Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saham BBCA Berpotensi Melanjutkan Kenaikan, Break All Time High

saham bank bca kode bbca

Pergerakan bursa yang saat ini dalam fase uptrend membuat semua saham bergerak positif dan memberikan return yang luar biasa dalam waktu yang relatif singkat.

Beberapa saham Bluechip yang selama ini menjadi idaman investor Indonesia pun bergerak demikian, namun nampaknya harus menahan keinginan mendapatkan cuan lebih lebar lagi, karena saat ini saham tersebut sedang dalam fase konsolidasi di area resisten.

Saham tersebut adalah BBCA atau Bank BCA, dan saham ini jika sukses break di area resist tersebut berpeluang untuk test resist ATH atau resist kuat sepanjang masa, untuk selanjutnya dapat break All Time High.

Tentu ini menjadi peluang terbaik untuk para pemegang sahamnya, namun apakah peluang tersebut memiliki potensi yang besar untuk terjadi atau malah kebalikannya, kembali turun dan sideways dalam waktu lama.


BBCA Berpotensi Break All Time High

Kinerja Fundamental

Secara fundamental BBCA tidak ada masalah sama sekali, meski disaat pandemi rupanya pendapatan BBCA masih mencatatkan kenaikan sebesar 3%, namun laba bersih BBCA sendiri hanya tergerus 4% saja.

Ini menandakan bahwa pandemi COVID-19 ini tidak banyak mempengaruhi bisnis utama dari Bank BCA tersebut. Meski terdapat keuntungan dari perdagangan transaksi yang cukup besar, namun kinerja BBCA masih dinilai outperform.

Disisi lain, arus kas perusahaan juga masih sehat meski terdapat kerugian financial yang diyakini karena pandemi ini. Namun yang pasti akan naik seiring dengan pulihnya indeks dan perekonomian Indonesia.


Teknikal Harga Saham BBCA

Jika secara fundamental kinerja BBCA bisa dikatakan outperform mengingat saat ini adalah masa pandemi, maka secara teknikal harga BBCA juga menyimpan potensi yang sangat besar.

Terdapat satu pola yang kemungkinan berhasil, dan pola ini bersifat continuitas atau kelanjutan dari trend sebelumnya.

Pola tersebut adalah Cup and Handle.

Pola ini memiliki peluang yang sangat tinggi jika confirm, dan apabila benar-benar confirm maka BBCA akan tes resisten All Time High dan berpotensi mencetak harga saham pada level terbaru.

Perhatikan chart saham BBCA berikut 
harga saham bbca bank bca
Sumber : tradingview

Seperti pada gambar diatas, resisten kuat BBCA ada pada 35000an, dan jika berhasil ditembus maka target BBCA berada di 37000 s/d 40000.

Volume selama pembentukan pola cukup bagus, hanya perlu menunggu confirm dari pola ini.

Hanya ada satu yang mengganjal dan ini berpotensi merubah bentuk polanya, yakni potensi koreksi IHSG.

Saat ini IHSG sudah naik sangat tinggi dalam waktu yang relatif singkat dan ini membuat base IHSG sudah jauh. Sudah saatnya IHSG membuat base baru untuk naik lebih tinggi mencapai level 6000an.

Untuk itu, karena status BBCA ini adalah saham bluechip dan memiliki korelasi positif terhadap pergerakan indeks, maka koreksi IHSG nanti bisa membuat pola berubah.

Namun berdasarkan data diatas, BBCA sudah waktunya untuk break All Time High.

Untuk target seperti yang dikatakan diatas, anda bisa melihat chart berikut unutk lebih jelasnya
chart harga saham bbca
Sumber : Tradingview

Sentimen

Beberapa sentimen yang bakal berpengaruh pada harga saham BBCA adalah sebagai berikut 
  • Pergerakan Indeks
  • Suku Bunga Acuan BI yang rendah
  • The Fed
  • Pemulihan Ekonomi
  • Penanganan Covid-19 oleh pemerintah
Saat ini penanganan Covid -19 adalah yang paling berpengaruh pada IHSG termasuk pada BBCA, untuk itu penting selalu update terhadap informasi terkini pada penanganan pandemi.

Suku bunga acuan yang rendah untuk saat ini memang memiliki dampak negatif pada kinerja keuangan BBCA dalam jangka pendek, namun jangka panjangnya akan lebih bagus karena dapat mendorong peningkatan perekonomian dan pertumbuhan penyaluran kredit perbankan.

Kesimpulannya adalah bahwa dorongan positif untuk saham BBCA ini sudah cukup untuk membuatnya menembus resisten, tinggal bagaimana market meresponnya. Untuk itu monitoring dan sesuaikan dengan plan anda masing-masing.