Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham

Jika anda mengalami kesulitan dalam cara menghitung laba per lembar saham, maka pada artikel ini diharapkan dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Pada dasarnya menghitung laba per lembar saham itu sangatlah mudah karena anda hanya perlu menguasai rumus matematika dasar yaitu tambah, kurang, kali dan bagi.

Yups semudah itu kok.

OK, kita mulai saja ya...

Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham

Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham

Langsung saja berikut adalah cara menghitung laba per lembar saham pada laporan keuangan.

Pada contoh kali ini kita akan menggunakan laporan keuangan perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Tbk atau biasa kita kenal ICBP.

Sebelumnya anda harus mendownload terlebih dahulu laporan keuangan di www.idx.co.id untuk bisa mempraktekannya secara langsung seperti pada artikel ini.

Setelah itu, yang perlu anda perhatikan dan cari untuk menghitung laba per saham adalah dua item berikut:
  • Jumlah saham beredar
  • Laba Tahun Berjalan atau Laba Komprehensif
Perlu anda ketahui pada laporan keuangan terdapat dua jenis laba bersih dalam satu tahun yaitu laba tahun berjalan dan laba komprehensif.

Tidak ada perbedaan yang begitu berarti karena hanya sebagian kecil saja nilai perbedaan dari kedua jenis laba tersebut.

Namun agar anda lebih paham, maka kedua laba tersebut adalah:
  • Laba tahun berjalan biasanya lebih kecil dibandingkan laba komprehensif karena tidak ada pos laporan yang tidak termasuk ke dalam laporan laba rugi
  • Laba komprehensif ini pada umumnya memasukkan poin "kepentingan pihak lain" yang biasanya bisa berupa laba yang belum teralisasi dari penjualan aset, atau adanya pihak lain yang memiliki kepentingan pada laporan laba bersih tersebut.
Kalau saya sendiri biasanya menggunakan laba bersih tahunan bukan yang komprehensif, karena ini saya anggap lebih murni (pure) dari kondisi keuangan perusahaan itu sendiri.

Rumus Laba Per Saham

Rumus Mencari EPS (earning per share) atau rumus laba per saham adalah

EPS = Laba Bersih : Jumlah Saham Beredar

Jadi jika anda mencari laba per saham atau eps maka ada dua hal yang harus dicari terlebih dahulu sebelum menghitungnya yaitu:
  • Laba bersih
  • Jumlah saham beredar
Untuk mencari jumlah saham beredar secara detail step by step anda bisa membaca artikel kami di Cara Mencari Saham Beredar

Contoh Perhitungan EPS dan Cara Ngitung PER

Pada artikel saya sebelumnya, saya telah membuat penjelasan detail mengenai contoh perhitungan EPS dan PER yang bisa anda baca dan mempraktekkannya.

Tapi yang jelas anda harus pernah membuka laporan keuangan perusahaan dahulu agar benar-benar memahaminya, untuk itu anda bisa langsung ke situs resmi BEI yaitu www.idx.co.id untuk dapat mendownload  laporan keuangan.

Untuk contoh perhitungan EPS dan Cara Ngitung PER anda bisa langsung menuju artikel saya di Cara Menghitung EPS dan PER Saham Pada Laporan Keuangan.

Rumus Harga Saham

Untuk menentukan apakah sebuah saham termasuk murah atau mahal anda bisa menggunakan rasio PER dan PBV.

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, anda sudah bisa menghitung nilai PER sebuah saham, namun untuk PBV anda harus belajar lebih dalam lagi.

Pada dasarnya ada banyak sekali rumus menghitung harga saham murah atau mahal, namun dalam kasus tertentu menggunakan rumus saham PER dan PBV jauh lebih mudah dan cepat bahkan anda tidak memerlukan waktu lebih dari 1 menit.

Untuk belajar menghitung rumus PBV, anda bisa membaca artikel saya di Cara Menghitung PBV pada Laporan Keuangan.

Ok, saya pikir apa ayng dijelaskan diatas sudah cukup gamblang beserta artikel yang bisa memberikan anda panduan yang sangat lengkap, untuk itu saya ucapkan selamat belajar dan semangat mempraktekkannya untuk aktifitas investasi anda di bursa saham.