Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trading Saham Bluechip : Kelebihan dan Kekurangan

 trading saham bluechip

Sudah berapa lamakah anda terjun di dunia saham? Sebagai investor atau trader?

Jika sampai saat ini anda masih gusar dan bingung tentang manakah sebaiknya posisi anda di bursa saham, langkah terbaiknya adalah anda rehat sejenak dari aktifitas di bursa saham untuk memikirkan bagaimana kelanjutan aktifitas anda disana.

Salah memilih posisi, akan membuat anda sulit berkembang dan porto anda akan naik turun gunung tanpa ada pertumbuhan secara konsisten.

Maksudnya adalah pada saat tertentu saham anda mampu tumbuh dengan baik, tapi disatu waktu lainnya porto anda turun tajam, dan pola tersebut terjadi berulang kali.

Niat hati ingin berinvestasi pada saham-saham berfundamental bagus tapi pada faktanya anda sering jual beli saham layaknya seorang trader.

Jika memang demikian, tidak ada salahnya anda membaca artikel berikut ini terutama jika aktifitas trading anda jauh lebih besar dibandingkan investasi namun tetap pada saham-saham berfundamental bagus.


Trading Saham Bluechip

Trading saham Bluechip memiliki keunikan tersendiri dan cukup aman karena memiliki fundamental bisnis yang bagus, serta harga tidak mudah digerakkan oleh kelompok yang memiliki dana atau biasa disebut bandar.

Namun tentu disetiap sahamm ada market maker yang menggerakkan sebuah saham, bedanya untuk saham bluechip bandarnya adalah para Fund Manajer atau Manajer Investasi yang dana kelolannya tidaklah kecil dan mereka memiliki aturan-aturan ketat dalam meletakkan dana investasi mereka.

Sehingga dengan begini, anda akan dengan mudah meminimalisir resiko trading anda, dan tetap fokus pada aktifitas trading anda.

Meski begitu, tetap ada kelemahan yang melekat pada saham-saham bluechip, untuk itu simak ulasan berikut ini sehingga anda dapat meminimalisir kekurangan-kekurangan tersebut dengan strategi yang telah anda siapkan.

Kelebihan Trading Saham Bluechip

Sebagai saham terbaik dibursa baik dari segi fundamental maupun likuiditas, saham-saham bluechip memang layak untuk dijadikan sarana investasi atau trading.

Untuk trading sendiri, pola-pola pada saham bluechip cukup mudah diprediksi karena disana terdapat supplay dan demand yang bagus , tidak didominasi satau atau dua pihak dalam hal transaksinya.

Karena supplay dan demand tercipta cukup seimbang, maka pola-pola candlestick dapat terbentuk dengan sempurna.

Selain itu, jika anda tipe day trader atau model trader yang membeli di sore hari dan menjual di esok paginya, candle yang terbentuk pada saham ini cukup akurat sehingga mudah untuk diprediksi kemana arah selanjutnya.

Berikut adalah kelebihan jika anda trading hanya pada saham-saham bluechip
  • Memiliki fundamental yang bagus, sehingga resiko investasi cukup kecil
  • Pergerakan harganya tercipta karena adanya supplay dan demand yang baik
  • Masa depan bisnis yang dapat dianalisis dengan mudah karena pada umumnya manajemen didalamnya tidak pernah neko-neko
  • Anda bisa profit dengan konsisten di saham jenis ini hanya dengan mengandalkan pola-pola candlestick sederhana
  • Informasi tentang perkembangan terbaru atas bisnisnya mudah didapatkan
  • Volatilitas Rendah
Kita ulas satu persatu agar lebih mudah dipahami.

Fundamental yang Bagus

Tidak ada yang meragukan bahwa saham-saham bluechip mayoritas dihuni oleh emiten-emiten dengan fundamental yang bagus. Bahkan beberapa diantaranya adalah leading sektor pada masing-masing industri, sehingga ketika sebuah industri mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik, maka kinerja emiten tersebut juga pasti tumbuh.

Memang ada pengecualian, ada beberapa saham yang memiliki fundamental kacangana, hanya bermodalkan likuiditas yang bagus ia masuk kategori saham ini.

Namun jika anda sudah lama dibursa, maka anda tidak akan pernah melirik jenis saham tersebut.

Anda hanya akan terfokus pada sahma-saham yang sudah sangat anda kenali perusahaannya, bisnisnya, siklus industrinya, bahkan pola pergerakan harga sahamnya.

Supplay dan Demand yang Baik

Sebagai salah satu saham yang menjadi incaran banyak investor institusi, pergerakan saham bluechip bisa dikatakan tidak dapat dikendalikan oleh sekelompok orang.

Hal ini dikarenakan banyaknya investor baik individu maupun institusi yang mengincarnya, terutama investor institusi dengan dana yang berlimpah.

Sehingga create demand and supplay berdasarkan pada pasar itu sendiri.

Dengan begini, pola dan chart tidak mudah dilukis oleh Big Fund, dan ini tentunya memudahkan kita dalam melakukan analisis teknikal seta menentukan trading plan.

Bisnis yang Mudah dianalisis

Emiten Bluechip itu memiliki bisnis yang simpel, mudah dipahami bahkan kata Buffet perusahaan yang bagus itu memiliki bisnis yang mudah dijalankan bahkan oleh mereka yang tidak begitu kompeten.

Bisnisnya sederhana, tidak ada permainan di laporan keuangan, GCG nya bagus, sehingga trust public sangat tinggi dan ini menjadi keunggulan mereka.

Dengan begitu, akan sangat mudah kita menganalisis kinerjanya meski hanya sebatas melihat info atau news terbaru pada situs-situs berita ekonomi.

Mudah dalam Menghasilkan Cuan

Karena pergerakan harganya berdasarkan pasar dan tidak mudah dikendalikan oleh sekelompok investor, maka pola yang terbentuk murni karena permintaan dan penawaran investor.

Hal ini membuat analisis dapat bekerja dengan cukup baik, sehingga akan sangat memudahkan kita dalam membuat trading plan dan evaluasi atas aktifitas trading kita.

Informasi Mudah didapatkan

Jika anda sering mantengin berita-berita terbaru di berbagai situs berita ekonomi, anda kana sangat mudah menemukan berita perihal bisnis atau regulasi yang dapat berpengaruh pada potensi bisnis saham bluechip ini.

Tentu ini menjadi poin bagus, karena kita tidak perlu mencari-cari info sampai kesemak belukar atau perlu memiliki "orang dalam" untuk mengetahui informasi terbaru atas perkembangan bisnis emiten tersebut.

Volatilitas Rendah

Volatilitas perdagangan yang rendah akan membuat anda tidak mudah gagal analisis, sehingga trading plan yang anda buat bisa berjalan dengan baik.

Jarang sekali perusahaan bluechip harga sahamnya bergerak sangat signifikan (diatas +-5%) dalam sehari, selain dalam dua kondisi berikut yakni Market Crash (Panik) atau Strong Rebound.

Sehingga anda akan dengan mudah menentukan trading plan dan akan sangat jarang titik SL atau TS akan terlewati karena terjadinya Gap Down atau Gap Up.

Kekurangan Trading Saham Bluechip

Meski memiliki banyak keunggulan dan salah satu keunggulan utamanya adalah resiko kecil karena berfundamental bagus, tetap saja trading saham bluechip ada kekurangannya.

Berikut adalah beberapa kelemahannya
  • Potensi cuan dalam sekali trade tidaklah besar, jarang sekali ada saham bluechip dapat memberikan cuan hingga 20%
  • Mudah sekali terkena sentimen negatif, seperti nilai tukar rupiah, cadangan devisa, indeks bursa saham dunia, berita ekonomi dunia dll
  • Anda perlu memahami perubahan pada indesk FTSE, dan MSCI agar mudah membuat trading plan
Berikut ulasan untuk masing-masing point diatas.

Potensi Cuan Tidak Besar

Hal ini dikarenakan pergerakan harga saham bluechip tidaklah volatile dan sulit untuk digerakan dengan dana yang sedang-sedang saja.

Penggerak utama dari saham-saham bluechip adalah sentimen positif terutama kebijakan pemerintah, kinerja emiten di BEI secara overall tumbuh terutama leading sector.

Ketiga adalah rebound setelah terjadinya crash market.

Mudah Terkena Sentimen Negatif

Terutama yang berasal dari pergerakan bursa saham dunia seperti DJI, NYSE, dan S&P500.

Selain itu, sentimen yang berasal dari isu-isu dari negara dengan perekonomian tersbesar juga sangat sensitif.

Pergerakan harga minyak dunia dan komoditas lainnya, keputusan The Fed nya Amerika Serikat, serta keputusan Pemerintah AS sana seperti cuitan Trump yang seringkali menggoyang indeks dunia.

Jika anda cermati beberapa moment atau kondisi diatas muncul, maka potensi saham bluechip mengalami penurunan sangatlah besar.

Sehingga sebaik apapun analisa yang kita lakukan, jika terjadi hal-hal demikian, polanya dapat berubah bahkan sampai bisa patah trendnya.

Penting Memahami Indeks FTSE dan MSCI

Kedua indeks ini acapkali membuat harga saham berubah, bisa turun atau naik secara signifikan meski itu saham bluechip.

Hal ini dikarenakan adanya outflow atau inflow yang cukup besar, dana itu berasal dari investor asing.

Sehingga ketika kita tidak aware dengan jadwal perubahan komposisi kedua indeks tersebut, biasanya kita akan terkejut atau "nggumun" saat terjadi penurunan atau kenaikan yang signifikan tanpa adanya news yang beredar.

Kesimpulan

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, tentu akan mempermudah PR yang harus anda lakukan, karena informasi perihal pertumbuhan ekonomi, proyeksi ekonomi global, tidak perlu analisa mendalam fundamental bisnisnya, dan sentimen apa saja yang bisa mempengaruhi pergerakan harganya sudah tersedia di berbagai forum ataupun aplikasi gratis.

Sayangnya, dengan profil resiko yang rendah potensi cuan yang ditawarkan juga terbilang rendah, dan ini memang sejalan.

Sebagaimana pepatah lama mengatakan bahwa
High Risk High Return

Sehingga low risk low return memang cocok di saham-saham bluechip ini.

Bukan seberapa besar potensi return yang ditawarkan, tapi resiko yang terkendali dan pertumbuhan portofolio yang sustainable adalah fokus utama para trader.