Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saham EXCl Bersiap Untuk Upside Tinggi

saham-excl-telekomunikasi

Sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia, EXCL tidaklah bisa dianggap sebelah mata, terutama tekat mereka untuk Go 5G. Banyak langkah kongkrit yang mereka lakukan, salah satunya adalah menjual aset berupa BTS yang mana tujuannya adalah untuk membangun BTS 5G kedepannya.

Saat ini teknologi 5G menjadi impian para pengguna internet dengan kecepatan download dan uploadnya, yang mana kecepatan transfer datanya jauh lebih cepat ketimbang jaringn 4G yang kita gunakan sekarang ini.

Dengan begitu, masa depan EXCl sebenarnya masih cukup cerah dengan kesiapan mereka menyongsong teknologi terbaru terkait telekomunikasi. Dan kini harga saham EXCL pun kembali menarik. Berikut ulasan selengkapnya


EXCL Berpotensi Menguat Tinggi

Fundamental

Dari sisi fundamental EXCL sebenarnya sama dengan kondisi emiten di bursa pada umumnya, mencatatkan penurunan kinerja dari bisnis murninya. Hanya saja, laporan keuangan EXCL saat ini tergolong bagus dan mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2019.

Hal ini terjadi karena adanya pendapatan yang berasal dari penjualan menara-menara BTS yang dimiliki oleh EXCL. Dan pendapatan jenis ini tidak bisa terulang lagi dimasa yang akan datang.

saham excl

Bisa anda perhatikan pada lingkaran warna biru diatas, peningkatan dari pendapatan lain-lain ini mampu membuat laporan keuangan EXCL menjadi sangat bagus.

Dengan data tersebut, maka EXCL seharusnya sudah punya cash yang banyak dan tentu ini menjadi sentimen positif bagi EXCL.
 

Teknikal dan Trading Plan

saham excl
Sumber : tradingview

Saat ini berada dalam fase dowontrend (jangka panjang), namun kondisinya sudah membaik. Pada perdagangan terakhir EXCL mengalami kenaikan signifikan lebih dari 6% dengan volume yang jauh lebih besar dibandingkan dengan volume perdagangan harian sebelumnya.

Dengan kondisi tersebut dan candle terakhir breakout dari level resistennya, maka EXCL berpotensi menuju area 3000 untuk kemudian lanjut ke 3200-3400.

Pola EXCL saat ini yang terbentuk adalah Inverted Head and Souldier dimana pola ini adalah pola reversal dari trend yang terjadi. 

Dengan kondisi candle terakhir breakout disertai volume yang tinggi, maka sudah sewajarnya EXCL untuk terbang dan mengikuti sahma-saham telko lainnya yang sudah uptrend lebih dulu semacam TLKM dan ISAT.

Support EXCl saat ini ada di 2600, dengan harga penutupan di 2620, maka risk masih tergolong rendah (low), sehingga anda mulai bisa masuk atau buy. Namun ingat, bahwa terkadang dalam sebuah kenaikan harga akan terjadi retrace atau pembalikan arah dengan disertai volume yang kecil.

Perlu diingat bahwa retrace ini tidak harus terjadi, terkadang saham langsung saja naik tinggi tanpa mengenal retrace setelah break dari resistennya. Apakah EXCL nanti akan retrace atau tidak? tidak ada yang tahu, kita ikuti pergerakan market saja.

Sentimen

Sentimen utama EXCL saat ini tidak jauh berbeda dengan saham-saham lainnya, yakni rallynya IHSG serta EXCL ini masih tergolong belum naik tinggi, sehingga sudah layaknya dia mengikuti saham-saham telko lainnya yang sudah terbang.

Laba bersih yang dicatatkan oleh EXCL memang bukan berasal dari bisnis utamanya, namun didalamnya ada yang dari sumber penyewaan tower dan itu adalah salah satu pendapatan berulang dari EXCL, dan ini masih bagus.

Maka saat ini sudah selayaknya EXCL terbang menuju target diatas, namun tetap harus diperhatikan level-level penting dari EXCL dengan menggunakan trading plan yang tetap.