Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terdapat Pola Falling Wedge, Begini Potensi Saham BRIS!

Saham BRIS merupakan salah satu saham fenomenal pada tahun 2020, tentu anda masih ingat bagaimana saham ini naik secara drastis dalam waktu yang relatif singkat.

Salah satu sentimen positif yang menggerakkan saham ini adalah merger kepemilikan saham Bank-Bank Syariah milik Bank BUMN menjadi satu perbankan syariah yang memang khusus didesain untuk menggarap market perbankan syariah di Indonesia.

Dengan adanya merger tersebut, tentu aset dan permodalan BRIS menjadi jauh lebih kuat dibanding sebelumnya, dan ini akan memberikan kekuatan tersendiri untuk menggarap market syariah yang sangat pas karena mayoritas penduduk Indonesia adalah warga muslim.

Namun setelah kenaikan tajam tersebut, rupanya saham BRIS tidak mampu mempertahankan posisinya sebagai saham pencetak keuntungan bagi para tradernya sehingga sejak Januari 2021 saham BRIS mengalami penurunan dari titik tertingginya di 3980 ke 1720 pada Juni 2021 lalu.

saham bris

Ada hal yang menarik setelah penurunan tersebut, kini saham BRIS mengalami kenaikan dan keluar dari zona downtrend nya dengan volume yang sangat besar.

Apakah saham BRIS mengakhiri era bearishnya?

Bagaimana prospek saham BRIS selanjutnya?

Falling Wedge Reversal pada Saham BRIS

Jika diperhatikan secara seksama, terdapat pola reversal yang telah terbentuk dan saat ini sedang dalam fase sideways.

Pola tersebut adalah Falling Wedge Reversal atau FWR.

Jika anda belum tahu pola ini, sebaiknya baca artikel saya sebelumnya di Falling Wedge Reversal.

Berikut chart Saham BRIS

saham bris
Saham BRIS -  Tradingview.com


Mari perhatikan grafik diatas.

Apa yang anda pikirkan saat ini?

Jika belum ada bayangan apapun, mari coba perhatikan grafik yang telah saya corat-coret dibawah ini

saham bris
Saham BRIS -  Tradingview.com

Selama masa penurunan harga saham BRIS, volume yang terjadi sangat kecil bahkan hampir tidak terlihat dibandingkan volume pada perdagangan sebelumnya.

Namun coba perhatikan pada volume saat saham BRIS mampu keluar dari zona downtrendnnya, ia berhasil break dengan volume yang berkali lipat lebih besar dibandingkan volume selama masa penurunan.

Itu berarti, selama masa penurunan tidak ada big player yang menjual saham BRIS ini, dan volume tersebut terbentuk dari transaksi perdagangan para trader selama ini.

Apa artinya?

Saham ini masih ada potensi untuk kembali naik apalagi sideways kali ini  termasuk kedalam koreksi sehat setelah mengalami kenaikan yang tinggi.

Prospek Saham BRIS

Berdasarkan laporan keuangan terbaru saham BRIS untuk kuartal I tahun 2021, Saham BRIS mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar 12% dan kenaikan EPS sebesar 13%.

Anda dapat melihat laporan keuangan BRIS kuartal I 2021 selengkapnya disini.

Dengan demikian bisa dianggap bahwa tahun 2021 BRIS berpeluang mencatatkan keuntungan meski tidak sesignifikan periode 2019-2020 silam.

Kondisi perekonomian yang belum benar-benar pulih dimasa pandemi ini membuat banyak sektor industri mengalami masalah, namun BRIS nampaknya masih mampu mengatasi hal tersebut dengan mencatatkan keuntungan sebagaimana diatas.

Tentu dengan catatan kenaikan diatas memberikan harapan kepada kita bahwa diakhir tahun BRIS mampu mencatatkan kenaikan laba bersih maupun juga EPS sehingga secara fundamental kenaikan harga sahamnya adalah wajar.

Bagaimana potensi harga saham BRIS beberapa bulan kedepan?

saham bris
Saham BRIS -  Tradingview.com

Tidak ada proyeksi khusus untuk saham satu ini, namun melihat dari pola yang terbentuk maka target kenaikan samapi 3000 adalah hal yang wajar.

Tentu target harga diatas tidak harus atau tidak bisa dicapai dalam beberapa hari, saya secara pribadi memberikan target waktu sampai agustus 2021 target tersebut dapat tercapai.

Saat ini support terbaik BRIS ada di angka 2000, namun untuk mencapai support tersebut lagi rasa-rasanya akan sulit (meski dapat saja terjadi), mengingat volume yang terbentuk sebelumnya sangat besar.

Untuk itu saat harga mendekati area 2100 sudah selayaknya saham BRIS mulai dikoleksi, apalagi nanti saat harga saham BRIS breakout dari 2370 disertai volume yang besar, maka strategi HAKA adalah yang terbaik.