Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Trading Saham Online Modal Kecil Untuk Trader Pemula

trading saham modal kecil

Siapapun yang terjun di dunia saham, sudah tentu menginginkan keuntungan yang maksimal dan konsisten. Selain itu, mereka juga memiliki impian besar berupa trading for living atau memenuhi kebutuhan hidup hanya dari hasil trading saham saja.

Keinginan tersebut memanglah lumrah apalagi trading saham dikatakan pekerjaan yang mendekati sempurna dengan beragam kemudahan yang ditawarkan.

Namun bagaimana jika ternyata modal trading kita masih kecil, masih dibawah 50 juta, atau bahkan dibawah 10 juta. Tentu ketika mendapatkan keuntungan yang tinggi, misalkan 20%, maka ia hanya mendapatkan profit sebesar 2 juta saja.

Berbeda dengan mereka yang memiliki modal 100 juta atau bahkan 1 miliar. Dengan profit segitu, mereka sudah mengantongi keuntungan 20 juta sampai 200 juta rupiah.

Meski begitu anda tidak perlu khawatir karena modal kecil, asalkan anda tekun belajar, membuat planning yang matang, pelaksanaan trading yang disiplin serta evaluasi yang setiap waktu, lambat laun akan membuat trading anda berkualitas dan konsisten, dan sudah tentu akan membuat modal anda menjadi lebih besar dan terus membesar dalam kurun waktu tersebut.

Berikut adalah sekelumit tips yang bisa anda gunakan, saat modal trading anda kecil namun dalam jangka panjang anda ingin trading for living atau sekedar bisa membeli sesuatu cukup dari cuan saham saja.


Tips Trading Saham Modal Kecil

Jangan Suka Melihat Porto Trader Lain

Seringkali jika anda mengikuti grup-grup saham, anda akan melihat porto trader lain bahkan akan membuat anda ngiler karena melihat betapa besar modal mereka.

Tidak salah memang anda memiliki harapan agar modal saham mencapai nilai tersebut, yang salah adalah anda cuma berharap tapi tidak action.

Modal kecil juga memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan yang bermodal besar, karena sekali mengalami kerugian, bisa jadi yang bermodal besar akan kesulitan untuk tidur nyenyak atau sekedar ngopi dan bercanda gurau dengan keluarga.

Mulai saat ini, jangan terlalu sering melihat porto orang, fokuslah pada peningkatan protomu sendiri.

Konsisten Dengan Trading Plan Anda

Buat sebuah perencanaan yang baik, misal tahun ini dengan melihat outlook anda mencoba memberikan target tersendiri untuk porto tumbuh 50% dalam setahun.

Memang tidak mudah mencapai pertumbuhan tersebut, tapi tidak ada yang salah dengannya. Karena dengan begini akan memaksa anda untuk terus berfikir dna belajar, bagaimana caranya agar anda bisa mencapainya.

Dan jangan suka iri dengan porto orang, apalagi melihat cuan di saham tertentu membuat anda menjual saham yang sudah dibeli yang telah melewati proses trading plan terbaik menurut anda, kemudian membeli saham seperti dalam porto trader tersebut.

Itu awal bencana.

Ingat, sejelek apapun trading plan anda, itu adalah yang terbaik bagi anda saat ini. Karena dengan kejadian tersebut, anda akan belajar kesalahan apa yang telah anda lakukan dalam membuat perencanaan trading.

Buatlah Sesimpel Mungkin

Jika anda sudah membuat trading plan, disiplin dan konsistenlah. Karena dengan berjalannya jam terbang, anda akan semakin mahir dan bagus dalam mengambil keputusan.

Ingatlah bahwa beban psikologis dalam pengambilan keputusan bagi setiap trader itu berbeda. Namun dalam banyak hal, trader yang bermodal besar berpeluang memiliki beban psikologis lebih besar dibandingkan yang bermodal kecil.

Tentu ini menguntungkan anda.

Maka buatlah semua sesimpel mungkin, dan anda mudah dalam melaksanakannya.

1 Jurus Lebih Baik Dari Pada 1000 Jurus asal Dilakukan Berulang Kali

Sama seperit dalam banyak hal, menguasai satu bidang atau biasa kita kenal sebagai spesialis, maka bayarannya akan semakin tinggi karena mereka memiliki peluang sukses dalam melaksanakan sebuah projek jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki banyak keahlian.

Dalam trading, anda tidak wajib menggunakan banyak indikator, namun sebaiknya anda gunakan saja indikator yang mudah, simpel, anda memahaminya, cocok dengna gaya anda, dan memiliki winrate yang bagus dalam trading anda selama ini.

Semakin mudah indikator yang anda pakai, dan semakin seirng anda gunakan, akan berpeluang membuat trading anda menghasilkan keuntungan yang konsisten dalam jangka panjang.

Sehingga ketika modal anda besar di kemudian hari, anda sudah siap dengan segala sesuatunya untuk menghadapi pasar.

Maka startegi trading atau investasi yang nyaman bagi anda dan simpel, akan lebih berdampak pada pertumbuhan porto anda.

Gunakan Efek Bola Salju

Pernahkah anda memikirkan compound interest? Jika ia, teknik tersebut tidak hanya bisa digunakan dalam investasi saja, tapi juga dalam trading.

Bahkan dalam kondisi tertentu anda bisa melakukan Magic Compounding yang akan menghasilkan pertumbuhan porto jauh lebih besar dibandingkan teknik compounding biasa.

Untuk model compounding sendiri adalah cuan yang anda hasilkan dalam trading dimasukan kembali dalam modal untuk membeli saham lainnya. Sehingga ketika menghasilkan keuntungan, maka raihan profitnya lebih besar jika anda hanya menggunakan modal dasar saja.

Namun, ketika anda terlalu terobsesi dengan teknik ini, maka anda bisa masuk kedalam jurang bahay yang bernama Over Trading.

Over Trading ini sangat membahayakan bagi porto dan psikologis anda, untuk itu ketika anda menghasilkan keuntungan atau kerugian dalam banyak trade dan dalam waktu yang relatif singkat, berhentilah untuk sementara dari aktifitas trading, agar pikiran dan hati kembali normal.

Kesimpulan

Tidak masalah jika modal anda masih kecil, namun anda harus berkomitmen untuk menumbuhkan porto dengan belajar dan evaluasi setiap hasil trading yang anda peroleh.

Karena percuma saja anda terus belajar namun tidak pernah melakukan evaluasi, yang pada akhirnya tidak akan tahu penyebab anda mengalami kerugian atau tidak mampu mengoptimalkan keuntungan.