Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Bermain Saham, Menabung, Investasi dan Bisnis Saham

Cara Bermain saham, Investasi, Menabung Saham dan Bisnis Saham pada dasarnya kurang lebih sama teknis transaksinya, hanya saja keempat istilah itu merujuk pada mindset setiap orang yang berkecimpung di dunia saham.

Bagi mereka yang memandang bahwa saham seperti mainan, maka apa yang mereka pahami adalah cara bermain saham untuk menghasilkan keuntungan.

cara bermain saham

Bermain saham merupakan istilah yang haram bagi para pelaku nabung saham, investasi saham dan bisnis saham. Hal ini disebabkan dapat mengganggu dan merusak mental sehingga seorang trader atau investor mudah untuk "terpental" dari bursa saham.

Saham pada dasarnya hanya sebuah objek, dimana andalah yang menjadi pelaku bagaimana memperlakuukannya dan hasil yang anda dapatkan sesuai dengan apa yang telah anda lakukan.

Jika anda menganggap saham hanya sebagai wahana bermain, maka anda hanya mendapatkan sensasi bermai itu sendiri.

Namun jika anda menganggap bahwa saham merupakan aset yang harus dikelola dengan baik bisa dengan menabung, sebagai bisnis, atau sebagai tempat berinvestasi maka hasil yang akan anda dapatkan dimasa mendatang akan sangat membantu anda dari sisi finansial.

Apabila selama ini anda masih terjebak dalam untung rugi setiap tahunnya tanpa ada perkembangan yang berarti, bisa jadi anda sedang terjebak dalam "permainan" saham.

Untuk dapat keluar dari lingkaran tersebut, anda harus merubah mindset dari bermain saham menjadi menabung, bisnis atau investasi saham.

Agar anda memiliki pemahaman yang lebih matang perbandingan dari keempat istilah tersebut, berikut adalah penjelasan yang lebih rinci mengenai cara bermain saham, cara menabung saham, cara bisnis saham, dan cara investasi saham.

Cara Bermain Saham

Cara bermain saham tidak jauh berbeda dengan anda bermain dadu atau bermain "gaple", anda hanya bermain untuk mencari sensasi saja, karena setiap diri manusia terdapat benih-benih "sifat judi".

Dimana sifat tersebut suka untuk menaruh harapan ketimbang melakukan analisa untuk menghasilkan keuntungan yang lebih baik.

Pada umumnya orang yang hanya bermain saham maka mereka akan sulit untuk menumbuhkan aset atau portofolio, dan seringkali terjebak dalam untung-rugi yang tidak pernah berubah menjadi profit konsisten.

Cara bermain saham sendiri sangat tidak disarankan oleh para profesional trader, karena dalam saham kita menaruh aset berharga kita yakni uang untuk kemudian diharapkan menghasilkan imbal hasil positif sehingga dana yang kita tempatkan dapat bertumbuh menjadi jauh lebih banyak dari semula.

Secara kasar cara bermain saham adalah :
  • Mencari saham incaran (umumnya yang sedang viral atau rame)
  • Membeli sejumlah saham
  • Berharap harga saham naik dan anda meraih keuntungan
Untuk itu anda harus merubahnya, jika belumm bisa merubah mindset "bermain saham", setidaknya anda harus merubah cara bermain saham anda terlebih dahulu. Dan berikut tips dari saya agar anda dapat segera keluar dari lingkaran "bermain saham".

7 Tips bermain saham untuk profit konsisten
  1. Pilih sekuritas yang tepat dan terbaik
  2. Analisa terlebih dahulu dan jangan terburu-buru
  3. Pilih saham yang memiliki fundamental bagus
  4. Buat trading plan (rencanaA dan B)
  5. Bisa pilih saham dari Indeks LQ45
  6. Pantau pergerakan harga sahamnya
  7. Jual saat harga saham dekat target harga atau berbalik arah (tidak sesuai rencana)
Nah tips diatas bisa anda jalankan secara berjalan dan ikuti dengan terus belajar bagaimana trading saham yang seharusnya untuk dapat menghasilkan cuan secara konsisten.

Cara Menabung Saham

Cara menabung saham bisa menjadi alternatif pertama jika anda sudah terlanjur masuk kedalam lingkaran "bermain saham" tersebut.

Cara menabung saham sendiri sangat mudah untuk dijalankan, tinggal anda memilih fokus menabung dengan metode nabung pada saham tertentu atau pada alokasi dana setiap bulannya.

5 Cara Menabung Saham fokus pada beberapa saham:
  1. Pilih saham yang memiliki fundamental yang baik, bisa BBCA, BBRI, BMRI, BBNI atau saham Blue Chip
  2. Mulai menabung saat saham mengalami trend penurunan yang disertai penurunan IHSG
  3. Menabung dilakukan secara berkala, seperti setiap saham BBRI turun 5% anda akan membeli sebesar 2 lot, dan semakin turun maka lot yang dibeli semakin besar
  4. Hanya fokus pada beberapa saham saja
  5. Buang jauh-jauh harapan mendapatkan cuan dalam waktu yang cepat
6 Cara Menabung Saham yang berfokus pada alokasi dana:
  1. Alokasikan dana setiap bulan dengan besaran tertentu, misal 1 juta setiap bulannya
  2. Beli saham berfundamental bagus pada saat harga saham drop (IHSG sedang jatuh dalam)
  3. Terus masukkan alokasi dana ke akun saham meski anda tidak dalam rencana menambah jumlah saham di portofolio
  4. Tidak masalah jika di akun saham terdapat banyak cash, karena itu akan berguna dilain waktu yang tepat
  5. Hindari untuk mendapatkan cuan yang cepat
  6. Konsisten
Nah cara menabung saham diatas bisa anda pilih mana yang cocok, bisa saja yang pertama atau yang kedua, atau mungkin anda mengkombinasikan keduanya.

Cara menabung saham ini bisa menyelamatkan dari mindset bermain saham yang merusak porto anda dalam jangka panjang.

Cara Investasi Saham

Berbeda dengan cara menabung saham, cara investasi saham membutuhkan hal yang lebih dari pada sekedar menabung saham.

Apa itu?

Analisa kuantitatif dan kualitatif.

Analisa kuantitatif merupakan analisa yang berfokus pada angka-angka di laporan keuangan serta history pergerakan harga saham, sedangkan analisa kualitatif adalah analisa yang berfokus pada rencana bisnis perusahaan, manajemen perusahaan dan potensi industri dari bisnis perusahaan itu sendiri.

Untuk itu anda setidaknya paham mengenai lini bisnis dan profil emiten incaran anda, dan melakukan analisa laporan keuangan sebenarnya tidak sulit, akan tetapi mengetahui trend kedepan dari industri bisnis tertentu itu yang membutuhkan keahlian dan insting bisnis yang mumpuni.

Investasi saham merupakan aktifitas meletakkan dana yang kita miliki pada sebuah aset bernama saham dengan harapan akan mendapatkan imbal hasil dimasa mendatang.

Dalam melakukan investasi saham tidak bisa dilakukan sembarangan, karena aktifitas ini memang benar-benar selayaknya kita menjadi investor pada perusahaan.

Untuk itu berikut 6 tips investasi saham yang tepat untuk pemula
  • Pilih sekuritas yang tepat
  • Miliki metode investasi yang sesuai dengan karakter anda
  • Fokus pada hasil jangka panjang
  • Tidak tergoda cuan dalam waktu yang dekat
  • Fokus pada bisnis perusahaan, bukan harga sahamnya
  • Selalu melakukan valuasi saham sebelum melakukan pembelian

Cara Bisnis Saham

Tidak berbeda dengan investasi saham, bisnis saham sendiri merupakan kegiatan kita menempatkan paper asset berupa saham menjadi objek bisnis dimana kita menggunakan modal kita untuk mendapatkan imbal hasil atau return yang positif di masa mendatang.

Perilaku bisnis saham selalu berpusat pada "cara meraih keuntungan" dan selalu melakukan evaluasi jika terjadi hal-hal diluar perencanaan mereka.

Membuat rencana bisnis merupakan bagian terpenting sebelum melakukan pembelian atau penjualan saham, dan mereka tidak segan-segan untuk merubah metode bisnis jika metode sebelumnya tidak dapat bekerja dengan optimal.

Bisnis saham tidak terpaku pada metode trading atau investasi saham semata, sehingga sudah lazim kalau kedua metode tersebut dilakukan secara bersamaan oleh satu orang (ya trading, ya investasi juga).

Perbedaan

Dari penjelasan singkat diatas, sudah seharusnya kita paham bahwa terdapat garis merah perbedaan antara bermain saham dengan investasi, menabung atau bisnis saham.

Perbedaan keempatnya terletak pada mindset serta cara pengaplikasian tujuan, sehingga hasil yang dicapai jelas jauh berbeda.

Untuk itu, jika anda saat ini masih berpikir "cara bermain saham" maka sebaiknya mulai ubah persepsi tersebut agar waktu, tenaga dan uang yang anda gunakan selama ini dapat menghasilkan return yang setimpal.

Kesimpulan

Perbedaan cara bermain saham, cara investasi saham, cara menabung saham dan cara bisnis saham sebenarnya tidak banyak, namun cukup fatal jika diteruskan.

Mindset merupakan akar pokok dalam kehidupan manusia, salah satunya juga berperan dalam aktifitas trading atau investasi kita di bursa.

Untuk itu kita harus benar-benar memastikan bahwa mindset atau cara berpikir kita telah benar sebelum melanjutkan aktifitas di bursa saham.