Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Jumlah Saham Beredar Pada Laporan Keuangan Perusahaan

cara mencari jumlah saham beredar pada laporan keuangan

Dalam laporan keuangan telah tersedia banyak data yang anda perlukan untuk kebutuhan analisa fundamental, tidak terkecuali mencari jumlah saham beredar sebuah perusahaan.

Didalamnya anda akan disajikan banyak informasi yang berguna sehingga anda tidak akan lagi bingung informasi apa saja yang harus dipelajari sehingga pengumpulan informasi yang anda lakukan untuk keperluan analisis dapat terpenuhi secara optimal.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas sekilas tentang cara mencari jumlah saham bereda pada laporan keuangan perusahaan untuk keperluan analisis fundamental.


Cara Mencari Jumlah Saham Beredar

Pada dasarnya anda bisa mencarinya di berbagai aplikasi yang menyediakan fitur tentang jumlah saham beredar, namun saat anda ingin mencarinya dalam laporan keuangan perusahaan, berikut ini langkah-langkahnya

Download Laporan Keuangan di idx.co.id

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload terlebih dahulu file laporan keuangannya di www.idx..co.id di menu laporan keuangan emiten/perusahaan.

Jika sudah menemukannya, anda buka laporan keuangan tersebut dan carilah bagian ekuitas.

Cari Pada Bagian Ekuitas

Pada bagian inilah anda akan menemukan saham beredar saat ini dari saham tertentu.

Pada contoh kali ini, kami menggunakan saham ACES untuk memberikan contoh lebih detail. Berikut gambarnya

laporan tahunan aces cara mencari jumlah saham bereda di laporan keuangan
Laporan Tahunan ACES 2019


Perhatikan pada kotak berwarna biru pada gambar diatas, pada tanda itulah anda akan menemukan jumlah saham beredar atau biasa disebut sebagai saham ditempatkan dan disetor penuh.

Yang dimaksud dengan modal ditempatkan dan disetor penuh adalah jumlah lembar saham yang telah ditempatkan atau diganti dengan modal dana untuk modal perusahaan beroperasi.

Jadi istilah modal ditempatkan dan disetor penuh adalah saham yang telah dimiliki oleh investor atau owner. Sedangkan yang dimaksud dengan modal dasar adalah jumlah saham yang ditentukan berdasarkan AD ART perusahaan dikala pertama kali dibangun.

Akan selalu ada selisih antara modal ditempatkan dan disetor penuh (saham beredar) dengan modal dasar. Pada umumnya modal dasar lebih banyak, hal ini ditujukan agar nantinya ketika perusahaan membutuhkan modal tambahan, pihak perusahaan cukup menerbitkan saham baru dari selisih keduanya untuk menjadi bagian saham beredar atau modal ditempatkan dan disetor penuh.

Pada laporan tahunan ACES 2019 diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa jumlah saham beredar ACES hingga 2019 adalah sebanyak 17.150.000.000 lembar saham. Selain itu sisa dari modal dasar dikurangi dengan modal ditempatkan dan disetor penuh biasa disebut sebagai saham portepel.
Cloud Hosting Indonesia