Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trading For Living Dalam Saham

trading for living

Pengertian Trading For Living

Secara harfiah trading for living adalah bertahan hidup dengan hasil dari aktifitas trading saham, forex, atau komoditas. Trading for living sendiri bisa diartikan sebagai hidup dari trading saham, jadi hanya mengandalkan cuan dari trading saja.

Mudahnya trading for living adalah tercukupinya kebutuhan hidup seseorang plus gaya hidupnya dari hasil trading (jual beli) instrumen investasi, dalam hal ini lebih fokus pada instrumen saham.

Apakah itu bisa? Tentu bisa.

Siapa yang bisa mencapainya? Siapapun.

Apakah sulit untuk mencapainya? Tergantung, karena ada banyak faktor.

Saya yakin hampir semua trader menginginkan hal ini, dikarenakan trading adalah pekerjaan yang hampir sempurna dan menjadi idaman setiap pekerja.

Bagaimana tidak! Waktu kerja yang fleksibel, tempat kerja dimanapun bisa selama ada perangkat Smartphone yang terkoneksi dengan internet, tidak ada bos, dan tidak ada target.

Semua semau kita sendiri.

Mau kerja atau tidak, itu bebas! Mau kerja mulai jam berapapun, tidak akan ada yang memarahi anda.

Jika anda melihat para trader sukses dengan trading for living nya, motivasi anda pasti bertambah, apalagi mendapat petuah darinya, pasti lebih bersemangat.

Tapi ingat, mereka mencapai itu dengan penuh perjuangan dan pengorbanan.

Untuk itu, bagi anda yang menginginkan trading for living, persiapkan mulai dari sekarang, jika waktunya nanti tiba, anda sudah siap untuk menjalaninya.

Jangan Berharap Lebih

Ingin Cepat Trading for Living? Berbahaya!

Bagi trader pemula, memiliki impian trading for living sangat tidak direkomendasikan, karena bisa berbahaya pada motivasinya.

Hal ini membuat ia berpikir praktis, dimana hanya bermodal hitungan matematika diatas kertas, mereka berani bertaruh dan berambisi mencapainya dalam waktu relatif singkat.

Trading for living itu tidak hanya soal modal saja yang harus besar, tapi juga kematangan psikologis yang terasah dengan baik, yang hanya bisa dicapai dengan jam terbang yang cukup.

Jika hanya bertumpu pada modal besar, seharusnya mereka yang pertama kali terjun di saham dengan modal diatas 100 juta sudah bisa merasakan ini dong?

Tapi faktanya banyak yang jomplang dan babak belur, bahkan habis modal.

Bagi anda yang bermodal cekak, jangan berputus asa!

Ketika trading anda bagus dan teruji dalam waktu yang panjang, saya yakin porto anda tumbuh dan secara perlahan anda sudah siap untuk menjalani trading for living ini.


Siapa Saja yang Boleh Mencapainya?

Siapapun bisa mencapainya! Tidakk harus mereka yang bermodal besar.

Tapiii... yang bermodal cekak harus ekstra sabar dan ekstra kerjanya ya!

Karena trading for living juga berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup anda dan keluarga.

Jadi jika anda bermodal cekak dan ingin trading for living, lupakan!

Tidak ada manfaatnya anda memikirkan hal itu sekarang.

Begitu juga anda yang bermodal besar! Lupakan dulu trading for living, perbaiki kualitas trading anda.

Pertahankan konsistensi pertumbuhan porto dalam jangka waktu yang panjang. Baru boleh memikirkannya. 😉

Di saham itu sama seperti kehidupan, kadang diatas kadang juga dibawah. Tapi sulit untuk naik turun bergantian dengan cepat.

Mengapa Trading for Living

Mengapa?

Seperti yang disebutkan diatas, ini pekerjaan yang hampir sempurna yang ada di dunia ini.

Anda bangun tidur langsung kerja di dalam kamar, OK! Tidak perlu mikir pakaian kerja yang masih basah.

Anda tidur seharian pun juga enggak masalah. Bahkan mau anda tinggal mancing pun tidak ada yang melarang.

Istilahnya, most perfect lah pokoknya.

Anda profit dalam seminggu, setelah itu anda tinggallkan trading 3 minggu kedepan juga tidak masalah.

The Dream Job lah....

Ngiler karena pengen cepet trading for living? Pasti.

Karena kita tidak perlu lagi bertarung dengan kemacetan, dengan Bos yang galak, dengan rekan kerja yang julid, atau dengan deadlines yang sangat menyebalkan.

Apa Motivasimu?

Pikirkan apa yang membuatmu ingin mencapainya?

Putuskan motivasi terbaikmu untuk menggapainya.

Jika tidak, ketika ditengah jalan anda menemukan jalan yang begitu terjal, anda akan menyerah dan membuang semua mimpi tentang pekerjaan impian tersebut.

Ingat! Impian yang benar akan menghasilkan pencapaian yang luar biasa.

Tapi jika motivasi anda keliru, bersiaplah untuk jatuh sedalam-dalamnya.

Trading for living itu simple kok, ada yang bermodalkan 50 juta dengan bisa konsisten profit 4-9% sebulan sudah OK. Ada lagi yang lebih dari itu, bahkan mungkin ada yang kurang dari itu.

Pengukurannya akan berbeda bagi setiap trader, namun standar pencapaiaannya sama untuk semua.

Standarnya adalah "kebutuhan dan gaya hidup terpenuhi dan tidak berubah baik sebelum atau sesudah trading for living".

Jika anda bisa mencapainya, tidak peduli berapapun modal anda, selamat anda mencapai tahap tinggi dalam bisnis investasi saham.


Hitung-hitungan Matematika

Hitung-hitungan matematika trader awam adalah 

%profit setiap bulan x modal = profit yag ditarik untuk memenuhi kebutuhan

Misalkan trader A memiliki modal 50 jt, dimana ia hanya menargetkan 10% dalam sebulan, yang artinya (secara hitungan kasar) ia sudah bisa profit 5 juta dan dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam sebulan.

Tidak ada yang salah dengan perhitungan sederhana tersebut.

Tapi ingatlah, bahwa yang menggerakan market ada banyak faktor, dan mayoritas selalu diluar prediksi kita sebagai trader.

Mendapatkan profit 10% daam sebulan adalah catatan gemilang bagi trader awam, sekalipun bagi trader profesional, apalagi konsisten setiap bulannya.

Perlu diketahui, market tidak selalu bergerak mengikuti keinginan kita, kitalah yang harus mengikuti pergerakan market mau kemana.

Maka tidak baik jika kita memaksakan untuk selalu profit 10% atau lainnya setiap bulan, karena hal ini dapat membahayakan psikologis dan porto kita sendiri.

Ada banyak faktor yang harus kita perhatikan jika benar-benar berniat untuk trading for living, kita bahas satu persatu dibawah ini.

Cara Untuk Trading for Living

Apa Persiapanmu?

Tanyakan pada diri sendiri apa saja yang sudah anda persiapkan untuk trading for living, modal? tabungan selama satu tahun? dana darurat? atau yang lainnya?

Jangan anggap remeh pertanyaan tersebut, jika modal anda kecil jangan berharap dulu untuk trading for living, setidaknya anda memiliki modal Rp 200 juta dimana jika dalam sebulan anda bisa cuan 3-5% atau sekitar 6-10 juta itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda, maka modal sebesar itu cukup.

Meski begitu anda tetap wajib memiliki dana tabungan yang mana besarannya mampu meng-cover kebutuhan anda minimal 6 bulan kedepan (1 tahun lebih baik). Serta adanya dana darurat yang sudah dipersiapkan untuk mengatasi keperluan mendadak di waktu mendatang.


Jika pada tahap ini ternyata anda belum konsisten menggunakan satu sistem trading serta belum konsisten mencetak cuan, jangan dulu untuk trading for living.

Konsisten cetak profit bukan berarti setiap anda trade anda mendapatkan cuan, namun dalam satu periode tertentu anda selalu mencetak keuntungan berapapun besarannya, misalnya sebulan mampu cetak 3-7%.

Apa Tujuanmu

Tentukan tujuan anda dengan benar, jangan hanya ingin terlihat keren kemudian anda terjuan ke trading for living tanpa ada perhitungan yang matang, anda bisa kewalahan.

Pastikan dahulu tujuan anda.


Sudah Cukupkah Modal yang Kamu Persiapkan

Bagaimana dengan modal anda?

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, anda bisa mempertimbangkan berapa minimal modal yang pas untuk anda sendiri.

Karena anda adalah pemilik dapurnya, ambil keputusan yang terbaik. Karena trading saham modal kecil akan berbeda rasanya dengan yang bermodal besar.  

Pertimbangkan Kembali

Sebelum benar-benar untuk terjun dalam trading for living, pikirkan secara matang-matang, jika bisa mintalah pertimbangan pada mentor anda.

Jika dirasa sudah benar-benar matang, barulah anda masuk ke dalam arena tersebut agar bisa hidup dari trading saham saja.