Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Candlestick Doji

candlestick doji

Candlestick doji cukup populer dikalangan para trader, hal ini dikarenaka candle ini sering memberikan informasi akan adanya pembalikan arah atau kelanjutan sebuah tren. Candlestick doji pun dapat berdiri sendiri dalam memberikan konfirmasi bagi para trader. Untuk itulah pentingnya kita memahami den mempelajari candlestick doji secara mendalam.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas khusus candlestick doji termasuk cara penggunaann dan memaksimalkan informasi yang disampaikan oleh candle doji ini.

Cara Membaca Candlestick Doji dengan Mudah

Pengertian Candle Doji

Candlestick Doji adalah sebuah pentuk candle yang memberikan gambaran akan adanya kekuatan pembeli dan penjual sama besar dalam suatu instrumen investasi, termasuk dalam pasar saham.

Candle ini memberikan informasi bahwa tidak ada satu pihak yang mendominasi, sehingga memberikan keraguan bagi para trader apakah harga akan lanjut naik atau berbalik arah.

Doji sendiri sangat bagus ketika berada di puncak trend, baik itu trend turun atau tren naik, karena memberikan isyarat tren akan berubah sehingga para trader dapat bersiap untuk melakukan pembelian atau penjualan agar dapat memaksimalkan potensi yang ada.

Doji sendiri terbentuk karena harga pembukaan dan penutupan berada pada range harga yang sama atau sangat berdekatan, sehingga body candle yang terbentuk sangat tipis alias kerempeng.

Doji sendiri mudah dikenali dalam chart, untuk itu candle jenis ini sangat menarik ketika berada pada posisi yang tepat.

Jenis-jenis Formasi Doji dan Cara Membacanya

Dalam prakteknya, Doji sendiri ada 5 jenis, hanya saja yang paling sering terbentuk hanya ada 4 saja. Berikut adalah jenis-jenis formasi candlestick doji itu

cara membaca candlestick doji

Doji Star

Doji star adalah saah satu bentuk candlestick doji yang memiliki seperti bentuk "tambah" atau "plus". Dimana posisi pembukaan dan penutupan berada di harga yang sama dan harga tertinggi dan terendah berbentuk simetris.

Candle ini sangat mudah dikenali, namun tidak sesering candle lainnya ayng muncul dalam pergerakan harga.

Doji jenis ini memberikan sinyal pembalikan arah, dimana ketika terbentuk dalam sebuah trend (jangka pendek atau menengah) maka harga akan berbalik arah dalam waktu dekat.

Ketika muncul di tren naik, maka harga berpotensi untuk berbalik arah alias  turun, begitu juga sebaliknya ketika terbentuk pada tren turun maka harga berpotensi untuk turun.

Long-Legged Doji

Tidak jauh berbeda dengan Doji Star, Long-Legged Doji juga memberikan sinyal yang sama, hanya saja bentuk doji ini memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan Doji Star.

Funsgi utama doji ini sama persis dengan Doji Star, sehingga ketika anda menemui candle jenis ini maka anda sebaiknya berhati-hati, karena harga berpotensi untuk mengalami pembalikan arah.

Dragonfly Doji

Dragonfly Doji merupakan salah satu bentuk doji yang terbentuk di harga pembukaan, penutupan dan tertinggi pada harga yang sama, sedangkan harga terendahnya cukup jauh dari harga pembukaan.

Doji jenis ini seringkali terbentuk saat market bearsih namun muncul kekuatan bull yang kemudian memaksa harga tutup di posisi yang sama dengan harga pembukaan.

Namun juga doji jenis ini bisa terbentuk pada sebuah saham dengan tren naik yang sangat kuat dan pada saat itu ideks mengalami koreksi, sehingga pada sesi akhir perdagangan kekuatan muncul dan membuat harga berbalik menjadi sama dengan harga pembukaan.

Jika candle ini terbentuk pada trend menurun, maka informasi yang diberikan adalah adanya potensi harga akan berbalik arah (uptrend).

Sedangkan jika terbentuk dalam trend naik (uptrend), maka informasi yang muncul adalah kekuatan bull masih sangat kuat sehingga uptrend masih akan berlangsung beberapa waktu.

Gravestone Doji

Kebalikan dari Long-Legged Doji, Doji jenis ini sering muncul pada tren naik dan menginformasikan akan adanya koreksi dalam waktu dekat.

Begitu juga ketika terbentuk pada tren menurun, hal ini menunjukan potensi downtrend masih kuat. Karena kekuatan bear masih menguasai market pada saat itu.

Untuk itu, posisi terbentuknya candle doji ini sangat menentukan.
Posisi menentukan Prestasi

 

4 Price Doji

Candle doji jenis ini sangat jarang terjadi bahkan sangat langka, hal ini dikarenakan keempat formasi harga (Open, High, Low, Close) berada pada harga yang sama. 

Untuk itu, doji jenis ini tidak memberikan informasi apapun kecuali kekuatan buyer dan seller sama-sama kuat.

Biasanya volume yang terbentuk pada candle jenis ini sangat kecil, sehingga likuiditasnya tidaklah bagus.


Cara Menggunakan Candle Doji

Doji pada dasarnya dianggap sebuah bentuk keraguan pasar apakah akan naik atau turun. Sehingga harga open dan close yang terbentuk berada pada area yang sempit atau sama.

Namun, doji memiliki informasi penting jika anda terbiasa dengan candle jenis ini, dan anda bisa memanfaatkan pola yang ada. Berikut adalah panduan ringkas dalam mamnfaatkan candle doji
  • Pastikan trend utama ketika doji itu terbentuk
  • Jenis doji apakah yang terbentuk dan pada trend apakah dalam jangka pendek
  • Doji tidak bisa berdiri sendiri, kecuali untuk tujuan Speculation Buy 
  • Ketika anda sudah mengambil posisi pada perdagangan (candle doji), perhatikan candle yang terbentuk selanjutnya
  • Perhatikan besar kecilnya volume
  • Buatlah trading plan dengan baik, dan pasang titik Cut Loss yang ketat.

Kesimpulan

Sekali lagi, doji adalah sinyal konsolidasi dimana buyer dan seller memiliki kekuatan yang sama. Candle berikutnyalah yang akan memberikan validitas informasi.

Untuk itu penting kiranya anda memperhatikan kondisi utama pada saat doji tersebut terbentuk. Terutama trend jangka menengah serta volume yang terbentuk.

Untuk money management menggunakan doji ini kembali ke masing-masing strategi, namun anda bisa menggunakan maksimal 30% dari total alokasi untuk masuk saat pre close perdagangan, dan sisanya bisa dimasukkan ketika candle berikutnya mengkonfirmasi akan adanya pembalikan trend.

Sekian ulasan singkat mengenai cara membaca candlestick doji, semoga bermanfaat untuk kita semua.