Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smartfren Lolos Dalam Lelang Jaringan 5G, Bagaimana Harga Sahamnya?

harga saham smartfren fren

Smartfren atau FREN merupakan salah satu pemain operator seluler di Indonesia yang memberikan layanan terbaik dengan jaringan 4G. Beredar kabar saat ini FREN turut bersaing bersama dengan Tri dan Telkomsel untuk mendapatkan jaringan 2,3GHz atau dikenal dengan jaringan 5G yang dianggap memiliki kemampuan unduh dan upload jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan sebelumnya.

Lalu bagaimanakah dampaknya pada kinerja keuangan dan harga saham FREN?

Simak ulasannya berikut ini


FREN dalam Persaingan Jaringan 5G

Sebelumnya FREN beserta beberapa pemain operator seluler bersaing untuk mendapatkan jaringan 5G dari Kemenkominfo, dimana jaringan ini menjadi nilai jual terbaik nantinya jika mampu dicapai dan menjadi jagoan dalam marketing mereka.

Namun saat ini hanya tersisa 3 operator saja yang lolos seleksi administrasi, salah satunya adalah FREN. Dan ketiganya akan bersaing untuk mendapatkan pita jaringan tersebut.

Disisi lain, ada kemungkinan kalau ketiga operator tersebut akan berbagi dalam menjalankan 5G, dan ini tentu menjadi kekuatan bagus bagi FREN yang selama ini kalah saing dengan operator lain semacam EXCL, ISAT. Telkomsel maupun Tri.

Masalahnya adalah, meski nantinya FREN mendapatkan jatah jaringan tersebut, tidak serta merta membuat kinerja keuangannya membaik. Karena sejak 2008 hingga saat ini, kinerja FREN ngos-ngosan, meski FREN adalah anak usaha dari Grup Sinarmas.

Sebagai catatan, berdasarkan laporan kuartal III 2020 ini, FREN masih membukukan kerugian sebesar 1,7 triliun rupiah dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019 dengan kerugian 1,6 triliun.

Tentu ini menjadi pemberat bagi harga saham FREN untuk "manggung" ditengah pesta saham saat ini. Hanya saja, hal menariknya adalah selama kurun waktu 4 tahun kebelakang, tren kerugian yang diderita oleh FREN terus menuruna dan ini menunjukkan bahwa manajemen FREN benar-benar beromitmen untuk memperbaiki fundamental perusahaan.

Harga Saham FREN

harga saham smartfren fren
Sumber : Tradingview

Seperti dalam chart diatas, harga saham FREN masih berada dibawah 100, dan ini menunjukkan bahwa harga belum bergerak kemana-mana meski saham lainnya sudah beterbangan.

Dari sisi teknikal, FREN saat ini berada di bottom dimana volume perdagangan beberapa minggu kebelakang cukup besar, dan meningkat jauh dibandingkan dengan volume perdagangan pada hari-hari sebelumnya.

Yang perlu anda ketahui jika berminat dengan saham ini adalah bahwa FREN merupakan saham Gorengan, jadi anda wajib berhati-hati, atau jika tidak menguasai analisa, sebaiknya hindari saja saham ini.

Beberapa rumor yang diberitakan seperti merger antara FREN dengan Tri yang kemungkinan besar untuk membuat agar saham terbang, ternyata  rumor tersebut sudah dibantah oleh pihak manajemen, yang benar adalah keduanya bersaing untuk mendapatkan jaringan 5G di Indonesia.

Kesimpulan

Meski memiliki peluang untuk mendapatkan jaringan 5G di Indonesia, hal ini tidak serta merta membuat kinerja fundamental FREN membaik, namun masa depan perusahaan menjadi lebih cerah dibandingkan sebelumnya.

Disisi lain, tren fundamental perusahaan memang menunjukkan perbaikan meski belum mencatatkan keuntungan, sehingga dengan adanya jaringan 5G di jaringan mereka, akan memberikan nilai jual lebih baik dan mampu bersaing dengan operator seluler lainnya semacam XL dan Indosat.


Secara umum memang FREN menjadi menarik jika hanya melihat posisi harga saham, namun dengan kondisi fundamental yang seperti itu, maka anda harus berfikir dua kali untuk membelinya. Itu yang pertama.

Kedua, saham ini dikenal sebagai saham gorengan, dimana pergerakan harganya begitu volatil, sehingga bisa membuat trader mengalami cut loss yang tidak sedikit.

Untuk itu, perhatikan baik-baik pergerakan harganya, tapi jika anda tidak berminat, masih banyak saham lainnya yang bagus terutama dari sektor Coal dan Telekomunikasi.
Cloud Hosting Indonesia