Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Trading Saham Yang Wajib Kamu Instal

aplikasi trading saham

Aplikasi dalam aktifitas trading kini menjadi hal yang krusial, baik itu untuk aplikasi yang berhubungan secara langsung dengan aktifitas trading setiap hari atau aplikasi pendukung untuk sekedar analisa grafik atau cek berita terkini.

Pada artikel kali ini, kami akan sedikit mengulas beberapa aplikasi penting yang sifatnya utama dan pendukung agar hasil tradingmu menjadi sangat optimal. Dan kabar baiknya aplikasi ini bisa anda instal di smartphone.


Daftar Aplikasi Penting Trader Saham

Aplikasi Trading Sekuritas

Ini merupakan aplikasi wajib untuk transaksi saham. Memang anda bisa menggunakan aplikasi berbasis PC, namun dengan adanya aplikasi yang bisa digunakan melalui smartphone akan sangat memudahkan anda dalam pengambilan keputusan.

Jika anda saat ini belum membuat akun di sekuritas agar bisa berinvestasi saham, saran terbaiknya adalah carilah sekuritas yang menyediakan aplikasi untuk smartphone, karena ini akan sangat membantu anda ketika tidak berada di depan komputer.

Aplikasi trading juga memberikan kemudahan kita dalam melakukan analisa via chart, sehingga tidak perlu lagi berlama-lama di depan komputer untuk mengecek posisi harga saham saat ini.

Tradingview

Aplikasi ini cukup unik dan menyenangkan, serta mudah sekali dalam penggunaannya.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk melakukan analisa teknikal, karena disana terdapat banyak tool yang bisa anda eksplore selayaknya menggunakan Amibroker yang tergolong mahal lisensinya.

Dalam penggunaan tradingview, ada dua opsi, yakni free alias gratis dan berbayar. Keduanya memiliki fitur yang berbeda, namun jika anda hanya membutuhkan untuk analisa teknikal semata, maka anda cukup menggunakan fasilitas yang free saja, dengan cara anda cukup mendaftar untuk mendapatkan akun tradingview.

Kelebihan lainnya adalah, ketika anda melakukan analisa via komputer, kemudian dilain waktu anda membuka via smartphone, chart yang anda olah dapat tampil kembali di smartphone anda secara otomatis.

Stockbit

Merupakan aplikasi forum para trader dan investor. Anda aan berkenalan dengan banyak orang baik trader maupun investor dengan beragam latar belakang.

Disana terdapat trader atau investor ahli dan sukses, sehingga anda bisa menimba ilmu dari mereka secara gratis dan mudah.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan berita terkini seputar emiten di bursa saham Indonesia.

Jika anda menggunakan fasilitas yang berbayar, maka anda akan mendapatkan beragam tools menarik dan sangat membantu anda dalam melakukan analisa saham.

RTI Bussines

Aplikasi ini tergolong sangat populer dikalangan investor dna trader, karena anda bisa melihat data-data emiten tertentu mulai dari profil, fundamental hingga corporate action yang telah atau yang akan datang.

Kemudahan lainnya adalah anda bisa membuat daftar wachlist saham apa saja yang akan ada incar atau daftar saham yang ada di portofolio kita.

Selain itu, kita bisa melihat detail transaksi dari masing-masing saham perihal broker siapa saja yang mentransaksikan saham tersebut.

RTI Analytics

Sedikit berbeda dengan RTI Bussines, aplikasi ini memuat data laporan keuangan secara lengkap mulai dari pendapatan, laba bersih dari tahun ke tahun, hingga arus kas perusahaan, semua tersedia.

Jadi sebelum anda membuka laporan keuangan emiten secara manual, anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menentukan saham apa saja yang masuk kriteria untuk selanjutnya dilakukan analisis yang lebih mendalam.

HQSaham

Aplikasi ini relatif baru, namun manfaatnya luar biasa besar.

Anda bisa melakukan screening saham dengan kriteria tertentu, data fundamental, analisis saham, hingga membuat trading plan secara otomatis.

Hal ini dinilai penting karena akan sangat menghemat waktu anda dan mempercepat dakam pengambilan keputusan.

Selain beragamnya fitur keren tersebut, yang terpenting adalah aplikasi ini gratis (dapat berubah sewaktu-waktu).

Aplikasi Berita Ekonomi dan Bisnis

Trading atau investasi saham sangat memerlukan informasi aktual mengenai perkembangan dunia bisnis dan ekonomi serta regulasi pemerintah.

Untuk itu anda wajib menginstal 1 atau 2 aplikai berita ekonomi, seperti CNBC Indonesia, Kontan, Bisnis, Investor Daily, Katadata, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya informasi yang masuk, anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk menghasilkan cuan dikarenakan info yang anda dapatkan bersifat realtime.


Kesimpulan

Selain keenam aplikasi diatas, masih banyak sekali aplikasi pendukung trading saham, dan anda bisa mengeksplorenya, karean setiap aplikasi memiliki keunggulan tersendiri.

Saya pribadi hanya sering menggunakan aplikasi-aplikasi diatas baik dalam urusan analisis maupun monitoring pergerakan harga saham.

Demikian ulasan singkat mengenai aplikasi trading yang wajib diinstal di smartphone para trader, semoga bermanfaat.
Cloud Hosting Indonesia