Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melihat Prospek Kinerja Saham ERAA Dan Harga Sahamnya

Saham ERAA saat ini mampu bertahan di fase uptrend nya meski kinerja IHSG beberapa bulan ini loyo. Sehingga saham ERAA sangat layak untuk dimasukan kedalam daftar saham incaran anda.

Mengapa demikian?

Salah satu ciri sebuah saham merupakan saham super adalah dia mampu bertahan diarea uptrendnya ditengah kinerja bursa yang melempem.

Hal ini menunjukkan bahwa kinerja fundamentalnya menjadi sentimen utama yang mampu menarik minat pasar untuk terus membeli dan mengkoleksinya.

Termasuk saham ERAA ini, kinerja fundamentalnya sendiri di tahun 2020 sanagt kinclong dengan mencatatkan pertumbuhan laba bersih lebih dari 100% ditengah pandemi yang menghantam setiap sendi perekonomian.

Menoreh Prospek Kinerja Saham ERAA Dan Harga Sahamnya

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan tentang saham ERAA yang layak anda baca lebih lanjut.

Kinerja Saham ERAA ditengah Pandemi

Fundamental Saham ERAA

Sebagaimana kita ketahui, laporan keuangan ERAA untuk tahun 2020 telah dikeluarkan dengan mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 3,5%.

Tentu dengan peningkatan penjualan meski kecil tersebut menunjukkan bahwa animo masyarakat pada perkembangan dunia teknoogi terutama telpon seluler tidak surut meski pandemi tengah berlangsung.

Laba Usaha

Meski dengan peningkatan penjualan yang tidak signifikan, ternyata ada fakta menarik yaitu ERAA mampu meminimalkan pertumbuhan beban pokok penjualan yang mampu meberikan sumbangsih pada laba bruto, sehingga laba bruto yang dihasilkan menjadi lebih besar dibanding periode sebelumnya (2019).

Selain itu, laba usaha ERAA sendiri turut meningkat meski pada beberapa pos beban usaha meningkat, sehingga secara bisnis, ERAA ini tetap bagus dan optimis.

Maka tidaklah heran jika kinerja ERAA juga tidak buruk dibandingkan perusahaan lain ditengah pandemi ini.

Menoreh Prospek Kinerja Saham ERAA Dan  Harga Sahamnya


Laba Bersih dan EPS ERAA

Laba usaha memang tidak dapat memberikan gambaran pasti apakah kinerja perusahaan benar-benar on fire, namun dengan laba bersih kita akan semakin yakin bahwa perusahaan benar-benar mencetak keuntungan bagi para investornya.

Pada tahun 2020, ERAA mampu mencatatkan keuntungan sebesar Rp 680 miliar atau naik sebesar 114% dibandingkan periode sebelumnya yang sebesar Rp 317 miliar.

Selain itu EPS saham ERAA pun turut terangkat menjadi Rp 192 per lembar dibandingkan tahun 2019 lalu yang hanya sebesar Rp 92 per lembar saham.

Menoreh Prospek Kinerja Saham ERAA Dan  Harga Sahamnya


Laba bersih tersebut tentu menarik perhatian para investor, bagaimana mungkin ditengah pandemi dimana mayoritas orang akan menahan spending mereka untuk tetap dapat bertahan, namun kinerja ERAA menunjukkan hal sebaliknya.

Hal ini tentu tidak terlepas dari uapya ERAA untuk mendorong penjualan produk-produknya melalui penjualan online yang kini terus berkembang ditengah pandemi.

Penjualan ERAA sendiri masih disokong oleh telepon seluler dan tablet dengan porsi mencapai 76% dari total penjualan ERAA sendiri.

Sedangkan untuk penjualan ponsel itu sendiri disokong oleh 3 (tiga) brand smartphone terbaik saat ini yaitu Samsung, iPhone dan Xiaomi.

Penjualan Samsung sendiri nampaknya tidak ada geliat yang berarti bahkan cenderung turun, namun dua brand smartphone yakni iPhone dan Xiaomi mengalami peningkatan yang cukup berarti sehingga mampu mengerek penjualan ERAA ditengah pandemi.

iPhone sendiri dikenal sebagai smartphone high class sementara Xiaomi sendiri identik dengan smartphone harga murah namun dengan spesifikasi yang lumayan tinggi.

Maka tidak heran jika dua brand tersebut mampu menjaga momentum penjualan ERAA.

Menoreh Prospek Kinerja Saham ERAA Dan Harga Sahamnya

Utang dan Ekuitas ERAA

Menoreh Prospek Kinerja Saham ERAA Dan Harga Sahamnya

Kabar baiknya ekuitas ERAA tumbuh sesuai dengna peningkatan laba bersih, namun utang ERAA pun turut naik.

Apakah utang ERAA ini membahayakan arus kasnya?

Ternyata utang ERAA yang meningkat itu didominasi oleh utang usaha sebesar Rp 600 miliar yang artinya utang tersebut bagus bagi arus kas keuangan perusahaan, sementara utang bank jangka pendek turun sebesar Rp 828 miliar.

Grafik dan Harga Saham ERAA

Sebagaimana yang telah saya singgung di dalam channel telegram kemarin, saham ERAA saat ini bertengger diharga 620 dengan support 600 dan resisten 660.

Area tersebut menjadi kunci apakah pola Cup and Handle akan terbentuk atau pola akan terbentuk dengan membutuhkan waktu yang lebih lama alias sideways lagi.

Resist 660 ini cukup kuat, karena terdapat dua candle yang gagal breka di harga tersebut dalam rentan waktu yang berdekatan.

Menoreh Prospek Kinerja Saham ERAA Dan Harga Sahamnya
Sumber : Tradingview

Untuk itu memperhatikan area ini menjadi titik kunci, apabila dalam waktu dekat harga 660 ini mampu di tembus dengan dukungan volume yang besar, maka layak untuk dibeli dalam jumlah besar atau menunggu koreksi minor.

Namun jika ternyata harga 620 yang ditembus, maka ERAA akan konsolidasi beberapa waktu untuk kemudian membentuk pola selanjutnya.

Semoga pola CnH ini dapat terbentuk dalam waktu yang tidak lama mengingat fundamental ERAA yang jempolan dan kondisi IHSG yang saat ini sudah mulai menunjukkan pola sideways sehingga tekanan jual tidak lagi sebesar diawal april lalu.

Valuasi Saham ERAA

Dalam melakukan valuasi saham ERAA, ada banyak metode yang bisa dipakai. Anda bisa membaca ulasan mengenai metode valuasi saham di artikel ini.

Pada kesempatan kali ini saya hanya memakai valuasi berupa PER dan PBV untuk mengukur valuasi saham ERAA ini.

Untuk PER sendiri dengan harga Rp 600 per lembar, tercatat PER ERAA sebesar 3,13 x dan PBV sebesar 0,35x.

Selain itu rasio profitabilitas ERAA yakni ROE tercatat sebesar 11,31% dimana jika PBV ini dapat mencapai angka 1x, maka harga saham ERAA dapat menyentuh level 1700an, yang artinya jika melihat dari harga saat ini potensi Upside ERAA bisa mencapai 170%.

Sedangkan jika menggunakan PER yang sebesar 3,13 di harga 600 ini, maka pada saat PER ERAA mencapai angka 10x maka harga saham ERAA dapat menyentuh level 1900.

Agar tidak terlalu optimis dan greedy, maka target harga ERAA di level 1700 sudah cuukup optimis, hal ini juga didukung dengan potensi terbentuuknya pola Cup and Handle pada grafik ERAA.