Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haka Saham dan Haki Saham : Pengertian dan Strategi Penggunaannya dalam Trading Saham

haka saham dan haki saham trading saham

Haka saham dan Haki saham merupakan istilah yang cukup populer di kalangan para trader saham, dimana strategi ini merupakan teknik untuk membeli atau menjual tanpa mengikuti antrian sebagaimana umumnya.

Dengan tanpa mengikuti antrian jual beli saham, strategi haka dan haki saham ini memungkinkan para trader untuk mendapatkan saham incarannya jauh lebih cepat atau menjual sahamnya lebih cepet dibandingkan dengan mengikuti antrian.

Untuk lebih jauh lagi, simak ulasan dibawah ini mengenai haka saham dan haki saham.

Apa itu Haka Saham

Haka Saham sebenarnya adalah singkatan dari Hajar Kanan (Haka) merupakan metode mendapatkan (buy) saham tanpa mengikuti antrian beli, dimana kita membeli saham di harga best offer (harga jual terendah).

Dalam pengertian lainnya arti haka saham adalah saham yang kita beli pada harga offer, sehingga sekali menekan tombol enter, kita langsung mendapatkan saham tersebut sesuai perintah.

Nah itulah arti haka saham di market.

Metode haka saham ini memungkinkan kita untuk tidak "ketinggalan kereta" ketika harga saham incaran mengindikasikan akan naik.

Sehingga kita bisa mendapatkan sahamnya dengan cepat dan ketika harga naik maka kita sudah mendapatkan cuan.

Misalnya, harga saham ASII diperdagangkan di harga Rp 6.000. Dan anda ingin membeli saham ini tanpa mengikuti antrian, anda bisa membeli ASII di harga 6.050, 6.100, 6.150 dst.

Intinya adalah anda membeli di harga offer (antrian jual), sehingga anda tidak menawar dan antri serta bisa mendapatkan saham lebih cepat.

Apa itu Haki Saham

Haki saham adalah singkatan dari Hajar Kiri (Haka) merupakan strategi menjual saham tanpa mengikuti antrian yang ada. Haki saham ini memungkinkan kita menjual saham yang dimiliki dengan lebih cepat.

Metode ini biasanya digunakan saat harga memberikan indikasi akan turun atau sulit naik karena mungkin sedang berada di area resist atau kondisi indeks sedang turun.

Misalnya, harga saham ASII diperdagangkan di harga Rp 6.000 di harga bid, 5 menit kemudian harga naik di posisi offer yakni Rp 6.050. Pada saat itu anda ingin menjual saham dengan cepat tanpa antri karena akan ada urusan di luar saham. Maka anda bisa menjual saham ASII di harga Rp 6.000 atau Rp 5.950 dan seterusnya.

Pada intinya adalah menjual saham diharga bid (antrian beli) sehingga saham anda dapat terjual lebih cepat.

Strategi Haka Saham dan Haki Saham

Metode Haka saham dan haki saham bisa dilaksanakan hanya pada kondisi tertentu, sehingga anda tidak bisa melakukannya setiap saat.

Karena jika setiap saat anda menggunakan metode ini, akan membahayakan portofolio yang anda bangun selama ini.

Berikut adalah kondisi ideal dalam menerapkan metode haka dan haki saham.

Kondisi Ideal Haka Saham

Haka saham sebaiknya dilakukan pada kondisi-kondisi berikut :
  • Anda sudah melakukan analisa dengan baik bahwa saham incaran anda akan naik, sehingga pilihan terbaiknya adalah beli di harga offer atau haka saham
  • Ketika harga mulai merangkak naik dan berdasarkan analisa yang telah anda lakukan, anda meyakini bahwa harga saham akan sulit kembali ke area support
  • Market mulai bullish dan harga mayoritas saham mulai merangkak naik

Kondisi Ideal Haki Saham

Untuk Haki saham sebaiknya dilakukan pada kondisi-kondisi berikut :
  • Harga saham berada di area resiste, dan anda menganggap resist tersebut cukup kuat dan berpotensi membuat harga saham kembali turun
  • Harga saham memberikan indikasi sulit untuk naik lebih tinggi
  • Target harga yang anda tentukan telah tercapai
  • Market mulai turun dan harga mayoritas saham mulai terkoreksi
Menggunakan metode haka dan haki saham ini membutuhkan kehati-hatian dan jam terbang yang tinggi.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan market bisa saja berbalik arah sehingga membuat anda berpotensi mengalami kerugian akibat keputusan haka dan haki saham tersebut.

Sehingga menggunakan metode ini sangat tidak dianjurkan tanpa adanya analisa dan trading plan yang baik.

Apabila harga masih memiliki potensi turun, maka sebaiknya anda melakukan antrian beli dibandingkan melakukan haka saham. Sebaliknya juga apabila harga masih berpotensi naik lebih tinggi, maka sebaiknya anda melakukan antrian jual tanpa harus melakukan haki saham.


Kehati-hatian Dalam Haka dan Haki Saham

Sebaiknya ketika anda hendak menggunakan metode haka saham atau haki saham, anda melakukan analisa baik itu price action maupun sentimen yang bakal mempengaruhi harga saham selama perdagangan berlangsung.

Penggunannya pun harus dilakukan dengan money management yang baik, kondisi market yang mendukung agar hasilnya maksimal.

Jika anda belum memiliki pengalaman yang cukup mengenai haka dan haki saham ini, sebaiknya perbanyak diskusi dan tukar pikiran dengan trader lainnya, dan jangan lupa selalu cata hasil trading anda dengan menggunakan metode ini.

Agar anda menemukan pola yang tepat dan dapat dijadikan sistem trading yang handal dan bisa anda jadikan patokan untuk meraup cuan dari pasar saham.

Mungkin anda berminat untuk membaca artikel kami lainnya tentang ARA dan ARB saham di market.

Kesimpulan

Haka saham dan haki saham memang sering terjadi pada kita yang tidak sabar atau terburu-buru karena takut ketinggalan kereta, sehingga seringkali kita melakukan strategi ini bukan berdasarkan analisa melainkan perasaan semata.

Trading yang berdasarkan perasaan semata tanpa adanya analisa yang matang, akan sangat berbahaya bahkan bisa mengakibatkan kerugian secara beruntun dan membuat porto anda mengecil nilainya.

Untuk itu berhati-hatilah dalam menggunakan metode ini. Demikian ulasan singkat mengenai haka dan haki saham serta strategi penerapannya, semoga bermanfaat.