Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Laporan Keuangan Saham

cara membaca laporan keuangan saham

Cara membaca laporan keuangan saham sebuah perusahaan merupakan kemampuan wajib bagi setiap investor. Karena dengan mampu membaca laporan keuangan dapat memberikan informasi secara detail bagaimana kondisi perusahaan yang sebenarnya.

Selain itu, kemampuan anda dalam membaca laporan keuangan juga dapat menggali informasi lebih jauh mengenai bagaimana sebuah perusahaan melakukan create money dalam operasionalnya.

Ketika anda mengetahui bagaimana cara sebuah perusahaan mencetak uang, maka disitulah anda akan menjadi pemenang dalam investasi saham.

Tips Cara Membaca Laporan Keuangan

Agar anda mahir dalam membaca laporan keuangan sebuah perusahaan, anda harus sering-sering melakukan analisa dan membaca setiap petunjuk yang ada pada laporan keuangan.

Pada dasarnya membaca laporan keuangan saham itu sangatlah mudah, meski terkadang ada saja investor atau trader yang malas karena ribet dan sulit dimengerti, apalagi mereka yang tidak memiliki ketertarikan terhadap laporan keuangan.

Namun tahukah anda, bahwa ketika kita mampu membaca laporan keuangan secara baik dan detail, ada banyak begitu informasi yang didapatkan dan sangat berguna dalam aktifitas investasi saham kita di bursa.

Ada beberapa poin yang harus anda kuasai dalam menggali laporan keuangan yakni sebagai berikut
  • Mampu membaca dan memahami komponen laporan keuangan perusahaan semua sektor
  • Dapat membaca laporan keuangan masing-masing pos
  • Mampu menginterpretasikan nilai atau angka pada aset, utang, modal pendapatan, laba bersih dan arus kas
  • Mampu menggali lebih dalam darimana saja sumber pendapatan perusahaan
  • Menggali lebih dalam resiko yang kemungkinan besar akan membuat masalah pada perusahaan tersebut
  • Mampu melakukan analisa pada laporan keuangan apakah perusahaan tersebut bagus untuk investasi atau tidak
  • Dapat membedakan laporan keuangan tersebut sesuai dengan fakta atau rekayasa manajemen perusahaan, sehingga bisa membuat investor saham terhindar dari jebakan tersebut di kemudian hari
  • Mampu melihat tren pendapatan, laba, ekuitas dan utang perusahaan dimasa mendatang
Namun sebelum membahas perihal tips cara membaca laporan keuangan saham, alangkah lebih baik bila kita harus mengenali lebih dahulu perihal fungsi, manfaat, dan tujuan pembuatan laporan itu sendiri. Sehingga kita tidak akan salah persepsi dalam memahami komponen laporan keuangan.

Fungsi Laporan Keuangan

Fungsi laporan keuangan sendiri adalah :
  • Memenuhi kewajiban dari regulasi yang berlaku
  • Sebagai informasi keuangan perusahaan
  • Menjadi komunikasi bisnis yang baik
  • Media publikasi prestasi perusahaan
  • Promosi branding perusahaan itu sendiri

Manfaat Laporan Keuangan

Disisi lain manfaat dari laporan keuangan itu sendiri adalah :
  1. Membantu investor, kreditor dan pengguna laporan keuangan lainnya sebagai bahan pengambilan keputusan
  2. Membantu investor, kreditor dan pengguna lainnya (eksternal) untuk memperkirakan jumlah waktu dan ketidakpastian penerimaan kas pada masa mendatang
  3. Menyediakan informasi tentang sumber daya ekonomi perusahaan untuk kegiatan operasionalnya
  4. Menyajikan informasi prestasi apa saja yang telah dicapai pihak perusahaan
  5. Menyediakan informasi mengenai perubahan keuangan perusahaan dari satu periode ke periode lainnya
  6. Memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna eksternal untuk berbagai kebutuhan yang berpengaruh pada aktifitas transaksi keuangan dan non-keuangan
  7. Menunjukan kinerja manajemen terkait dan pertanggungjawabannya atas sumber daya yang dipercayakan oleh investor kepada pihak manajemen
  8. Menyajikan informasi tentang jenis dan jumlah aktiva yang dimiliki perusahaan pada satu periode terbaru (saat ini)
  9. Menyajikan informasi berupa kewajiban perusahaan dan modal yang dimilik perusahaan pada saat ini
  10. Menyajikan informasi berupa jenis dan jumlah pendapatan dan sumber pendapatan itu sendiri pada periode terbaru pelaporan
  11. Menyajikan jumlah dan jenis biaya yang dibayarkan oleh perusahaan untuk kegiatan operasionalnya pada periode tertentu
  12. Menyajikan informasi berupa perubahan aktiva dna passiva perusahaan serta modal

Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan utama laporan keuangan sendiri ada 5 yaitu
  1. Memberikan informasi yang terpercaya tentang sumber-sumber ekonomi dan kewajiban perusahaan
  2. Memberikan informasi berupa kekayaan bersih yang berasal dari kegiatan usaha dalam mencari laba oleh perusahaan
  3. Memberikan informasi yang diperluan perihal perubahan harta (aset) dan kewajiban perusahaan
  4. Menyediakan informasi lainnya yang relevan dan dapat digunakan oleh pihak pemakai laporan
  5. Informasi yang disajikan bermanfaat dan akurat karena memenuhi kriteria dan standar hukum akuntansi

Komponen Laporan Keuangan

Untungnya, dalam cara membaca laporan keuangan saham itu hanya terdapat 3 komponen penting yang harus anda ketahui dan gali lebih dalam.

Apa saja komponen laporan itu?

Komponen laporan keuangan saham yang harus anda gali lebih dalam adalah
  • Neraca keuangan berupa aset, modal, utang perusahaan
  • Laporan laba rugi
  • Arus kas perusahaan
Ketiga komponen itu sangat mudah ditemukan, namun untuk menggali lebih dalam darimana saja angka-anka itu muncul, maka butuh ketelatenan dan kesabaran untuk mendapatkannya.

Agar lebih mudah dimengerti, mari kita ulas satu persatu dibawah ini

Neraca Keuangan

Dalam membaca laporan keuangan kita mengenal komponen bernama neraca keuangan, dimana neraca keuangan adalah bagian dalam laporan keuangan yang berisikan kondisi fundamental perusahaan terkait dengan kesehatan keuangan.

Didalamnya anda akan menemukan pos berupa aset perusahaan, kewajiban atau utang, dan modal perusahaan.

Dari sini anda bisa mendapati kondisi perusahaan yang sebenarnya, apakah perusahaan dalam keadaan sehat sehingga mudah dalam mencetak keuntungan, atau perusahaan dalam kondisi sempoyongan karena terlilit utang sehingga berpotensi bangkrut di kemudian hari.

Tentunya kita sebagai seorang investor mengingikan perusahaan yang sehat dan utangnya kecil dibandingkan modal, maka dengan memahami komponen ini, kita dapat menyeleksi apakah perusahaan ABCD bagus untuk investasi atau tidak.

Aset

Aset adalah sebuah kekayaan perusahaan secara total. Aset didapatkan dari menjumlahkan seluruh modal perusahaan dengan utang. Jadi ketika anda mendapati perusahaan dengan aset yang sangat besar, janga senang dulu, cek didalamnya apakah utang lebih besar daripada modal perusahaan, atau sebaliknya.

Dalam pos ini kita akan mendapati aset lancar dan aset tidak lancar.

Aset lancar adalah aset perusahaan berupa kas dan setara kas, piutang, persediaan dan utang dibayar dimuka. Aset tidak lancar sendiri adalah aset perusahaan yang berupa tanah, gedung, kendaraan operasional dan lain sebagainya.

Utang

Utang adalah kewajiban sebuah perusahaan yang harus dibayarkan kepada pihak lain beserta biaya yang menyertai akibat dari perusahaan melakukan pinjaman atau menggunakan fasilitas tertentu terlebih dahulu.

Utang itu sendiri terbagi menjadi dua yakni utang jangka pendek dan utang jangka panjang.

Utang jangka pendek atau biasa disebut utang lancar adalah utang yang jatuh temponya kurang dari satu tahun, sedangkan utang jangka panjang adalah utang yang jatuh temponya diatas satu tahun.

Utang itu sendiri ada dua sifatnya, yakni utang bagus dan utang jelek.

Utang bagus adalah utang yang sifatnya tidak mengurangi atau membebani perusahaan dimasa yang akan datang sehingga dapat menggerus laba bersih perusahaan. Contoh utang bagus (baik) adalah utang usaha.

Sedangkan utang jelek adalah utang yang dimana perusahaan mendapatkan kewajiban mengembalikan beserta biaya (bunga) yang melekat pada utang terebut sesuai kesepakatan diawal. Contohnya adalah utang bank dan utang obligasi.

Ekuitas / Modal

Ekuitas adalah modal inti sebuah perusahaan. dalam ekuitas ini anda akan menemukan jumlah saham beredar dan modal dasar sebuah perusahaan.

Selain itu dengan mengetahui jumlah ekuitas secara total dan saham beredar, anda akan mendapatkan nilai modal ekuitas per lembar saham yang sebenarnya.

Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah komponen laporan keuangan yang merinci pendapatan perusahaan, beban perusahaan hingga laba bersih yang dihasilkan oleh perusahaan dalam periode tertentu.

Periode dalam laporan keuangan sendiri terbagi menjadi dua yakni laporan keuangan yang diterbitkan secara kuartalan (3 bulanan) dan laporan tahunan (satu tahun) yang diterbitkan satu tahun sekali (diakhir tahun).

Tidak ada perbedaan mencolok dari keduanya, hanya saja laporan tahunan berisikan informasi secara menyeluruh dalam setahun perusahaan beroperasi.

Pendapatan

Pos pendapatan ini berisikan jumlah (angka) pendapatan perusahaan dalam satu periode tertentu. Semakin tinggi pendapatan dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, berarti pendapatan perusahaan mengalami kenaikan.

Begitu juga sebaliknya, ketika pendapatan perusahaan menurun dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, itu menandakan ada masalah baik internal atau eksternal sehingga pendapatan perusahaan menurun, dan tentu saja laba bersih perusahaan bakal turun juga.

Laba Operasional

Laba operasional adalah laba yang dihasilkan dari pendapatan perusahaan dikurangi dengan beban operasional perusahaan.

Laba Usaha

Laba usaha adalah laba perusahaan yang didapatkan setelah dikurangi biaya-biaya namun belum dikurangi dengan nilai pajak perusahaan.

Laba usaha ini juga biasa disebut dengan laba kotor atau EBT (earning before tax).

Laba Bersih

Berbeda dengan laba operasional dan laba usaha, laba bersih adalah laba yang dihasilkan oleh perusahaan dalam periode tertentu setelah dikurangi beban operasional dan beban non operasional perusahaan.

Laba bersih inilah laba paling akhir dan paling banyak dicari, karena merepresentasikan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan.

Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan yang berisikan kondisi cash flow perusahaan seperti darimana saja perusahaan mendapatkan uang dan untuk apa saja uang itu dibelanjakan, serta bagaimanakah kondisi akhir dari kas perusahaan apakah berkurang atau tambah banyak.

Dalam arus kas sendiri ada beberapa bagian dimana keluar masuknya uang dapat dilihat lebih jelas, kegiatan pada arus kas tersebut adalah:

Arus Kas Operasional

Pada arus kas operasional, anda akan diperlihatkan bagaimana perusahaan menjual produknya dan seberapa besar uang yang ia terima. Pun juga dalam laporan ini anda akan melihat bagaimana uang tersebut dikeluarkan dan untuk siapa saja.

Arus kas jenis ini dilaporkan berdasarkan aktifitas operasi perusahaan dalam menggunakan dana tersebut.

Arus Kas Investasi

Arus kas investasi adalah aktivitas arus kas yang dilaporkan berdasarkan aktifitas investasi perusahaan terkait penjualan dan pembelian aktiva tetap seperti tanah, gedung, alat, kendaraan operasional.

Arus Kas Pendanaan

Arus kas pendanaan ini disusun berdasarkan penambahan modal perusahaan untuk kegiatan operasionalnya. Pendanaan tersebut dapat berasal dari pinjaman perbankan, penerbitan obligasi dan atau penambahan modal perusahaan melalui Right Issue (RI).


www.idx.co.id Laporan Keuangan

Situs www.idx.co.id merupakan situs resmi dari Bursa Efek Indonesia atau BEI, dimana pada situs tersebut anda bisa mendapatkan laporan keuangan dari berbagai perusahaan yang terdaftar di bursa.

Laporan keuangan yang anda dapatkan cukup komprehensif dan mudah dimengerti karena menggunakan standar PSAK. Sehingga dalam melakukan analisa nantinya, anda tidak perlu lagi kesulitan.

Disisi lain dengan adanya situs tersebut, kita bisa mendapatkan informasi lain selain laporan keuangan perusahaan seperti prospektus, perubahan daftar pemegang saham, dan masih banyak lagi lainnya.

Caranya cukup mudah, anda tinggal pergi ke www.idx.co.id lalu cari menu laporan keuangan  dan selanjutnya anda akan diarahkan pada menu filtering dan pencarian.

Anda tinggal menentukan periode kapan yang ingin anda cari pada saham tertentu. Cukup ketikan kode saham, pastikan menu filtering berupa jenis laporan dan tahun serta periode laporan (kalau laporan keuangan), dan klik cari, dan selamat anda menemukan laporan keuangan yang dicari.