Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PTRO Dalam Pola Cup and handle, Berpeluang Break dengan Target

saham ptro

Saham batubara kini masih menjadi primadona dalam fase bullish akhir tahun ini. Sudah banyak saham sektor ini yang mengalami kenaikan yang tinggi, salah satu yang fenomenal adalah INDY.

Jika dihitung dari titik low pada tahun 2020 ini, maka kenaikan INDY sampai pada saat ini yang telah menyentuh level 2000an sudah mencapai 5x lipat kurang dari satu tahun.

Ini berarti sektor batubara menjadi leader dengan kenaikan yang fantastis diikuti oleh sektor-sektor lainnya.

Jika anda merasa telah ketinggalan kereta dari saham-saham batubara karean telah naik tinggi, harus anda urungkan saat ini juga.

Karena ada satu saham anak usaha dari INDY yang masih berpotensi memberikan cuan lebar dalam beberapa waktu mendatang.

Idealnya adalah saat induknya naik tinggi, maka anak usahanya pun akan turut serta meski tidak setinggi kenaikan induknya tersebut.

Saham tersebut adalah PTRO.


PTRO dalam Pola Cup and Handle

Saat ini pola yang berpeluang terbentuk pada PTRO adalah Cup and Handle. Sebagaimana yang kita ketahui, CnH adalah kelanjutan atau continuitas pada sebuah fase trend. Sehingga, dengan confirmnya pola ini nantinya akan membuat PTRO berpeluang mencetak high baru dan cuan bagi para pemegangnya.

Berikut chart dan potensi pola yang akan terbentuk

saham ptro tambang batubara
Sumber : Tradingview

NB : chart diambil setelah sesi 1 8 Desember 2020

Dengan potensi pola tersebut, membuat PTRO cukup berpotensi untuk break dan melanjutkan kenaikannya.

Apalagi sang induknya yakni INDY sudah naik tinggi bahkan pada saat artikel ini ditulis, INDY sempat menyentuh level 2000. Dimana level tersebut adalah harga INDY sebelum pandemi.

Kenaikan harga batubara pada saat ini menjadi katalis utama pergerakan saham pertambangan batubara, dan PTRO yang merupakan perusahaan kontraktor tambang berpotensi mendapatkan berkah dari kenaikan harga komoditas tersebut.

Selain mendapatkan kontrak dari induknya sendiri yakni INDY, PTRO juga berpeluang mendapatkan kontrak tambahan dari perusahaan batubara lainnya di Indonesia.

Dengan bergitu, dorongan kenaikan PTRO sudah dirasa cukup dan kita lihat saja apakah pola ini akan terbentuk sempurna atau malah terjadi false break.

Target Harga

Untuk target kenaikan PTRO sendiri cukup menarik, karena berada di area 2600-2700. Tentu dengan harga saat ini di 2100 maka terdapat opotensi upside 24-28%.

Berikut adalah chart target harga PTRO

saham ptro batubara
Sumber : tradingview


Target tersebut mendekati harga tertinggi PTRO pada 2018 silam, sehingga resisten kuat PTRO nantinya di area tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah potensi koreksi dari IHSG, dimana setelah mengalami rally yang panjang, maka koreksi sangat rawan terjadi.

Ketika IHSG nanti koreksi, maka potensi pola ini gagal terbentuk menjadi cukup besar. Maka dari itu pastikan level stoploss anda. 

Support kuat PTRO sendiri ada di 2000, dan ini adalah support kuat karena selain support teknikal juga support psikologis.