Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Trading Saham Modal 1 Juta

cara trading saham modal 1 juta

Trading saham itu bisa dilakukan oleh siapapun dengna modal berapapun, termasuk trading saham dengan modal 1 juta saja. Tidak ada masalah seberapa besar modal anda, karena nantinya ketika habbit yang terbentuk saat modal masih kecil, akan terus berjalan ketika modal sudah besar.

Habbit inilah yang sulit dikendalikan, sehingga hal positifnya bagi para trader modal 1 juta adalah mereka berpeluang besar enata habbit terlebih dahulu sebelum modal semakin besar. Sehingga apa yang mereka kerjakan saat modal kecil atau besar tidak ada bedanya.

Pada dasarnya, untuk saat ini trading saham tidak lagi membutuhkan modal besar, bahkan ada sekuritas yang memperbolehkan melakukan deposit awal cukup dengan Rp 100 ribu saja, maka dengan demikian, trading saham modal 1 juta sudah tentu bisa sekali.

Cara Trading Saham Modal Rp 1 Juta

Ada banyak sekali cara trading dengan modal cekak, dan anda sudah pasti tahu bagaimana rasanya mendapatkan cuan dengan prosentase besar tapi modal minimal. Sudah pasti akan menggerutu "andaikan modalku 100 juta", tapi itu tidak usah dikhawatirkan, karena semuanya memiliki porsi dna waktu yang berbeda.

Berikut adalah cara sederhana bagi anda yang memiliki modal 1 juta namun ingin mencoba trading saham

Tentukan Sekuritas Yang Ingin Digunakan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari sekuritas yang mensyaratkan deposit awal minimum 1 juta atau dibawahnya.

Sekarang sudah banyak sekuritas yangmemberikan fasilitas ini dan anda bisa melakukan riset sederhana tentang sekuritas tersebut.

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan saat melakukan riset adalah sebagai berikut
  • Nama Sekuritas, anda bisa melakukan pengecekan tiga kali yakni di situs sekuritas sendiri, kemudian di situs BEI (Bursa Efek Indonesia) dan pada laporan statistik BEI (untuk melihat apaah sekuritas tersebut memiliki frekuensi transaksi yang tinggi atau tidak)
  • Deposit Awal Minimum, dalam setiap sekuritas suda pasti memiliki website untuk memfasilitasi nasabah dan masyarakat umum terkait berbagai info pada produk mereka, salah satunya terkait dengan persyaratan menjadi nasabah. Disini anda bisa cek berapa modal minimum yang harus ada setor diawal pembukaan rekening saham
  • Fee Transaksi, carilah sekuritas yang memiliki fee transaksi terkecil (termurah) dengan membandingkan beberapa sekuritas yang menurut anda sudah pas untuk menjadi tempat berinvestasi atau trading saham
  • Memiliki Apps Mobile, tidak semua sekuritas memiliki aplikasi mobile, namun jika anda menemukan nama sekuritas yang bagus, deposti awal kecil, fee transaksi kompetitif, dan memiliki aplikasi mobile, sekuritas tersebut sangat layak untuk dipertimbangkan lebih jauh lagi.

Tentukan Apakah Anda Swing, Day, atau Position

Karena pembahasan kali ini adalah fokus pada trader, maka anda harus menentukan apakah anda nantinya menggunakan metode swing trading, day trading atau position trading. Ketiga metode ini baru bisa anda tentukan dengan matang ketika anda sudah trial and error terlebih dahulu selama beberapa waktu untuk kemudian menemukan yang paling nyaman versi anda sendiri.

Dengan menentukan metode ini, anda akan bisa fokus pada pengembangan metode analisis, pengalaman trading dan jam terbang. Ketika semua ini sudah dapat anda lakukan dan konsisten, maka potensi anda untuk konsisten mencetak cuan di bursa semakin besar dan pada akhirnya berefek langsung pada pertumbuhan portofolio.

Pilih Metode Analisis

Antara swing, day dan position memiliki metode analisis yang berbeda, serta tuntutan untuk terus melakukan monitoring terhadap pergerakan harga saham itu sendiri.

Caranya sama dengan poin sebelumnya, anda tentukan tipe trader seperti apa, dan metode analisis apa yang juga nyaman anda gunakan dalam trading.

Ingat, nyaman saja tidak cukup, tetapi harus ditemani dengan memiliki peluang terbaik dalam mencetak cuan (winrate).


Pilih 2-3 Saham Dalam Portofolio

Tidak perlu banyak saham yang harus anda beli dengan alasan diversifikasi, karena bagaimanapun dengan modal sebesar itu porto anda akan sulit tumbuh jika isinya seperti supermarket.

Anda hanya perlu fokus pada 2-3 saham saja, yang nantinya ketika trend kuat anda bisa fokus pada 1 saham paling potensial.

Karena bagaimanapun juga, ketika anda memiliki floating profit 10% dari satu saham All In, akan lebih baik dibandingkan dengan profit 30% dari salah satu 5 saham yang sedang anda pegang.

Tapi jika di awal-awal anda sangat dilarang untuk All In ya, karena berbahaya bagi psikologisnya.

Terus Belajar

Dalam dunia saham, tidak ada kata berhenti belajar. Sama seperti halnya bisnis, dunia saham itu sangat dinamis, anda harus terus melakukan evaluasi perihal pertumbuhan portofolio, metode analisis, trading plan, dan masih banyak lagi.

Jadi jangan berharap dengan sekali belajar lalu anda menghasilkan keuntungan, dan setelah itu anda lempar handuk untuk tidak lagi belajar mengenai perkembangan dunia saham.

Demikian ulasan singkat mengenai cara trading saham modal 1 juta, semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semuanya.