Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Investor dan Trader Angkatan Corona

mengenal trader dan investor bursa saham indonesia angkatan corona

Terdengar aneh emang judul artikel kali ini, namun itulah faktanya. Pada beberapa grup diskusi trader dan investor saham ada istilah tersebut, yakni trader-investor angkatan corona.

Hal ini merujuk pada meningkatnya jumlah investor di Bursa Saham Indonesia yakni IHSG yang mengalami peningkatan jumlah sebanyak 42% dibandingkan dengan 2019 silam.

Dilansir dari Bursa Efek Indonesia  dimana sampai 19 November 2020 ini sudah tercatat sebanyak 3,5 juta investor dan ini tentu kabar bagus bagi pasar modal kita untuk menjadi tuan rumah sendiri di pasar keuangan.

Namun ada yang menarik, yakni peningkatan ini terjadi pada saat pandemi COVID19 terjadi atau pada saat ekonomi mengalami resesi yang mana mayoritas orang akan mengurangi spending mereka, termasuk membuka usaha baru.

Seperti yang kita ketahui bursa saham itu sangat kejam, ia tidak mengenal apakah anda seorang pengusaha ataupun pensiunan. Selama anda tidak mengerti kemana maunya market, maka dana anda akan dimakan tanpa belas kasihan.


IHSG dalam Masa Pandemi

Saat ini IHSG belum mencapai level yang sama saat sebelum terjadinya pandemi, namun arah bursa sudah mulai terlihat mulai rebound dan menuju arah level tersebut.

Bagi trader atau investor yang masuk pada saat bursa berada pada titik tertendahnya dan kini merasakan cuan atau profit, maka itu adalah rejekinya. Namun jika muncul perasaaan "ternayata mencari uang di bursa itu mudah", maka pernyataan itu Bullshit.

Peringatan keras bagi anda jika mengatakan demikian, karena dalam beberapa tahun mendatang anda akan terlempar dari bursa.


Jika saat ini anda merasa mudah mendapatkan uang dari bursa itu karena IHSG sudah drop dan ia kembali recoveri, sehingga saham sejelek apapun fundamentalnya akan tetap naik.

Anda beli saham properti, lalu anda tinggal tidur pun bisa cuan. Ibarat pepatah lama, seekor monyet pun pandai mendapatkan uang saat IHSG Bullish.

Keunggulan Trader Tipe Ini

Mereka merasakan IHSG Bullish setelah drop dan menghasilkan cuan lebih gampang dibandingkan membuka usaha riil. Itu memang benar, tapi anda harus ingat, bursa tidak akan selamanya seperti ini.

Kondisi IHSG yang bulllish seperti sekarang setelah jatuh sangat jarang terjadi kecuali ada penyebab yang luar biasa seperti pandemi, krisis keuangan, resesi, atau terjadi peperangan.

Perlu sesuatu yang besar terjadi baru kondisi seperti sekarang dapat kembali terulang.

Maka bagi anda yang masuk IHSG saat bursa mulai bullish atau drop di bawah, maka rejeki yang anda dapatkan adalah jatah anda dari Allah SWT, tapi itu tidak bisa mewakili bahwa mencari uang di bursa saham itu mudah.

Maka nikmatilah cuan yang anda dapatkan hari ini, manfaatkan dengan baik dan jangan sampai hilang kembali. Lalu modal yang sudah anda pakai untuk trading atau investasi saat ini, sebaiknya anda tarik kembali untuk ditabung dan pakailah hasil dari saham tersebut untuk terus bertahan di bursa dan berkembang.

Yakinlah, percaya dengan apa yang saya katakan. Saat semua berubah, roda berputar, maka anda akan mengeluh, karena meskipun kita menemukan saham bagus baik secara fundamental maupun teknikal, ia tetap akan turun apapun alasannya.

Disaat itulah kondisi "horor" mulai terjadi, tidur menjadi kurang nyenyak, makan jadi tidak enak.

Bisa dikatakan bahwa keunggulan anda saat ini adalah "rejeki dari Nya" bukan murni keahlian dalam trading atau investasi. Jadi manfaatkan sebaik mungking.


Kelemahan Trader Angakatan Corona

Kelemahan utamanya adalah belum teruji di bursa saham dalam waktu tertentu, itu saja.

Sehingga nikmatilah bull IHSG saat ini, ambil keuntungan dan modal yang anda setor saat membuka akun rekening, sisakan sedikit untuk proses belajar dan berkembang di bursa.

Jika nantinya sudah siap dan memiliki trading sistem atau investment plan yang tetap dan profitable, maka anda bisa menaikkan modal inti anda lagi, dan setelah itu saya ucapkan selamat, anda hebat.

Sudah membaca artikel rekomendasi saham dari kami? jika belum, anda bisa membacanya disini.
Cloud Hosting Indonesia