Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cermati Saham Berikut Untuk Minggu Ini : KBLI, WSBP, GIAA, TKIM

saham kbli giaa tkim wsbp

Setelah beberapa minggu IHSG mengalami rally, kini nampaknya kekuatan IHSG mulai melemah, sehingga pada 2 perdagangan sebelumnya, IHSG mengalami koreksi tipis.

Meski begitu, patut dicermati kemana IHSG akan bergerak dalam satu minggu kedepan, karena ini akan berpengaruh pada pergerakan yang masuk kedalam stockpik para trader.

Kami telah melakukan review atas pergerakan IHSG setelah rally ini, anda bisa membaca ulasan tersebut disini.

Meski pergerakan indeks kurang menyenangkan, namun tetap ada saham yang masih memiliki potensi untuk naik tinggi.

Beberapa diantaranya yang akan kami bahas dalam artikel kali ini.


Cermati Saham KBLI, WSBP, GIAA dan TKIM

KBLI

saham kbli
sumber : tradingview

KBLI saat ini berpotensi membentuk pola Inverted H&S, dimana volume yang terjadi selama masa pembentukan pola sangat mendukung. Dan jika KBLI ini break resisten dengan disertai volume yang tinggi, maka target kenaikannya di area 450-480.

KBLI sendiri merupakan saham yang beberapa tahun belakangan sangat populer karena ia merupakan perusahaan yang menyediakan kabel-kabel untuk PLN.

Sehingga dengan proyek 35.000 MW yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi, membuat prosepek KBLI menjadi sangat cerah.

Kini saham KBLI pun belum naik setinggi saham-saham yang lain, karena memang saham ini belum mendapatkan perhatian dari banyak trader dan market maker.

Sehingga dengan mulai terbatasnya ruang kenaikan saham-saham bluechip dan saham-saham leader lainnya, tidak akan lama lagi KBLI akan mendapatkan perhatian dari pasar.


WSBP

saham kbli
sumber : tradingview


WSBP bisa diaktakan terlambat dan tertinggal dibandingkan saham-saham yang berada dalam sektor konstruksi, apalagi induknya yakni WSKT sudah naik sangat tinggi.

Hal ini akan membuat pelaku pasar mengalihkan perhatian ke WSBP selaku anak kandung WSKT yang mana harga sahamnya belum naik signifikan.

WSBP sendiri saat ini membentuk pola Double Bottom dan telah break dengan disertai volume yang tinggi. 

Menariknya adalah kenaikan dari area break belum tinggi, sehingga ruang upside dari WSBp sendiri masih terbuka sangat lebar.

Dengan begitu, WSBP akan bergerak menuju area supplay and demand (kotak hijau) saat akan mengalami kejatuhan di awal tahun ini.

GIAA

saham giaa garuda
sumber : tradingview


GIAA ini bisa dikatakan masuk kedalam saham Mansurmology, itu menurut banyak trader di beberapa forum diskusi. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya Ust Yusuf Mansur yang membeli saham GIAA (endors) sehingga diikuti oleh para followersnya.

Ada beberapa saham yang masuk kategori tersebut, dan beberaa diantaranya sudah naik tinggi. Namun fenomena ini tidak jauh berbeda dengan disebarkannya berita dan foto investor legendaris Indonesia yakni Lo Kheng Hong atau LKH hanya untuk menaikkan harga saham saja.

Metode tersebut memang tidak memiliki bukti empiris dapat digunakan untuk melakukan analisa, namun fakta dilapangan, beberapa saham yang di (paksa) endors menggunakan nama, foto atau sejenisnya, memang dapat bergerak naik.

Terlepas dari itu semua, GIAA saat ini membentuk pola Bullish Flag dan sudah confirm dengan disertai volume yang tinggi. Potensi pergerakan harga saham GIAA juga cukup tinggi, selain karena pola yang terbentuk sangat bagus, juga saham ini masuk kategori saham gorengan berkelas (bedas eperti MYRX, SIAP, TRAM, BUMI dsb).

TKIM

saham tkim kertas
sumber : tradingview

TKIM ini pernah populer dimasanya, yakni rentang tahun 2017-2018 dimana ia mampu mengalami kenaikan yang sangat signifikan dalam tempo yang cukup singkat, yakni dari 1000an hingga menyentuh 13000an hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Saat ini TKIM kalah pamor dibandingkan dengan saham-saham lain, sehingga jarang sekali dibahas dalam beberapa forum diskusi trader dan investor, sehingga luput dari perhatian.

Namun saat ini TKIM sendiri membentuk pola inverted H&S dengan target kenaikan 10rb atau area kotak biru.

Saat ini TKIM telah naik tinggi dari area breakoutnya, sehingga jika kita memilih masuk saat ini sudah tidak lagi rekomended, karena resikonya sudah terlalu tinggi.

Namun di area 8000an ada resisten kuat yang dapat menahan laju saham TKIM untuk sementara waktu, dan jika ini berhasil maka harga saham TKIM akan mengalami pullback sebelum melanjutkan kenaikan.

Pada saat pullback itulah peluang kita untuk masuk, sehingga saat ini dilarang masuk TKIM karena sudah masuk kategori gambling dengan tingkat resiko yang tinggi.

Lalu bagaimana jika tidak terjadi pullback?

Ya tinggalkan saja, toh masih banyak saham potensial lainnya di masa bullish IHSG kali ini.