Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Tips Cuan Trading Saham Harian Untuk Pemula

Trading saham harian memang memberikan daya tarik tersendiri, dimana kita tidaklah perlu menyimpan saham untuk beberapa waktu.

Bagi trader saham harian, menyimpan saham dalam jangka waktu yang lama sangat menyiksa psikologisnya, apalagi saham yang ia simpan adalah saham-saham yang sedang mengalami koreksi.

Untuk itu, penting kiranya bagi seorang trader harian membuat perencanaan yang matang akan setiap trade yang dilakukan.

Search Keyword : trading harian saham, trader saham harian, trading saham harian, saham untuk trading harian, belajar trading saham harian, cara trading saham harian, keuntungan trading saham harian, cara memilih saham untuk trading harian, saham yang cocok untuk trading harian, saham yang bagus untuk trading harian, strategi trading saham harian.

Berikut adalah tips trading saham harian yang bisa anda ikuti terutama untuk anda para pemula di pasar modal Indonesia.

tips trading saham harian untuk pemula

18 Tips Trading Saham Harian Untuk Pemula Agar Untung Terus

1. Pahami Cara Kerja Bursa Saham

Sebagai seorang trader saham yang selalu bersentuhan dengan bursa, kita harus dapat memahami cara kerja bursa saham itu sendiri.

Seperti bagaimana proses terbentuknya supplay and demand, mengapa harga dapat bergerak melawan arah tren, bursa dapat bergerak anomali dibandingkan dengan bursa regional, saham apa saja yang memiliki pengaruh besar terhadap pergerakan IHSG dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, kita akan mengetahui kenaikan atau penurunan bursa yang sedang terjadi itu murni proses market itu sendiri atau adanya tindakan tertentu yang mencoba membuat bursa bergerak sesuai yang diinginkan.

2. Kuasai Analisa Teknikal Seperti Candlestick dan Volume

Menguasai analisa teknikal terutama price action adalah suatu kewajiban. Price action merupakan dasar dari semua analisa teknikal, baik itu klasik maupun modern.

Meskipun anda mencoba memahami pergerakan melalui broker summary (biasa disebut bandarmology), anda tetap harus bisa memahami maksud dari candle terakhir yang terbentuk.

Karena dengan memahami candlestik terakhir, anda dapat membuat trading plan yang sangat dibutuhkan dalam setiap trading.

3. Mulailah Dengan Dana Yang Kecil

Jika anda benar-benar masih pemula, mulailah dengan dana yang kecil.

Metode ini bertujuan untuk meminimalisir resiko dan psikologi anda, serta melatih kemampuan anda dalam trading saham harian.

4. Awali Dengan Bekal Pengetahuan Yang Cukup

Lengkapi diri anda dengan pengetahuan yang cukup, jika tidak anda akan lebih banyak mengalami kerugian yang berakibat "boncos".

Jangan mencoba trading saham harian tanpa pengetahuan yang cukup, karena tingkat resiko untuk Cut Loss (CL) sangat tinggi dibandingkan metode trading lainnya.

5. Pilih Perusahaan Sekuritas Yang Tepat

Menentukan sekuritas khusus untuk trading saham harian memiliki peranan penting, karena kita harus mengkalkulasi perihal fitur yang disediakan oleh pihak sekuritas serta fee trading yang dapat mempengaruhi keuntungan atau kerugian yang bakal kita dapatkan.

6. Jangan Overtrading

Jika anda mengalami winstreak (untung terus) atau losetreak (kalah terus), cobalah untuk berhenti sementara. Jangan overtrading.

Lihat kembali jurnal trading anda, apa saja penyebab anda mengalami winstreak atau losetreak, kemudian ambil sisi positifnya dan kembangkan.

7. Hindari Saham Dengan Fluktuasi yang Tinggi

Fluktuasi yang tinggi memang menawarkan return yang tinggi pula,, namun resiko yang membayangi pun tidak kalah tinggi.

Untuk itu bagi anda yang masih pemula, cobalah trading saham yang memiliki fluktuasi yang rendah, seperti saham-saham blue chip atau secondliner namun memiliki kualitas fundamental yang masih bagus.

8. Trading Pada Waktu Tertentu

Jika anda tipe trader saham yang tidak dapat setiap saat memonitor layar komputer, maka anda bisa menggunakan metode trading dengan waktu-waktu tertentu.

Apa saja waktu-waktu tertentu itu?

Tidak ada yang spesial, namun anda bisa melakukannya dengna cara membeli disaat sore hari (saat pre close) dan menjual pada pagi hari (30 menit pertama sesi I).

Jadi dengan metode ini anda tidak akan dipusingkan atau khawatir kalau harga akan bergerak turun disaat anda tidak bisa melihat monitor.

9. Analisa Terlebih Dahulu Sebelum Membeli atau Menjual

Lakukan analisa sesuai dengan pilihan anda, pastikan pada kondisi apa anda akan melakukan pembelian atau penjualan.

Dengan bergitu anda akan memiliki perencanaan yang matang serta anda akan perlahan menjadi seorang trader profesional.

10. Set Up Trading Plan Dengan Baik

Buatlah trading plan sebaik mungkin, dimana trading plan ini sangat penting dalam setiap aktifitas trading saham.

Anda bisa saja melakukan trading tanpa perencanaan, namun jika diulas lebih dalam maka loss yang anda dapatkan lebih besar dibandingkan saat menggunakan trading plan.

11. Taati Trading Plan Anda

Jangan pernah mencoba melanggar trading plan, meskipun itu anda mendapatkan profit darinya.

Karena sekalinya anda melanggar, maka trade berikutnya sudah pasti anda langgar juga.

Dengan begitu, lama kelamaan kerugian akan selalu ada dipihak anda.

12. Jangan Ikutkan Emosi dalam Trading

Jauhkan emosi dalam setiap aktifitas trading. Jika emosi anda sedang tidak stabil, sebaiknya jangan trading terlebih dahulu.

Hindari sebentar aktifitas trading sampai emosi anda benar-benar terkendali.

13. Jika Market Tidak Kondusif, Jangan Paksakan Diri Untuk Trading

Jangan memaksakan diri untuk trading. Tradinglah saat market benar-benar mendukung anda, maka dengna begitu anda akan lebih mudah mencetak keuntungan.

14. Buatlah Jurnal Trading Anda

Catat setiap aktifitas trading, baik itu saat anda mengalami kerugian atau mendapatkan keuntungan.

Jurnal trading berfungsi untuk melihat sejauh mana metode trading kita berhasil, dan catatan-catatan tersebut akan sangat membantu kita untuk memperbaiki metode trading yang kita pakai dikemudian hari.

15. Fokus Pada Saham Pilihan

Jangan sembarangan memilih saham untuk trading.

Anda harus memiliki saham dengan kriteria tertentu untuk ditradingkan.

Atau anda membuat indeks (kumpulan) saham pilihan anda sendiri untuk keperluan trading sehari-hari.

Karena dengan fokus pada saham-saham tertentu maka akan mempermudah kita untuk mencetak keuntungan dikemudian hari.

16. Jangan Bersedih Jika Harus Cut Loss

Jangan bersedih saat mengalami kerugian. Karena kerugian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap trading saham.

Maka dari itu, hilangkan rasa sedih anda saat harus cut loss. Karena kesedihan itu akan membuat kita tidak berani mengambil resiko dalam trading.

17. Jangan Bangga Saat Cuan

Jangan bangga saat cuan, karena akan membuat anda jumawa alias sombong diri.

Kesombongan memang tidaklah baik dalam segi apapun, termasuk saat kita mencapat cuan.

Bangga yang berlebihan pun tidak baik, karena akan muncul pemikiran bahwa mencari uang dalam bursa saham itu sangatlah mudah.

Anda belum mengalami masa-masa koreksi, dimana mencari keuntungan 2-3% sulitnya minta ampun.

18. Keahlian Anda Akan Teruji Oleh Waktu

Setelah anda terbiasa dengan aktifitas trading harian, dan menunjukkan hasil yang positif, itu berarti anda sudah siap untuk melangkah lebih lanjut.

Kemampuan anda nantinya akan teruji oleh waktu, sehingga pada titik ini anda sudah bisa lebih mudah menghasilkan cuan dibandingkan pada saat pertama melakukan trading saham harian.