Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IHSG Berpotensi Koreksi Setelah Rally

ihsg indeks harga saham gabungan

IHSG kini telah mencapai titik dimana ia mendekati level awal tahun 2020, yang artinya bahwa kenaikan dari titik low hingga saat ini sudah sangat luar biasa. Tentu dengan kenaikan IHSG yang hebat ini ada banyak trader yang mendapatkan cuan melimpah, tak tanggung-tanggung ada yang mencapai 100% dari satu saham saja.

Tentu ini akan menjadi euforia yang akan sulit dihilangkan. Namun tahukah anda bahwa kenaikan IHSG saat ini mulai kehilangan kekuatannya, dan berpotensi melemah. Hal ini dikarenakan IHSG sudah berada di area supplay demand IHSG yang sangat kuat sejak 2018 silam.

Tentu mengingat demikian, kita tidak boleh menganggap enteng area ini. Jika anda saat ini sedang memiliki saham yang sedang di hold, anda mungkin mulai berfikir untuk mengurangi posisi karena posisi IHSG ini, dan itu wajar-wajar saja.


Koreksi IHSG Menunggu Waktu

Untuk menunjukan bahwa IHSG rawan terjadi koreksi dalam waktu dekat, perhatikan chart berikut ini

ihsg indeks harga saham gabungan

Pertama, perhatikan kotak berwarna merah.

Kotak tersebut merupakan area supplay demand IHSG dalam rentang waktu 3 tahun kebelakang, dan beberapa kali menjadi area support kuat, sehingga perlu sampai 2020 untuk dijebol. Dan kini kenanikan IHSG yang luar biasa di beberapa bulan belakang, membuat IHSG mendekati level tersebut.

Mengingat kekuatan area tersebut, maka IHSG sudah kepentok resisten, apalagi saat ini sentimen positif juga jarang terdengar, selain vaksin yang mana banyak negara mulai menyuntikannya pada warga mereka.

Kedua, perhatikan garis kuning tebal. Itu merupakan garis chanel atas (saya lupa tidak membuat yang bagian bawah). Dimana IHSG saat ini telah keluar dari area tersebut, sehingga wajar jika nantinya IHSG untuk masuk kembali ke area chanel.

Ketiga, perhatikan kotak berwarna biru, itu merupakan area resisten yang telah ditembus IHSG dan kini berubah menjadi support kuatnya. Dan peluang IHSG menuju area tersebut cukup besar.

Saya pribadi meyakini bahwa IHSG akan bergerak mendekati area tersebut, untuk melanjutkan trend berikutnya.

Karena potensi recovery ekonomi baik dalam negeri maupun dunia kini mulai nampak dengan hadirnya vaksin untuk menanggulangi Covid ini, maka sudah seharusnya IHSG berada di area yang sama dengan awal tahun 2020 ini.

Namun karena kenaikan IHSG alias Indeks Harga Saham Gabungan yang sudah begitu kencang, membuat ia butuh waktu alias istirahat sejenak untuk kembali jalan.

Support IHSG saat ini di area 5400-5500.


Selanjutnya, berdasarkan Fibonacci, maka akan keliatan support kuat IHSG.

Berikut Chartnya

IHSG indeks harga saham gabungan

Jadi mulai saat ini kita perlu lebih waspada karena kenaikan yang tinggi juga berpotensi membuat penurunan yang besar pula.

Untuk itu sebaiknya, pasang trailing stop pada sahan-saham anda.
Cloud Hosting Indonesia