Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PPRO dalam Koreksi Normal Saat IHSG Koreksi Dalam

ppro

Saat ini saham PPRO telah kembali diperdagangkan semenjak tidur nyenyak di angka 50 dalam 8 bulan. Kenaikan harganya pun begitu cepat, karena dalam beberpa hari saja harga PPRO menyentuh level 100 rupiah perlembarnya.

Dengan kenaikan yang begitu cepat di saat IHSG Bullish, maka wajar jika PPRO mengalami koreksi minor.

Koreksi ini bertujuan agar trend kenaikan PPRO terjaga sehingga tidak rapuh dan dapat bullish dalam jangka menengah.

PPRO saat ini sebagian besar sahamnya masih digenggang oleh Jiwasraya dan Asabri. PPRO juga dikenal dengan pergerakan harganya yang begitu liar, sehingga mereka yang tidak terbiasa dengan pergerakan harganya, akan dengan mudah terkecoh dan berakibat mengalami Cut Loss.


Fundamental dan Isu

Tidak ada kabar baik soal fundamental PPRO. Karena berdasarkan laporan keuangan Kuartal II 2020, pendapatan PPRO telah mengalami penurunan sedangkan beban mengalami kenaikan.

Sudah tentu margin kotor PPRO tergerus sangat dalam, sehingga di proyeksikan tahun ini PPRO secara kinerja telah jeblok.

Namun penguatan rupiah atas dollar yang diinisiasi atas kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS nampaknya menjadi katalis positif serta adanya penurunan BI rate beberapa waktu lalu membuat emiten properti dan konstrukse serta emiten yang memiliki eksposur utang USD, mengalami kenaikan.

Sampai saat ini sentimen penggerak PPRO adalah keduanya.

Namun mengingat PPRO ini sebagian besar dimiliki Jiwasraya dan Asabri, serta pernah menjadi mainan mereka berdua, maka sudah sewajarnya jika pasar menganggap bahwa pergerakan PPRO lebih dilakukan oleh para market maker.

Teknikal

Secara teknikal, PPRO berada pada titik kritis, dan jika iresisten ini jebol, maka harga saham PPRO diproyeksikan akan mengalami kenaikan.

Setelah mengalami kenaikan yang sangat tinggi nan cepat hingga menyentuh level 116 per lembar, kini harga PPRO koreksi namun dengan volume yang relatif kecil, dan ini adalah koreksi wajar.

Lalu kenapa harga PPRO mengalami koreksi?

Perhatikan Chart berikut ini

chart ppro

Saat ini PPRO terhalang oleh garis resisten ke dua, dimanna level 100-110 menjadi resisten kuat. Selain itu, PPRO juga saat kemarin sudah masuk area support demand di masa lalu, yang mana area tersebut menjadi area kuat baik sebagai support maupun resisten.

Maka jika area tersebut nantinya dapat tertembus olehnya, potensi PPRO menyentuh level 170.

Lalu bisakah kita masuk ke PPRO saat ini?

Jawaban ini relatif, namun kita paai Fibonaci saja biar mudah melakukan proyeksi. Lihat chart berikut ini

chart ppro

Saat ini level support PPRO berdasarkan fibonacci adalah 91, 83, dan 75.

Dengan volume transaksi yang begitu besar beberapa waktu kemarin, maka kemungkinan besar untuk menuju ke level 75 sangatlah kecil.

Sehingga ketika level 91 tertembus, maka support kuatnya ada di 83. Namun tetap perhatikan volume perdagangan PPRO.

Jika dalam masa koreksi ni volume cenderung turun, maka potensi untuk masuk dan harga kembali merangkak naik cukup tinggi, karena pola ini termasuk keeedalam pola uptrend.

Disisi lain memang volume transaksi disaat PPRO koreksi memang cenderung turun.

Apakah ini peluang?
Cloud Hosting Indonesia