menguat 
  3. Bursa saham Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda menguat sampai minggu kemarin.
Dengan kondisi seperti ini, maka ANTM cukup masuk ke dalam wathclist, sampai benar-benar menarik baik secara fundamental maupun harga sahamnya.